Solo Technopark Jadi Kawasan Transformasi Digital dan Human Capital

Menjadi ikon baru Kota Surakarta, peresmian SoloTechnoparkjuga diharapkan dapat mendorong terciptanya masyarakat yang lebihtech savvydan mempercepat laju pengembangan ekonomi digital Indonesia.

Agung Pratnyawan
Selasa, 07 Februari 2023 | 14:22 WIB
Solo Technopark. (Solo Technopark)

Solo Technopark. (Solo Technopark)

Hitekno.com - Peresmian Kawasan Sains dan Teknologi Solo opark di Surakarta, Jawa Tengah, telah berlangsung pada Senin (06/02/2023). Solo opark diharapkan jadi kawasan transformasi digital dan human capita. 

Ekonomi digital Indonesia pada 2022 kemarin telah menjadi salah satu kunci percepatan pemulihan dan peningkatan daya tahan ekonomi nasional.

Dikutip dari situs resmi Kominfo, Ekonomi digital Indonesia di tahun 2022 berhasil membukukan porsi sekitar 40% dari nilai total transaksi ekonomi digital ASEAN.

Baca Juga: Google Gelontorkan Rp 6 Triliun ke Startup AI Pesaing ChatGPT

Hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai pemain utama dalam ekonomi digital ASEAN dan sekaligus menjadikan ekonomi digital sebagai kekuatan baru perekonomian nasional.

Peningkatan pesat jumlah startup di tanah air juga mencerminkan terwujudnya akselerasi pengembangan ekonomi digital. Memiliki lebih dari 2.400 startup, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-6 negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia.

Guna mengakselerasi hal tersebut, Pemerintah telah memberikan berbagai dukungan bagi pengembangan aspek fundamental termasuk peningkatan kapasitas sumberdaya manusia.

Baca Juga: Modal Inventasi di Bidang Kreatif, Sinar Mas Danai Startup DCT Agency

"Fokus pada sains dan teknologi menjadi sangat penting, karena ini adalah nilai tambah. Transformasi digital, teknologi AI, Metaverse, AR/VR, dan Robotic diharapkan juga bisa ada showcasing-nya di tempat ini," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menyampaikan keynote speech dalam Peresmian Kawasan Sains dan Teknologi Solo opark di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (06/02/2023).

Pemerintah Kota Surakarta telah mengembangkan Kawasan Sains dan Teknologi Solo opark dengan luas sekitar 5 hektare sebagai kawasan yang berorientasi pada transformasi digital dan human capital.

Pengembangan dan revitalisasi Solo opark juga memiliki peran sebagai hub pengembangan inovasi dan talenta di Kota Surakarta.

Baca Juga: Jualan Snack, Pria Ini Mampu Bangun Startup Senilai Puluhan Triliun

Menjadi ikon baru Kota Surakarta, peresmian Solo opark juga diharapkan dapat mendorong terciptanya masyarakat yang lebih tech savvy dan mempercepat laju pengembangan ekonomi digital Indonesia.

Kolaborasi Pemerintah dengan swasta dalam rangka mendukung pengembangan ekonomi digital ini juga diwujudkan dalam kerja sama yang dilakukan Solo opark dengan beberapa mitra kolaborasi seperti Shopee, Bank Mandiri, SKK Migas, serta PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

Usai meresmikan Solo opark, Menko Airlangga yang didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka beserta rombongan berkesempatan meninjau berbagai fasilitas yang tersedia di dalam kawasan.

Baca Juga: Pendiri Spotify Buat Startup Baru, Incar Bisnis Perawatan Kesehatan

"Saya tentunya berharap fasilitas ini dapat menciptakan startup-startup baru. Dan tentunya kami berharap technopark ini dapat memperkuat kolaborasi lintas sektor dan multi stakeholders, dan ini merupakan solusi inovatif bagi Solo opark untuk memenuhi kebutuhan teknologi untuk semua," pungkas Menko Airlangga.

Turut hadir dalam peresmian tersebut diantaranya yakni Setda Provinsi Jawa Tengah, Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian, Kepala BLUD Kawasan Sains dan Teknologi Solo opark, serta para perwakilan mitra kolaborasi Solo opark.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak