Microsoft: 49 Persen Pekerja Khawatir akan Digantikan oleh Kecerdasan Buatan

Selain itu, 68% orang menyatakan bahwa mereka kekurangan waktu yang fokus untuk bekerja tanpa gangguan.

Cesar Uji Tawakal
Kamis, 18 Mei 2023 | 17:56 WIB
Ilustrasi AI atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Ilustrasi AI atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Gerd Altmann)

Hitekno.com - Laporan tren kerja tahunan dari Microsoft telah menyoroti tiga wawasan kunci yang perlu dipahami oleh para pemimpin bisnis. Laporan ini berfokus pada dampak AI terhadap produktivitas dan pandangan pekerja migran di seluruh dunia.

Dilansir dari Gizmochina, laporan ini mengungkapkan bahwa sejumlah besar pekerja khawatir tentang dampak AI terhadap pekerjaan mereka, dengan 49% mengungkapkan kekhawatiran.

Namun, laporan juga menekankan kekuatan transformasional AI dan potensinya untuk mengurangi beban digital.

Baca Juga: Gandeng Xiaomi, MediaTek Luncurkan Dimensity 8200 Ultra, Sektor Fotografi Jadi Kartu As

Beban digital merujuk pada datangnya informasi yang sangat banyak, email, pertemuan, dan pemberitahuan yang telah melampaui kapasitas manusia untuk ditangani dengan efektif.

Beban digital ini tidak hanya memengaruhi produktivitas individu, tetapi juga menghambat inovasi dan pemikiran strategis.

Menurut survei, 64% responden kesulitan menemukan waktu dan energi untuk menjalankan pekerjaan mereka, yang mengakibatkan penurunan kreativitas dan produktivitas bisnis secara keseluruhan.

Baca Juga: Situs Kalkulator Perbandingan Tinggi Badan, untuk Bandingkan Tinggi Badan Sendiri dengan Orang Lain

Hari kerja menjadi semakin berat, dengan 68% orang menyatakan bahwa mereka kekurangan waktu yang fokus untuk bekerja tanpa gangguan.

Kebutuhan yang terus-menerus akan komunikasi, pencarian informasi, dan menghadiri pertemuan telah mengakibatkan kesempatan yang terlewatkan dan produktivitas yang menurun.

Secara rata-rata, karyawan menghabiskan 57% waktu mereka dalam pertemuan, email, dan obrolan, hanya meninggalkan 43% untuk pekerjaan kreatif sebenarnya.

Baca Juga: Samsung Siap Usung Solid State Battery secara Massal, Hadir di Kendaraan Listrik dan Smartphone

AI dapat menjadi solusi untuk tantangan produktivitas ini dengan memungkinkan alur kerja yang hemat waktu dan efisien energi.

Dengan mengotomatisasi tugas-tugas repetitif dan menyederhanakan pengelolaan informasi, AI dapat menghemat waktu berharga bagi karyawan untuk fokus pada inovasi dan pemikiran strategis.

Selain itu, alat berbasis AI (seperti Microsoft Teams yang telah diremajakan) dapat meningkatkan efisiensi pertemuan dan memberikan wawasan dan data berharga untuk pengambilan keputusan yang lebih baik.

Menariknya, survei mengungkapkan bahwa karyawan lebih bersemangat untuk AI mengurangi beban kerja mereka daripada takut kehilangan pekerjaan.

Mereka melihat AI bukan sebagai ancaman, tetapi sebagai alat yang dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi kelelahan. Pekerja migran, khususnya, bersedia mengadopsi AI untuk berbagai aspek pekerjaan mereka, termasuk tugas administratif, analitis, dan bahkan kreatif.

Pemimpin bisnis memahami potensi AI untuk memberdayakan tenaga kerja mereka daripada menggantikannya. Mereka memprioritaskan penggunaan AI untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan manfaat karyawan, menghilangkan aktivitas yang bernilai rendah, dan mempercepat tenaga kerja mereka. AI dianggap

sebagai alat berharga yang dapat melengkapi kemampuan manusia, membebaskan karyawan dari tugas-tugas sepele dan memungkinkan mereka fokus pada aspek pekerjaan yang lebih bermakna dan kreatif.

Saat dunia semakin memasuki era AI, penting bagi para pemimpin bisnis untuk mengadopsi AI dengan cepat dan bertanggung jawab. Dengan memanfaatkan kemampuan AI, organisasi dapat membebaskan kreativitas, mendorong pertumbuhan produktivitas, dan menciptakan nilai baru.

Laporan Microsoft ini berfungsi sebagai panduan bagi para pemimpin untuk menjelajahi lanskap AI dan memanfaatkan potensinya untuk membentuk masa depan kerja dengan positif.

Berita Terkait
TERKINI

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB

Selain di Jakarta, Nobar Warga Grab tahun ini juga diadakan di Malang, Samarinda, Kediri, Gorontalo, Mataram, Pontianak,...

internet | 10:36 WIB

Dell APEX Cloud Platform for Red Hat OpenShift ini merupakan hasil kerja sama Dell dan Red Hat....

internet | 10:34 WIB

Garmin Run ini akan berlangsung pada 29 September 2024 mendatang di ICE BSD, Tangerang....

internet | 10:25 WIB

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB
Tampilkan lebih banyak