Manfaat Chat GPT dan Cara Menggunakannya

Chat GPT bisa melakukan pekerjaan yang berbeda dalam waktu yang lebih singkat.

Agung Pratnyawan

Posted: Rabu, 26 April 2023 | 11:01 WIB
Logo OpenAI. (OpenAI)

Logo OpenAI. (OpenAI)

Hitekno.com - Perkembangan teknologi telah merubah komunikasi manusia dalam sebuah bisnis. Jika dahulu komunikasi dilakukan oleh manusia dalam bertransaksi, maka perkembangan teknologi maka fitur chatbot memungkinkan manusia bertransaksi dengan robot.

Chat GPT adalah fitur chatbot yang disediakan oleh Open AI yang populer saat ini. Katanya tenaga manusia bisa diganti, Chat GPT bisa melakukan pekerjaan yang berbeda dalam waktu yang lebih singkat. Dimulai dengan menjawab pertanyaan matematika, menyarankan jawaban atas pertanyaan bagi pengguna untuk membuat lelucon berdasarkan topik yang diminta.

Apa itu Open AI?

Baca Juga: Makin Tersebar, Kini Fitur AI Chatbot Juga DIhadirkan Microsoft di Swiftkey

Sebelum lanjut ke Chat GPT, tentunya kita harus tahu dulu apa itu Open AI. Open AI adalah perusahaan yang didirikan oleh Sam Altman dan Elon Musk pada tahun 2015. Terlepas dari fitur-fiturnya yang canggih, mesin pencari ini ramah. Tujuannya sebenarnya untuk memberikan AI (kecerdasan) yang membawa banyak manfaat bagi manusia.

Apa itu Chat GPT?

Dengan kepanjangan generatif Pre-trained transformers, Chat GPT menawarkan berbagai fitur bagus untuk dijelajahi. Berbagai fitur Chat GPT Open AI ini bisa memudahkan pekerjaan kita asalkan kita tahu cara menggunakannya.

Baca Juga: Profil Startup Kata.AI, Perusahaan Chatbot Asal Indonesia

Namun, sebelum masuk ke detailnya, ada baiknya mengetahui cara kerja Chat GPT. Benarkah dia bisa berbicara seperti manusia? Chat GPT adalah sistem chat yang cerdas. Kamu dapat mengajukan pertanyaan apa pun dan dia akan menjawabnya.

Secara profesional, Chat GPT dapat mengoreksi jawabannya sendiri jika menurutnya jawabannya salah, menolak menjawab pertanyaan yang tidak pantas, dan menjawab kata yang berbeda dalam bahasa yang sama dengan penanya.

Selain itu, Chat GPT juga dapat memberikan jawaban yang berbeda pada satu kata kunci. Sehingga sensitif terhadap perubahan topik. Dengan kata lain, kita bisa mendapatkan jawaban dengan mengoreksi pilihan kata masukan.

Baca Juga: Google Resmi Kenalkan Bard, Chatbot Cerdas Pesaing ChatGPT

Bagaimana Chat GPT bekerja?

Chat GPT bekerja dengan mempelajari sejumlah besar teks di Internet. Versi bahasa ini menggunakan teknologi AI terbaru untuk memahami konteks dan menghasilkan teks yang relevan. Chat GPT dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti membuat teks asli, menerjemahkan, dan menjawab pertanyaan rumit.

Cara menggunakan Chat GPT

Baca Juga: Google Punya Chatbot Pesaing ChatGPT, Bukan hanya LaMDA

Nah untuk tutorial cara penggunaannya tidak perlu di install. Yang harus kamu lakukan adalah pergi ke situs web dan memasukkan kata kunci yang diperlukan. Namun, Chat GPT mengharuskan kita untuk mendaftar sebelum memulai pencarian.

Caranya, seseorang dapat menggunakan opsi login mudah dengan akun Google. Setelah itu, masukkan nomor telepon. Pada tahap ini, kami akan menerima kode verifikasi yang harus dimasukkan di halaman berikutnya. Selain itu, kami dapat bekerja dengan layanan Chat GPT Open AI.

Kelebihan Chat GPT

Apa yang bisa kita lakukan dengan Chat GPT? Nah, Chat GPT adalah chat yang bisa memberikan manfaat, diantaranya:

1. Tulis surat lamaran dan CV sesuai dengan perusahaan perusahaan yang dilamar

Padahal, proses ini adalah proses pencarian kerja yang membosankan, sobat. Tetapi kamu dapat menggunakan Chat GPT untuk membantu kamu menulis lamaran dan CV.

2. Jadilah composer musik dan membuatkan lagu untuk kamu

Apakah kamu ingin bekerja di bidang seni dan musik? Mungkin kamu memerlukan Chat GPT untuk menulis lagu. Kamu bisa meminta Chat GPT untuk menulis lagu berdasarkan topik favoritmu sobat.

3. Bantu pemrogram memecahkan masalah kode

Bagi para programmer, Chat GPT juga bisa membantu menyelesaikan masalah coding. Cukup masukkan kode yang akan diedit dan maka kamu tinggal menunggu hasilnya. Selain itu, Chat GPT juga dapat menulis kode untuk segera digunakan.

4. Jawab pertanyaan matematika

Matematika merupakan mata pelajaran yang sulit bagi banyak orang. Sekarang kita bisa menggunakan Chat GPT untuk menyelesaikan soal matematika, jadi kita bisa belajar langsung dari mereka.

5. Berikan nasihat tentang kehidupan dan aspek lainnya

Jika kamu butuh nasehat cinta atau yang lainnya, tapi kamu tidak punya teman, kamu bisa menggunakan Chat GPT untuk mendengarkan keluh kesahmu dan memberi nasehat.Tentu saja, saran yang diberikan bukanlah sesuatu yang harus segera digunakan!

6. Jelaskan konsep lain dalam bentuk sederhana

Jika kamu kuliah dan menemukan konsep yang rumit, kamu dapat meminta Chat GPT untuk menjelaskannya secara sederhana. Oleh karena itu, kita akan mendapatkan penjelasan konsep yang kompleks dan pilihan kata yang mudah dipahami.

7. Tulis esai

Jika kamu ingin menulis esai, tetapi kamu perlu mempelajari referensi terlebih dahulu. Maka kamu dapat membuat AI melakukannya untuk kamu. Setelah kamu mendapatkan contoh-contoh ini, kamu dapat menulis esai berdasarkan pengetahuan utama kamu.

8. Buat lelucon sesuai dengan topik 

Salah satu kelebihan Chat GPT adalah dapat menulis lelucon seperti manusia. Kemudian kamu bisa menunjukkan lelucon ini ke teman kamu atau kamu juga bisa bertarung dengan AI yang berpengaruh sekarang. Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

9. Buat draft artikel

Dengan bantuan Chat GPT, pengguna dapat melaporkan SEO dengan cepat dan efisien. Namun, perlu diingat bahwa pengguna tetap harus melakukan riset dan memastikan bahwa informasi yang mereka sertakan dalam laporan mereka akurat dan relevan.

Pentingnya kata kunci untuk website penting untuk meningkatkan berbagai aspek seperti memberikan nilai kepada pengunjung, meningkatkan ranking SEO, engagement, brand awareness dan kepercayaan pengunjung terhadap website.

Dengan membantu memperbarui program dan membuat artikel baru, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari Chat GPT.

Kelebihan Chat GPT

Selain kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, ada juga beberapa kelebihan dari Chat GPT ini. Kelebihan Chat GPT

Peka Penyesuaian Kueri

Tingkat kepekaan terhadap perubahan kueri ini, bisa kita rasakan manfaatnya secara langsung. terutama ketika kamu tidak mendapatkan jawaban atas pertanyaan tertentu. Dalam kondisi tersebut, kita dapat memasukkan pertanyaan yang berbeda dengan konten yang sama karena AI memahami pertanyaan tersebut.

Bentuk bahasa tidak kaku

Selain memberikan jawaban yang berbeda atas pertanyaan pengguna, AI juga bisa memberikan jawaban yang bersahabat, apalagi mengikuti gaya bahasa manusia pada umumnya. Sehingga hasil jawaban dari Chat GPT dibuat bukan seperti jawaban robot.

Kecepatan respons

AI dikenal karena responsnya yang cepat. Dalam hal ini, tentu saja, pengguna akan mendapatkan jawaban dalam waktu singkat dan terus kembali ke situs web AI untuk menjawab lebih banyak pertanyaan.

Sehingga Chat GPT memang mendekati komunikasi antara manusia. Waktu yang dibutuhkan untuk merespon pertanyaan pun tidak terlalu lama. Hal ini layaknya manusia saling bertanya dan menjawab tanpa ada jeda waktu yang panjang.

Nah, untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto secara mudah, download Pintu sekarang! PT Pintu Kemana Saja, dengan brand PINTU merupakan platform jual beli dan investasi aset crypto di Indonesia. Aplikasi PINTU berfokus pada tampilan aplikasi intuitif, mudah digunakan, dengan konten edukasi in-app, terutama bagi investor baru dan kasual.

Saat ini PINTU telah memiliki 120 aset crypto yang diperdagangkan serta banyak fitur dan produk unggulan inovatif, dan edukatif, seperti Pintu Earn, Referral System, PTU Stalking dan Pintu Kelas Academy.

Berita Terkait
Berita Terkini

Melalui RUPS, Arkadia Digital Media melaporkan peningkatan pendapatan hingga 40 persen selama 2023....

internet | 11:18 WIB

pentingnya memahami tentang bahaya yang mengancam pusat data dan bagaimana penanggulangannya....

internet | 11:34 WIB

Ingin mencoba trading kripto? Berikut adalah 5 opsi crypto wallet yang layak dicoba....

internet | 16:37 WIB

Apa saja yang baru dalam update WhatsApp ini?...

internet | 10:10 WIB

Rencana Transaksi ini masih dalam tahap evaluasi awal, di mana Axiata dan Sinar Mas memiliki tujuan untuk tetap menjadi ...

internet | 10:12 WIB