Sains

Paus, Hewan Raksasa dengan Suara Merdu Saat Bernyanyi

Merdu banget nggak?

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Paus. (pixabay/Free-Photos)
Paus. (pixabay/Free-Photos)

Hitekno.com - Mendengar kata paus, kamu pasti akan langsung terbayang dengan sosok ikan ganas yang mampu melahap apapun yang ada di sekitarnya. Padahal di balik keganasannya, paus biru dengan ukuran raksasa ini juga terkenal dengan suara nyanyiannya yang merdu.

Hewan besar yang berukuran raksasa ini memiliki berat rata-rata sekitar 100 hingga 120 ton. Kira-kira seberat 40 gajah Afrika.

Beberapa video saat paus bernyanyi menjadi viral di Twitter setelah diunggah oleh akun @photeograph.

Dalam video, beberapa ekor paus terlihat sedang berenang di permukaan laut sambil mengeluarkan nyanyiannya yang merdu.

Hewan berukuran besar ini terlihat begitu tenang dan nyaman sambil bersenandung dengan merdu. Mungkin akan muncul pertanyaan, bagaimana hewan raksasa ini dapat bernyanyi dengan begitu merdu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Queensland menemukan bagaimana cara ikan paus dapat bernyanyi.

Penelitian ini dilakukan dengan merekam individu paus yang bernyanyi dari beberapa populasi yang berbeda. Para peneliti lalu menemukan bahwa paus-paus tersebut belajar bernyanyi dengan mencoba nada per nada.

Setelah menguasai nada-nada tersebut, para paus lalu menggabungkannya dan membuat nada baru.

Fakta lainnya, menemukan bahwa paus berkomunikasi dengan sesamanya dengan menggunakan suara yang terdengar layaknya nyanyian tersebut.

Ikan paus biru bahkan tetap bisa berkomunikasi melalui nyanyian dengan nada yang sama meski ada dalam jarak ratusan mil. Biasanya, metode nyanyian ini juga digunakan oleh pasangan paus yang terpisah.

Paus. (pixabay/skeeze)
Paus. (pixabay/skeeze)

 

Si ikan paus jantan akan menyanyikan nada yang sama sebagai kode untuk ikan paus betina agar dapat menemukan keberadaannya dan jalur mana yang dilalui oleh si paus. Hal ini memiliki efek yang sama dengan bunyi sirine mobil kebakaran pada kehidupan manusia.

Paus kepala busur bahkan terus menghasilkan beragam gaya suara selama menjalani musim kawin. Hewan ini akan secara konstan menghasilkan repertoar vokal selama musim kawin di musim dingin. Selama periode tersebut, paus ini akan menyanyi selama 24 jam sehari.

Dalam penelitian yang dipublikasikan pada Desember 2012 di PLoS ONE, paus juga bernyanyi saat sedang berburu makan malam lho.

Hobi paus untuk bernyanyi ternyata tergantung pada beberapa kondisi. Walaupun bertubuh raksasa, hewan ini ternyata memiliki suara yang merdu. Terbukti dari video di atas kan?

Berita Terkait