CEK FAKTA: Video Mencekam Gempa Besar 11,7 SR Guncang Jakarta, Apakah Benar?

Video ini berisi informasi menyesatkan mengenai gempa Jakarta.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 16 Maret 2023 | 18:04 WIB
Beredar video mengenai gempa 11,5 guncang Jakarta. Ini adalah kategori disinformasi dan video hoaks. (YouTube Mimbar Istana via Kominfo)

Beredar video mengenai gempa 11,5 guncang Jakarta. Ini adalah kategori disinformasi dan video hoaks. (YouTube Mimbar Istana via Kominfo)

Hitekno.com - Sebuah video dengan narasi cukup menakutkan beredar di YouTube. Video tersebut mengungkap bahwa gempa sebesar 11,7 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Jakarta.

"MEMATIKANGEMPA 11,5 TEREKAM KAMERA GUNCANG JAKARTA, HARI INI 11 MARET 2023?" bunyi keterangan pada video yang diunggah oleh channel YouTube Mimbar Istana.

Ada pula video lain bernama "NGERI!!JAKARTA HARI INI KIAMAT, BARU SAJA TERJADI GEMPA 11,7 SR MENCABIK-CABIK DKI JAKARTA".

Baca Juga: Merapi Erupsi, Pesan Mbah Maridjan Tentang "Eyang Merapi" Viral Lagi

Postingan tersebut diunggah di YouTube pada 12 Maret 2023. Saat artikel ini dibuat, video ini telah ditonton sebanyak belasan ribu kali.

Video menampilkan beberapa gedung runtuh dan debu-debu berserakan. Berdasarkan penelusuran melalui situs BMKG, tidak ada gempa melebihi magnitudo 5.0 yang mengguncang Jakarta dalam 2 pekan terakhir.

Beredar video mengenai gempa 11,5 guncang Jakarta. Ini adalah kategori disinformasi dan video hoaks. (YouTube Mimbar Istana via Kominfo)
Beredar video mengenai gempa 11,5 guncang Jakarta. Ini adalah kategori disinformasi dan video hoaks. (YouTube Mimbar Istana via Kominfo)

Situs Kominfo memasukkan video tersebut dalam kategori "Hoaks" dan "Disinformasi".

Baca Juga: Viral di TikTok, Daniel Soekarno Punya Banyak Penggemar Cewek

Masyarakat diimbau agar tidak termakan isu dan narasi menakutkan pada video tersebut.

Dikutip dari jalahoaks.jakarta.go.id dan situs Kominfo, konten video itu membacakan sejumlah artikel pemberitaan yang tidak terkait satu dengan lainnya.

  • Artikel berjudul “Jakarta dan Sekitarnya Diguncang Gempa Magnitudo 5,5” yang tayang di cnnindonesia.com pada 09 Oktober 2022.
  • Artikel berjudul “Terasa di Jakarta, Gempa M 6,4 Berpusat di Garut Jabar" yang tayang di detik.com pada 03 Desember 2022.

Kedua artikel tersebut membahas kejadian gempa yang terjadi di waktu dan lokasi yang berbeda. Artikel pertama membahas gempa bumi 5,5 Magnitudo yang berpusat di 26 km Barat Daya Bayah, Banten dengan kedalaman 12 kilometer pada Oktober 2022.

Baca Juga: Viral Cewek Curhat Diajak Streamer MLBB Staycation di Hotel dan Dilecehkan Secara Verbal

Sementara artikel kedua berisi laporan gempa yang terjadi pada Desember 2022 dan berpusat di Garut, Jawa Barat. Tidak ada pernyataan mengenai bencana gempa yang membuat wilayah Jakarta hancur.

KESIMPULAN

Video mengenai penampakan gedung-gedung Jakarta hancur tidak benar. Postingan tersebut merupakan hasil editan dan sama sekali tak menggambarkan gempa di Jakarta.

Kategori informasi: Disinformasi. Kategori Hoaks: Konten Manipulasi. Video terkait Jakarta diguncang gempa 11,7 SR adalah HOAKS.

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak