Sains

VAR, Teknologi Canggih Tampilkan Slow Motion Piala Dunia 2018

Teknologi VAR ini secara resmi digunakan dalam pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia.

Dinar Surya Oktarini

Teknologi VAR/dailymail.co.uk
Teknologi VAR/dailymail.co.uk

Hitekno.com - Setiap menonton pertandingan olahraga atau Piala Dunia 2018 yang saat ini sedang berlangsung, kalian pasti menemukan adanya siaran ulang yang berupa cuplikan yang biasanya hadir di tengah-tengah pertandingan.

Cuplikan sebuah peristiwa pemain memasukan bola ke dalam gawang hingga ketika pemain terkena pelanggaran.

Sebuah cuplikan yang disiarkan dalam bentuk slowmotion ini digarap dengan cepat oleh tim khusus lho.

Tidak hanya tim khusus, teknologi yang digunakan juga sangat canggih.

Teknologi tersebut bernama VAR atau Video Assistant Referee.

VAR ini secara resmi digunakan dalam pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia sekarang ini.

Tujuan dari penggunaan VAR sendiri untuk membantu wasit dalam membuat keputusan ketika salah satu dari empat jenis insiden krusial terjadi di lapangan.

Insiden krusial tersebut antara lain adalah gol, penalti, kartu merah langsung dan kasus pelanggaran.

Piala Dunia 2018 ini diapantau oleh tim yang beranggotakan 13 petugas operasional VAR yang bekerja di Pusat Penyiaran Internasional di kota Moskow.

Tim ini terdiri dari satu orang petugas VAR yang dibantu tiga orang asisten, empat orang lainnya menjadi petugas operasional siaran ulang yang akan membantu memilih dan menyediakan gambar dengan sudut pandang terbaik di lapangan.

Teknologi VAR/dailymail.co.uk
Teknologi VAR/dailymail.co.uk

Total ada 33 layar yang masing-masing menangkap sudut pandang berbeda yang akan tersedia di kantor Pusat Penyiaran Internasional.

Ada delapan layar akan merekam setiap gerakan dalam mode super slow motion, sementara empat di antaranya akan memutar video dalam mode ultra slow motion.

Teknologi ini juga digunakan wasit untuk memeriksa suatu insiden yang dirasa perlu ditinjau lebih lanjut melalui tayangan ulang.

Teknologi VAR/dailymail.co.uk
Teknologi VAR/dailymail.co.uk

Wasit perlu menghentikan pertandingan sejenak dengan memberi isyarat lewat gerakan kedua tangannya yang membentuk layar persegi di udara yang berarti layar monitor VAR yang tersedia di sisi lapangan.

Terdapat sebuah televisi di area bernama RRA atau Referee Review Area yang menyediakan informasi detail yang telah dibuat oleh tim VAR di ruang operasional mereka.

Gimana nih sudah paham kan bagaimana proses kerja memutar siaran ulang dengan mode slow motion dalam waktu singkat di siaran Piala Dunia 2018 ini?

Berikut HiTekno kasih video mengenai proses teknologi VAR bekerja. 

Sumber video: Youtube FIFATV

Berita Terkait