Ngeri, Orang Ini Berhasil Ciptakan Malware dengan Bantuan ChatGPT

Di tangan orang yang salah, kecerdasan buatan ini malah menjelma menjadi alat berbuat kejahatan.

Cesar Uji Tawakal

Posted: Minggu, 09 April 2023 | 12:48 WIB
Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

Hitekno.com - Sekarang alat AI, seperti Bard dan ChatGPT, tersedia untuk umum, mungkin sudah waktunya untuk mulai mengajukan pertanyaan tentang keamanan. Apalagi sekarang seseorang telah menggunakannya untuk membuat program malware canggih yang hampir tidak terdeteksi.

Dilansir dari Android Authority peneliti keamanan Forcepoint Aaron Mulgrew mengatakan bahwa ia menciptakan malware zero-day hanya menggunakan ChatGPT. Sementara chatbot Open AI memiliki perlindungan yang biasanya mencegah pengguna melakukan ini, pemula yang memproklamirkan diri menemukan celah.

Alih-alih meminta perangkat lunak membuat malware sekaligus, Mulgrew dilaporkan meminta AI menulis baris kode berbahaya yang terpisah. Setelah proses selesai, Mulgrew mampu mengkompilasi fungsi individu menjadi satu program pencurian data yang kohesif.

Baca Juga: China Tuding AS Inginkan Dominasi Siber

Malware yang dimaksud dikatakan menyamar sebagai aplikasi screensaver yang diluncurkan secara otomatis di Windows. Ini mampu mengambil data dari file, memecahnya menjadi potongan-potongan kecil yang bersembunyi di gambar, dan mengunggah data itu ke folder Google Drive.

Fakta bahwa Mulgrew mampu membuat malware dengan cara ini cukup menakutkan, tetapi semakin buruk. Kabarnya, Mulgrew mampu memperbaiki dan memperkuat kodenya dengan ChatGPT sampai-sampai tes VirusTotal tidak dapat lagi mendeteksinya. Ini juga dikatakan sama canggihnya dengan ancaman tingkat negara-bangsa.

Namun, bagian yang benar-benar menakutkan adalah kenyataan bahwa dia melakukan ini semua sendiri dalam hitungan jam. Membuat malware tingkat ini biasanya akan menjadi upaya tim dan akan membutuhkan berminggu-minggu kerja untuk mengkompilasi.

Baca Juga: Microsoft Hadirkan Image Kreator Berbasis Dall-E, Kini Terintegrasi di Edge Browser?

Untungnya, malware ini tidak tersedia untuk umum. Ini hanya tes yang dilakukan Mulgrow. Tapi ini menunjukkan betapa berbahayanya ChatGPT di tangan yang salah.

Berita Terkait
Berita Terkini

Asia Tenggara Menunjukkan Kesadaran Keamanan Email Lebih Tinggi Dibanding Kawasan Berkembang Lainnya...

internet | 13:27 WIB

NVIDIA bekerja sama dengan Komputer Medan menggandeng tiga perguruan tinggi terkemuka di Kota Medan....

internet | 13:58 WIB

Melalui RUPS, Arkadia Digital Media melaporkan peningkatan pendapatan hingga 40 persen selama 2023....

internet | 11:18 WIB

pentingnya memahami tentang bahaya yang mengancam pusat data dan bagaimana penanggulangannya....

internet | 11:34 WIB

Ingin mencoba trading kripto? Berikut adalah 5 opsi crypto wallet yang layak dicoba....

internet | 16:37 WIB