Alibaba Cloud Umumkan Program Kemitraan Tongyi Qianwen, Apa Itu?

Alibaba Cloud melalui Tongyi Qianwen berupaya menciptakan model bahasa berskala besar yang disesuaikan untuk berbagai industri.

Agung Pratnyawan
Selasa, 02 Mei 2023 | 13:09 WIB
Alibaba Cloud Jalin Kemitraan dengan Tongyi Qianwen. (Alibaba Cloud)

Alibaba Cloud Jalin Kemitraan dengan Tongyi Qianwen. (Alibaba Cloud)

Hitekno.com - Alibaba Cloud telah mengumumkan kehadiran program kemitraan Tongyi Qianwen. Yakni mebuka kolaborasi para mitra untuk menciptakan model bahasa berskala besar yang disesuaikan untuk berbagai industri.

Melalui Program Kemitraan Tongyi Qianwen ini, Alibaba Cloud menghadirkan gelombang pertama model industri dalam program ini akan mencakup sektor-sektor termasuk petrokimia, listrik, transportasi, perhotelan, layanan perusahaan, telekomunikasi, dan keuangan.

Awal bulan ini, Alibaba Cloud telah meluncurkan Tongyi Qianwen, model bahasa berskala besar terbarunya, dan berkomitmen untuk membuat model AI baru yang dapat diakses oleh pelanggan serta pengembang (developer) perusahaan agar dapat membuat fitur AI yang disesuaikan dengan lebih hemat biaya.

Baca Juga: Alibaba Cloud Luncurkan Model AI Baru, Dorong Transformasi Inteligensi

Sejak model ini diumumkan pada 11 April, lebih dari 200.000 permintaan pengujian beta telah diterima dari perusahaan di berbagai sektor, termasuk fintech, elektronik, transportasi, fashion, dan produk yang berbasis olahan susu.

"Untuk memenuhi permintaan tinggi akan Tongyi Qianwen dari perusahaan di berbagai sektor yang ingin mempercepat proses transformasi inteligensi mereka, kami berkomitmen penuh untuk bekerja sama dengan mitra kami dalam mengembangkan model AI khusus yang disesuaikan," kata Daniel Zhang, Chairman dan CEO Alibaba Group dan CEO Alibaba Cloud Intelligence.

"Bersama dengan mitra industri kami, kami dapat memberikan nilai yang lebih nyata kepada para pelanggan guna memenuhi kebutuhan bisnis mereka secara khusus." lanjutnya.

Baca Juga: Pencapaian Alibaba Cloud dalam Sistem Manajemen Database Cloud

Melalui program kemitraan, Alibaba Cloud akan memberikan dukungan teknologi dasar, komputasi awan, AI, dan produk serta layanan pembelajaran mesin kepada mitra yang berpartisipasi.

Mereka dapat menyempurnakan Tongyi Qianwen dan melatih kembali model tersebut dengan kecerdasan eksklusif dan wawasan industri mereka dalam lingkungan cloud yang aman dan terarah.

Model co-building akan tersedia melalui situs web dan API untuk pelanggan serta pengembang perusahaan guna membuat berbagai aplikasi, seperti layanan pelanggan cerdas, panduan belanja, konsultan virtual khusus domain, dan asisten desain.

Baca Juga: Alibaba Cloud Hadirkan Apsara Developer Community secara Global

Mitra awal yang terdaftar dalam program ini termasuk Kunlun Digital ology (petrokimia), LongShine ology (listrik), China Transinfo ology (transportasi), Shiji Group (industri perhotelan dan pariwisata), Yonyou Network ology (layanan perusahaan), AsiaInfo ologies (layanan telekomunikasi) dan CICC Wealth Management (keuangan).

Alibaba Cloud juga berencana untuk mengintegrasikan Tongyi Qianwen ke dalam semua aplikasi bisnis di seluruh ekosistemnya dalam waktu dekat untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna.

Sebagai salah satu penggabungan terbaru, Tongyi Qianwen saat ini sedang diintegrasikan ke dalam sistem operasi mobil Alibaba, AliOS, untuk pengujian internal. IM Motors, perusahaan kendaraan listrik premium yang didukung oleh Alibaba Group dan SAIC Motor, terdaftar sebagai merek mobil pertama yang mengimplementasikan AliOS bertenaga Tongyi Qianwen di masa mendatang.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem, Alibaba Cloud Berupaya Dorong Transformasi Digital di Indonesia

Minggu lalu, DingTalk, kolaborasi digital untuk tempat kerja dan platform pengembangan aplikasi Alibaba, mendemonstrasikan berbagai fungsi AI yang didukung oleh model baru, termasuk catatan rapat dan ringkasan obrolan grup, serta membuat aplikasi mini di DingTalk dengan memotret konsep ide yang ditulis di atas kertas.

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak