Dukung Ekonomi Digital, Alibaba Cloud Terus Berinvestasi di Indonesia

Alibaba Cloud juga menghadirkan lebih banyak produkcloudyang canggih dan teknologi digital ke kota-kota di luar wilayah metropolitan Jakarta.

Agung Pratnyawan
Rabu, 21 Juni 2023 | 12:08 WIB
Alibaba Cloud. (Alibaba Cloud)

Alibaba Cloud. (Alibaba Cloud)

Hitekno.com - Alibaba Cloud telah menambah investasinya di Indonesia - salah satu pasar penting yang strategis di Asia Tenggara – dengan memberikan lebih banyak sumber daya untuk membangun kemitraan lokal dan memperkenalkan produk dan solusi AI tambahan untuk memenuhi permintaan transformasi cerdas pelanggan lokal.

Selain itu, Alibaba Cloud juga menghadirkan lebih banyak produk cloud yang canggih dan teknologi digital ke kota-kota di luar wilayah metropolitan Jakarta.

"Sebagai penyedia layanan cloud global pertama yang melayani pasar Indonesia sejak 2016, Alibaba Cloud telah meningkatkan sumber daya dari dalam negeri untuk memenuhi permintaan transformasi digital yang terus berkembang dari para pelanggan dan mitranya," kata Leon Chen, Country Manager of Indonesia, Alibaba Cloud Intelligence.

Baca Juga: Alibaba Cloud Integrasikan Tongyi Qianwen ke Asisten AI Tingwu

"Kami akan terus berinvestasi dalam kemitraan lokal, penawaran produk, dan pelatihan talenta digital untuk memberikan nilai yang lebih nyata kepada komunitas dan industri lokal." lanjutnya.

Mengembangkan Kemitraan Lokal untuk Mendukung Transformasi Cerdas Pelanggan

Alibaba Cloud mendukung ekosistem lokal yang berkembang pesat melalui lebih dari 200 mitranya di Indonesia. Secara khusus, perusahaan telah bekerja sama dengan lebih dari 50 mitra teknologi untuk mengembangkan solusi vertikal guna memenuhi kebutuhan khusus pelanggan di berbagai sektor termasuk layanan keuangan, layanan publik, ritel, logistik, manufaktur, dan lainnya.

Baca Juga: Google Cloud Kenalkan Kemampuan AI Generatif Baru

Tahun ini, pelanggan seperti Bank Tabungan Negara (Bank BTN), PT Jasa Angkasa Semesta (PT JAS) dan J&T Cargo telah memilih Alibaba Cloud sebagai penyedia jasa cloud pilihan mereka.

Bank BTN bekerjasama dengan Alibaba Cloud untuk memperkuat aplikasi mobile banking-nya yang terbaru dengan teknologi cloud mutakhir; JAS memilih Alibaba Cloud untuk meningkatkan dan meningkatkan operasionalnya secara digital di sektor logistik pintar, sementara Alibaba Cloud terpilih untuk memberi J&T Cargo solusi database cloud-native yang beragam untuk menangani lonjakan permintaan pengiriman e-commerce.

Penawaran AI Baru untuk Logistik, GenAI, dan Metaverse

Baca Juga: Alibaba Cloud Umumkan Program Kemitraan Tongyi Qianwen, Apa Itu?

Alibaba Cloud juga mengumumkan peluncuran beberapa produk dan solusi baru terkait AI di Indonesia guna membantu mendorong inovasi dan meningkatkan kinerja klien di berbagai sektor:

EasyDispatch - solusi logistik berbasis AI milik Alibaba Cloud, diperkenalkan untuk meningkatkan manajemen rantai pasokan (supply chain) sekaligus mengurangi biaya logistik. Ini adalah solusi pengiriman layanan real time yang efisien dimana fitur-fitur digabungkan secara terpusat dengan tenaga Al, dan Perencanaan Rute Kendaraan (Vehicle Route Planning).

Dengan algoritma yang dilatih untuk mencapai hasil optimal dalam batasan bisnis yang telah ditentukan, solusi logistik pintar yang menggunakan pembelajaran AI (AI learning) terbaru yang diperkuat dan teknologi pembelajaran mesin (machine learning) untuk meningkatkan kemampuan dan efisiensi pengiriman layanan lapangan dengan menyediakan kemampuan pemrosesan alamat dengan akurasi tinggi dan layanan pengiriman secara real time. 

Baca Juga: Gandeng AMSI, Huawei Dukung Media Siber dan Gelar Sesi Cloud Media Roundtable

AnalyticDB for PostgreSQL (ADBPG) digabungkan dengan database vektor, yang menyediakan plugin pengambilan yang membantu pelanggan membuat aplikasi Generative AI (GenAI) menggunakan berbagai model bahasa yang besar.

Database vektor memungkinkan pelanggan untuk mengakses data eksklusif mereka dan mengembangkan konten GenAI yang dipersonalisasi dengan cara yang lebih efisien dan hemat biaya tanpa perlu proses penyesuaian yang rumit.

Cloudverse, solusi satu atap Alibaba Cloud untuk merancang, membangun, dan mengelola ruang Metaverse untuk pelanggan.

Dengan infrastruktur cloud milik Alibaba Cloud yang dapat diskalakan, sangat efisien, dan aman, solusi ini menyediakan konstruksi tempat Metaverse yang sederhana dan cepat, layanan tata kelola dan perencanaan lahan profesional, serta ekosistem terbuka untuk membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan di Metaverse. 

Mendukung Inisiatif Bisnis Lokal, Startup, dan Pelajar

Sejalan dengan upaya berkelanjutan Alibaba Cloud untuk meningkatkan dukungan sumber daya cloud di kota-kota tier-2 dan tier-3, tahun ini Alibaba Cloud telah memperluas dukungannya ke Makassar, selain Bandung, Bali, Surabaya, dan Yogyakarta.

Sejak program diluncurkan pada tahun lalu, Alibaba Cloud telah memperdalam kolaborasinya dengan 18 mitra ekosistem dari kota tingkat 1 hingga tingkat 3.

Ini menawarkan dukungan lokal - termasuk kolaborasi dengan asosiasi lokal dan komunitas pengembang - untuk mempromosikan cloud dan teknologi digital, program bersama dengan universitas tentang pelatihan talenta digital, serta dukungan TI dan konsultasi teknis tentang adopsi cloud lintas sektor.

Dukungan komprehensif ini membantu lebih banyak bisnis lokal menuai keuntungan dan meraih peluang pertumbuhan yang lazim di era cloud.

Selain itu, Alibaba Cloud telah memperluas ekosistem startupnya di Indonesia. Melalui kerjasamanya dengan 18 mitra strategis, perusahaan telah meluncurkan berbagai inisiatif pendukung di seluruh kota dan hingga saat ini, lebih dari 500 startup telah berpartisipasi dalam berbagai program yang diselenggarakan Alibaba Cloud. Ini termasuk kompetisi, lokakarya, sesi pelatihan, webinar, dan peluang jaringan.

Selama paruh pertama tahun 2023, Alibaba Cloud telah bermitra dengan 14 universitas untuk melatih para dosennya tentang mata pelajaran komputasi awan.

Selain itu, Alibaba Cloud telah bekerja sama dengan Kominfo, Kementerian Komunikasi dan Informatika di Indonesia, untuk program talenta Digitalnya yang telah menerima lebih dari 1.000 pendaftaran.

Sementara itu, 300 siswa terdaftar dalam Program Magang Mahasiswa Alibaba Cloud sejak diluncurkan pada awal tahun 2023, mempersiapkan generasi talenta digital berikutnya untuk tempat kerja masa depan.

Alibaba Cloud telah melayani pasar Indonesia sejak 2016. Dengan tiga pusat data dan satu pusat scrubbing di Indonesia, Alibaba Cloud telah menjadi mitra layanan cloud tepercaya bagi pelanggan di bidang ritel, e-commerce, keuangan, game, dan transportasi.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak