Manfaatkan ChatGPT, Pria Ini Mampu Bikin Token Kripto dan Sukses Besar

Token bahkan sempat meroket ke dalam 300 cryptocurrency teratas di CoinGecko.

Rezza Dwi Rachmanta
Minggu, 14 Mei 2023 | 11:09 WIB
Ilustrasi ChatGPT. (Pixabay/ AlexandraCoch)

Ilustrasi ChatGPT. (Pixabay/ AlexandraCoch)

Hitekno.com - Seorang seniman digital ini mampu memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI dari ChatGPT secara maksimal. Bagaimana tidak, ia berhasil membuat token kriptonya sendiri dan langsung populer.

Dari awal $69 yang dia investasikan secara pribadi, meme kripto miliknya naik ke kapitalisasi pasar sebesar $77 juta hanya dalam beberapa minggu.

Yahoo Finance melaporkan, seniman digital bernama Rhett Mankind telah membuat meme crypto yang popular dalam seminggu, dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI), dari nol.

Baca Juga: Gegara Hacker dan Scam, Investor Kripto Kehilangan Rp 1,5 Triliun pada April 2023

Token bahkan sempat meroket ke dalam 300 cryptocurrency teratas di CoinGecko. Seniman digital yang dibicarakan ini adalah Rhett “Mankind".

Berkat meme crypto-nya yang sukses, Mankind diketahui telah mampu membeli rumah yang lebih dekat dengan sekolah anak perempuannya. Ia diketahui masih memegang lebih dari 10 persen pasokan tokennya, dengan total pasokan 69 milyar.

Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)
Ilustrasi AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan. (Pixabay/ Geralt)

Dikutip dari Blockchainmedia (jaringan Suara.com), Mankind telah membuat meme crypto tersebut dengan bermodal ChatGPT yang versi berbayar, US$20 per bulan.

Baca Juga: Jika Borong Kripto SHIB pada 2020, Sang Pemilik Untung Drastis di Tahun Ini

Sulit membayangkan bahwa sesuatu yang sekecil ide, dimulai dari nol, berlangganan US$20 ke GPT, dapat berubah menjadi proyek dengan kapitalisasi pasar jutaan, 10 juta, ratusan juta [dolar AS],” ujar Mankind.

Ia menjelaskan bahwa, proyek tersebut, yang akhirnya diberi nama TurboToadToken (TURBO), adalah sebuah karya seni pertunjukan digital, dalam perpanjangan eksplorasinya ke AI.

Awalnya, ia meminta platform tersebut untuk memberinya petunjuk langkah demi langkah tentang cara membuat token dan membuatnya populer.

Baca Juga: FTX Bangkrut Bikin Industri Kripto Kalang Kabut, Perusahaan BlockFI Ikut Terseret

Pertama, ia harus membuat nama token yang menarik dan diberi banyak opsi nama oleh ChatGPT. Pada akhirnya, ia memilih TurboToadToken karena para pengikutnya menyarankan memilih nama yang ini.

Untuk logo, ia meminta prompt untuk gambar kodok kartun oranye berhelm luar angkasa dan menghasilkannya di generator gambar AI Midjourney 5.1.

Selanjutnya, ia harus membangun infrastruktur dari token, namun ia terkendala ketidakmampuannya dalam pengkodean.

Awalnya, ChatGPT menyarankan ia untuk mempelajari pemrograman Solidity. Tetapi, ia justru mengindahkan dan meminta ChatGPT untuk membuatkan kode untuknya.

Selama beberapa hari, ia dan para follower di Twitter sibuk untuk memperbaiki beberapa kode yang salah dan akhirnya berhasil menghadirkan versi pertama dari TurboToadToken (TTT).

Selanjutnya, ia pun meluncurkan token TTT dengan modal sekitar US$500, namun itu berakhir gagal setelah bot jahat memborong hampir semua token yang ia jual.

Tetapi, Mankind tidak menyerah. Ia pun kembali melanjutkan proyek, namun menggunakan sistem urun dana, alih-alih memakai dana sendiri. Ini disarankan oleh para pengikutnya.

Dengan sistem tersebut, investor akan ikut serta sambil menerima token yang sebanding dengan apa yang mereka kontribusikan dalam proyek.

Dengan mengusung nama baru, token TURBO, proyek kedua ini pun sukses dan mendulang popularitas.

Kini, Mankind telah mundur dari proyek TURBO dan membuka maskotnya, yang disebut Quantum Leap, menjadi terbuka untuk siapa saja melalui lisensi Creative Commons Zero.

Selain itu, ia juga telah melepaskan kepemilikan kontrak pintar, sehingga dirinya tak dapat lagi mengutak-atik kode token TURBO.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak