ChatGPT vs Google Bard, Mana AI ChatBot yang Terbaik?

ChatGPT vs Google Bard: Mana sih yang lebih oke? Simak dulu perbedaan fiturnya di sini.

Cesar Uji Tawakal

Posted: Selasa, 16 Mei 2023 | 15:14 WIB
Ilustrasi Google Bard. (Google)

Ilustrasi Google Bard. (Google)

Hitekno.com - Google Bard sekarang sudah tersedia di lebih dari 180 negara. Google Bard adalah respons Google terhadap ChatGPT OpenAI yang telah menggemparkan industri dengan kemampuannya yang mengesankan dalam pemrosesan bahasa alami.

Google menawarkan aksesibilitas Bard AI gratis dan bahkan telah menambahkan beberapa fitur baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan menawarkan kekurangan ChatGPT. ChatGPT dirilis ke publik pada November 2022.

Pada bulan Maret 2023, Bard AI, jawaban Google untuk chatbot pengubah permainan OpenAI dan diluncurkan di AS dan Inggris.

Baca Juga: Hero Fighter Assassin Paling Ampas di Mobile Legends, Hilang Popularitas di META Sekarang Padahal Sempat OP

Google Bard didukung oleh model bahasa yang berbeda dari ChatGPT dan menggunakan sumber data yang berbeda untuk membangun jawabannya.

Lalu mana yang terbaik? Berikut perbandingan ChatGPT vs Google Bard yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Perbedaan ChatGPT vs Google Bard

Baca Juga: Cewek Curhat Diminta Pacar Jual iPhone Demi Biayai Touring, IPK 4 Trending di Twitter

Perbedaan utama antara Google Bard dan ChatGPT adalah sumber datanya masing-masing. Bard dilatih pada "infiniset" data yang dipilih untuk menyempurnakan dialognya dan memiliki akses ke internet secara real time.

Sedangkan ChatGPT dilatih pada kumpulan data yang telah ditentukan sebelumnya yang belum diperbarui sejak 2021. Keduanya menggunakan Perayapan Umum , Wikipedia, artikel berita dan dokumen sebagai sumber.

Google Bard dan ChatGPT sama-sama dapat menghasilkan jawaban yang rumit untuk multi-faceted queries, tetapi perbedaan utama dalam cara mereka dilatih dan dibuat ini membedakannya.

Baca Juga: 5 Hero Mobile Legends Paling Cepat Membunuh, Ada yang Newbie Friendly

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)
Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Perbedaan Utama ChatGPT vs Google Bard

Selain perbedaan sumber data dan model bahasa, ada beberapa perbedaan utama lainnya antara Bard dan ChatGPT:

1. Coding: ChatGPT sangat ahli dalam memberikan petunjuk pengkodean. Menurut Google, Bard "masih mempelajari" keterampilan ini, dan belum akan cocok dengan ChatGPT.
2. Pembelajaran percakapan: ChatGPT dapat belajar dari percakapannya dengan orang-orang, sedangkan Bard melakukannya dengan cara yang jauh lebih terbatas saat ini.
3. Draf: Bard akan menghasilkan banyak respons terhadap pertanyaan yang kamu ajukan, yang dapat kamu akses dengan menekan "lihat draf". ChatGPT hanya menghasilkan satu jawaban untuk setiap kueri.

Menggunakan ChatGPT atau Google Bard di Tempat Kerja

Sejak rilis ChatGPT tahun lalu, perusahaan di sektor teknologi dan lainnya telah menemukan cara inovatif untuk memanfaatkan kemampuannya untuk membuat kehidupan kerja mereka lebih mudah. Namun mengingat kekuatan dan kemampuannya, ada beberapa hal yang harus diingat oleh semua bisnis yang menggunakan AI.

Pertama, pastikan bahwa staf mengetahui apa yang mereka bisa dan tidak bisa gunakan untuk ChatGPT. Menghasilkan formula Google Sheets adalah satu hal, tetapi menggunakan ChatGPT untuk menulis seluruh artikel atau menghasilkan konten menimbulkan banyak sekali pertanyaan sulit yang berkaitan dengan plagiarisme dan integritas editorial.

Kedua, pastikan kamu mengetahui syarat dan ketentuan ChatGPT, serta tindakan pencegahan yang harus mereka lakukan saat menggunakan ChatGPT. Apa pun yang kamu ketikkan ke dalam ChatGPT secara teknis dapat digunakan untuk melatih model, jadi hati-hati sebelum memasukkan informasi. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
Berita Terkini

Melalui RUPS, Arkadia Digital Media melaporkan peningkatan pendapatan hingga 40 persen selama 2023....

internet | 11:18 WIB

pentingnya memahami tentang bahaya yang mengancam pusat data dan bagaimana penanggulangannya....

internet | 11:34 WIB

Ingin mencoba trading kripto? Berikut adalah 5 opsi crypto wallet yang layak dicoba....

internet | 16:37 WIB

Apa saja yang baru dalam update WhatsApp ini?...

internet | 10:10 WIB

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB