Gandeng AMSI, Huawei Dukung Media Siber dan Gelar Sesi Cloud Media Roundtable

Huawei Cloud membagikan beragam solusi, wawasan, dan inovasi yang berkaitan dengan operasional media.

Rezza Dwi Rachmanta
Rabu, 19 April 2023 | 16:33 WIB
Logo Huawei. (Huawei)

Logo Huawei. (Huawei)

Hitekno.com - Huawei bekerja sama dengan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) dalam rangka menjawab kebutuhan media di era transformasi digital. Mereka baru saja menggelar cloud media roundtable untuk pimpinan TI di industri media.

Petinggi Huawei mengungkap bahwa perusahaan mereka menjadi mitra strategis bagi industri media berkat investasi terus-menerus di bidang riset dan penemuan (R&D).

Cloud media roundtable ini sekaligus merupakan implementasi atas nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Huawei dan AMSI pada November 2022.

Baca Juga: MiHoYo akan Sediakan Fitur Cloud Genshin Impact Resmi, Ramah HP Kentang!

Pada sesi media roundtable, Huawei Cloud membagikan beragam solusi, wawasan, dan inovasi yang berkaitan dengan operasional media agar para awak media dapat memahami teknologi cloud serta praktik-praktik terbaiknya dalam rangka mengusung transformasi digital di industri.

Membuka ajang tersebut, Titan Wang, Director of Business Development, Huawei Cloud mengungkap bahwa inovasi dapat mendukung terciptanya bisnis yang gesit, inovatif, serta memaksimalkan setiap biaya yang dikeluarkan.

Titan Wang, Director of Business Development, Huawei Cloud Indonesia. (Huawei)
Titan Wang, Director of Business Development, Huawei Cloud Indonesia. (Huawei)

Sementara, Suwarjono, Wakil Ketua AMSI menggarisbawahi bahwa teknologi masih merupakan salah satu titik kelemahan yang perlu segera dibenahi oleh media-media siber di Indonesia.

Baca Juga: Layanan iMessage dan iCloud Sempat Gangguan, Pengguna Susah Mengakses

Seringkali, banyak dari kita yang terjebak dalam pola pikir bahwa konten adalah segala-galanya dan mengesampingkan pentingnya penguatan teknologi, sehingga pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi pun diserahkan kepada pihak-pihak eksternal," tegas Pemimpin Redaksi Suara.com.

Hanya beberapa media saja yang memahami bahwa pada era digital yang terus berubah ini, dia menambahkan, konten yang baik sekalipun tidak akan kemana-mana karena itu perlu dukungan teknologi yang mumpuni untuk menghasilkan performa yang diharapkan.

Suwarjono, Wakil Ketua AMSI dalam Cloud Media Roundtable untuk Pimpinan TI di Industri Media di Jakarta. (Huawei)
Suwarjono, Wakil Ketua AMSI dalam Cloud Media Roundtable untuk Pimpinan TI di Industri Media di Jakarta. (Huawei)

Diharapkan, melalui kerja sama ini, industri media dapat mempelajari dan semakin memahami teknologi cloud termutakhir agar tidak hanya bertahan hidup, melainkan juga berkembang melebihi potensinya. Kami pun menantikan semakin banyak kolaborasi dengan Huawei ke depannya,” tambah Suwarjono.

Baca Juga: Nvidia Luncurkan Layanan Cloud AI Supercomputing

Sebagai bentuk pelaksanaan MoU antara Huawei dengan AMSI, Huawei berkomitmen untuk memberdayakan para awak media melalui pengetahuan TIK serta program-program yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas penguasaan teknologi.

Beberapa program tersebut meliputi sesi berbagi pengetahuan seputar topik-topik TIK seperti cloud, AI, 5G, dan keamanan siber, serta kunjungan ke Huawei Exhibition Hall.

Beranggotakan lebih dari 410 penerbit yang beroperasi di 24 provinsi di seluruh Indonesia, AMSI akan mendukung inisiatif-inisiatif yang diprakarsai oleh Huawei.

Baca Juga: Pengertian Cloud Kitchen dan Cara Kerjanya yang Perlu Diketahui

Region Indonesia merupakan bagian dari 29 availability zones (AZs) yang dioperasikan Huawei Cloud di seluruh dunia.

Suwarjono, Wakil Ketua AMSI dalam Cloud Media Roundtable untuk Pimpinan TI di Industri Media di Jakarta. [Suara.com]
Suwarjono, Wakil Ketua AMSI dalam Cloud Media Roundtable untuk Pimpinan TI di Industri Media di Jakarta. [Suara.com]

Operator-operator terhubung langsung dengan akses cloud secara one-hop, dengan kecepatan hingga 20 milidetik di kota-kota besar di Indonesia, dan menjamin pengalaman pengguna yang dahsyat untuk keperluan multimedia secara real-time, bermain gim online, hingga livestreaming untuk e-commerce.

Huawei bertekad untuk menyajikan teknologi cloud-native, AI, dan big data di Indonesia, serta bekerja sama dengan para pelanggan maupun mitranya untuk memaksimalkan produktivitas melalui inovasi-inovasi digital dan mempercepat laju digitalisasi.

Berkat keahlian dan teknologinya yang mumpuni, Huawei Cloud membantu para pelaku usaha untuk mengadopsi teknologi digital, memberdayakan setiap mitranya, mendukung pertumbuhan startup, dan memupuk talenta-talenta yang paling dibutuhkan untuk mewujudkan perekonomian digital Indonesia. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak