Kunci Sukses Membangun Bisnis Online, Padukan Berbagai Platform

Berbisnis di era digital dengan memanfaatkan platform online dianggap lebih praktis dan membantu memudahkan proses pemasaran hingga transaksi.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 14 April 2023 | 11:33 WIB
Niagahoster - Ilustrasi bisnis online. (Niagahoster)

Niagahoster - Ilustrasi bisnis online. (Niagahoster)

Hitekno.com - Memulai bisnis bukan hal mudah, begitu juga dengan sukses membangun bisnis online. Seperti disampaikan Niagahoster, ada beberapa kunci sukses membangun bisnis online yakni memadukan beragam platfom.

Sebagai diketahui, susahnya membangun bisnis tidak menghalangi banyak orang untuk mencoba peruntungan membuka usaha mereka sendiri dengan mengembangkan produk yang kualitasnya tidak kalah dari brand-brand besar yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis.

Berbisnis di era digital dengan memanfaatkan platform online dianggap lebih praktis dan membantu memudahkan proses pemasaran hingga transaksi. Tidak sedikit pula bisnis online yang terbukti mampu menghasilkan omzet yang menggiurkan.

Baca Juga: Niagahoster: Pentingnya Memperhatikan Keamanan Digital

Dikutip dari blog Niagahoster, kebanyakan pebisnis baru memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk memasarkan produk mereka karena gratis dan mudah digunakan.

Belum lagi dengan jumlah pengguna marketplace yang semakin banyak, berjualan di marketplace dianggap amat menjanjikan meski perang harga dan persaingan yang ketat.

Untuk bisa bertahan di tengah persaingan ketat tersebut, pebisnis harus bisa meningkatkan promosi dan memperluas jaringan pemasaran. Ade Syah Lubis, CEO Niagahoster, mengatakan, memanfaatkan hanya satu platform di era digital saat ini cukup membahayakan bagi bisnis.

Baca Juga: Niagahoster x KiriminAja Dorong Pebisnis Memaksimalkan Digital Marketing

"Pasalnya, media sosial dan marketplace memiliki masa naik dan turun di mata penggunanya," ujarnya.

Menjadi Investasi Jangka Panjang

Niagahoster - Ilustrasi bisnis online. (Niagahoster)
Niagahoster - Ilustrasi bisnis online. (Niagahoster)

Dengan perkembangan teknologi yang diprediksi belum akan berhenti hingga beberapa dekade mendatang, bahkan akan terus berkembang pesat, bisnis yang digerakkan secara online pun menjadi sebuah investasi jangka panjang yang patut dilakukan.

Baca Juga: Komit ke Komunitas WordPress, Niagahoster Hadir di WordCamp Asia 2023

Menggeluti bisnis dan mengembangkan aset digital juga akan memperluas dominasi bisnis di bidang produk yang ditawarkan. Dilansir dari blog Niagahoster, hal tersebut disebabkan karena pebisnis online bisa tetap menjalankan bisnis di mana pun dan kapan pun karena semua kegiatan dioperasikan secara online.

Pengguna aktif internet yang sudah mencapai 204,7 juta pun menjadi alasan banyak bisnis dan perusahaan yang melakukan transformasi digital untuk meraih potensi pasar yang besar dan luas.

Pelanggan pun sudah semakin merasa nyaman dengan berbelanja online karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun di tengah kesibukan mereka.

Baca Juga: Niagahoster Berikan Pembelajaran SEO dalam WordPress Insight

Membangun website bisnis pun menjadi semakin penting untuk menjangkau pasar lebih luas yang belum tercover oleh media sosial dan marketplace.

Selain itu, website ternilai lebih baik dan lebih tepat untuk kegiatan branding karena dapat dimodifikasi tampilannya sesuai dengan keunikan brand atau produk.

"Memiliki website berarti memiliki rumah sendiri yang bisa diatur tampilan dan kontennya sesuai dengan karakter dan keunikan bisnis serta kebutuhan target pasar," lanjut Ade.

Berani Bersaing di Berbagai Platform

Niagahoster - Ilustrasi bisnis online. (Niagahoster)
Niagahoster - Ilustrasi bisnis online. (Niagahoster)

Perkembangan teknologi yang semakin pesat pun menjadi sebuah tantangan karena akan semakin banyak bisnis online yang bersaing di berbagai platform.

Pebisnis pun harus berani menghadapi persaingan yang tidak terhindarkan dengan memperkuat brand dan mengenali kompetitor untuk membuat strategi marketing terbaik.

Memaksimalkan berbagai channel marketing, antara lain social media marketing, email marketing, search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), serta website, saat ini sudah menjadi keharusan bagi pebisnis.

"Karena, memiliki akun media sosial, marketplace, dan website, bukanlah sebuah akhir dari perjuangan pemilik bisnis, melainkan sebuah awal," kata Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster.

Di era digital yang serba cepat ini, pebisnis juga dituntut untuk bisa terus berinovasi agar dapat terus bertahan dan semakin maju. Bisnis yang lambat dalam berinovasi di tengah era dan kondisi yang menuntut perubahan ini, harus menerima kenyataan bahwa bisnisnya tidak mampu lagi bersaing di pasaran.

Untuk mencegah hal tersebut, Niagahoster sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting pun tidak hanya menyediakan produk web hosting terbaik, namun juga memberikan edukasi bagi masyarakat luas mengenai bisnis online dan digital marketing yang dibutuhkan oleh para pebisnis. Berbagai topik menarik disajikan dalam bentuk event online dan offline yang diadakan secara gratis untuk semua orang.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak