Hadirkan Platform Editing Video Berbasis AI, Startup Ini Dapat Pendanaan Puluhan Miliar

Capsules mengklaim bahwa AI bisa meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengeditan pasca-produksi.

Rezza Dwi Rachmanta
Rabu, 15 Februari 2023 | 19:18 WIB
Startup Capsule tawarkan platform editing video berbasis AI. (Capsules)

Startup Capsule tawarkan platform editing video berbasis AI. (Capsules)

Hitekno.com - Startup bernama Capsules berhasil membuat platform editing video berbasis AI atau kecerdasan buatan. Capsules baru saja memperoleh suntikan dana senilai 4,74 juta dolar AS atau Rp 72,2 miliar untuk mengomersialkan produk.

Mereka memanfaatkan Artificial Intelligence (AI) untuk digunakan dalam perangkat lunak pengeditan video.

Capsules mengklaim bahwa AI bisa meningkatkan kecepatan dan efisiensi pengeditan pasca-produksi.

Baca Juga: Beredar Aplikasi ChatGPT Palsu, Berisi Malware Berbahaya

Dalam jangka panjang, Capsules menjelaskan bahwa teknologi semacam itu memungkinkan siapa saja untuk berkreasi membuat video, bahkan jika mereka bukan editor video profesional.

Startup yang berasal dari New York, Amerika Serkat ini didirikan pada tahun 2020. Mereka awalnya membuat alat perekam animasi GIF dan jejaring sosial Phhhoto.

Startup Capsule tawarkan platform editing video berbasis AI. (Capsules)
Startup Capsule tawarkan platform editing video berbasis AI. (Capsules)

Meski begitu, mereka akhirnya kalah bersaing dengan Boomerang Instagram. Setelah menutup aplikasinya pada tahun 2017, mereka beralih ke bisnis pemasaran berdasarkan pengalaman untuk live event yang disebut Hypno.

Baca Juga: Internet Explorer Resmi Dimatikan, Ganti ke Microsoft Edge

Pandemi yang melanda tahun 2020 langsung menghancurkan bisnis mereka. Tim akhirnya memutuskan untuk mendirikan Capsules, platform yang dimulai sebagai cara bagi merek untuk menjangkau komunitas di era pasca-COVID.

Platform ini menggunakan tanya jawab online dan cerita berbasis video. Pada tahun 2021, perusahaan rintisan tersebut mengumpulkan pendanaan awal 2 juta dolar AS untuk platform video kolaboratifnya dari Array Ventures, Bloomberg Beta, dan angel investor lain.

Data dari HubSpot menunjukkan bahwa video pendek akan tumbuh lebih cepat daripada format lainnya pada tahun 2023.

Baca Juga: Profil Startup Nodeflux, Perusahaan AI Computer Vision di Indonesia

Dikutip dari runch, lebih dari 90 persen pemasar mengatakan bahwa mereka berencana untuk mempertahankan atau meningkatkan investasi mereka dalam pembuatan video.

Tetapi permintaan akan video melebihi pasokan editor video profesional, catat salah co-founder dan CEO Capsule, Champ Bennett.

Startup Capsule tawarkan platform editing video berbasis AI. (Capsules)
Startup Capsule tawarkan platform editing video berbasis AI. (Capsules)

"Meskipun banyak tools video di pasar, kebutuhan tim perusahaan sebagian besar diabaikan. Tanyakan siapa saja di bidang pemasaran, komunikasi, atau apapun. Mereka akan memberi tahu Anda bahwa video pendek mengungguli semua format lain. Mereka juga akan memberi tahu Anda bahwa mereka tidak sering menggunakannya karena biaya dan kerumitan pembuatannya," ungkap Champ Bennett.

Untuk mengatasi tantangan ini, Capsule membangun AI Studio, yang berfokus pada pengeditan video pasca-produksi berbasis AI.

Platform menawarkan model difusi untuk menghasilkan gambar B-roll dari transkrip serta LLM generatif (model bahasa besar) yang meringkas teks dari transkrip.

Sistem bakal memamerkan bagaimana Anda dapat memilih blok teks dan kemudian membuat AI menghasilkan gambar otomatis berdasarkan materi yang diidentifikasi dalam teks yang disorot.

Petinggi Capsules mengklaim bahwa platform-nya dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membuat kreator video 10 hingga 100 kali lebih produktif berkat AI.

Startup Capsules yang berbasis di New York ini telah mengumpulkan 6,75 juta dolar AS atau Rp 103 miliar sejak pertama kali didirikan.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak