Jumlah Pengguna Blibli Meningkat pada 2022, Pendapatan Bersih Melonjak

Kinerja Tiket.com yang makin membaik membuat laba bersih Blibli ikut meningkat.

Rezza Dwi Rachmanta
Sabtu, 04 Februari 2023 | 10:55 WIB
Ilustrasi Blibli. (Blibli)

Ilustrasi Blibli. (Blibli)

Hitekno.com - Persaingan e-commerce di Tanah Air cukup ketat mengingat terdapat perusahaan yang mengalami pertumbuhan, namun ada pula yang tumbang. PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli) mengungkap bahwa mereka mengalami lonjakan pendapatan bersih di sepanjang 2022.

Tak hanya itu, jumlah pengguna Blibli yang melakukan transaksi juga meningkat di angka 4,3 juta.

Perusahaan mengklaim bahwa mereka telah melakukan sejumlah inovasi untuk membawa Blibli semakin dekat menuju visi menjadi platform omnichannel perdagangan dan gaya hidup terdepan.

Baca Juga: Ini Penjelasan Teknologi dan Fitur Kamera Samsung Galaxy S23 Ultra

Perlu diketahui, Blibli mengakuisisi Tiket.com pada tahun 2017. Perusahaan membeli Tiket.com untuk memperluas layanan hingga perjalanan, akomodasi, dan pengalaman gaya hidup.

Pada tahun 2021, ekosistem omnichannel Blibli semakin bertambah dengan penambahan produk segar dan kebutuhan sehari-hari bagi pelanggannya melalui akuisisi PT Supra Boga Lestari Tbk (BEI: “RANC”).

Ilustrasi Blibli. (Blibli)
Ilustrasi Blibli. (Blibli)

Itu adalah perusahan pengelola sejumlah gerai supermarket premium seperti Ranch Market dan Farmers Market. Melalui laporan keuangan perusahaan, Blibli mengungkap bahwa Tiket.com mulai memperlihatkan kontribusi yang lebih baik.

Baca Juga: Vesta: Dompet Digital dan eCommerce Rentan Kejahatan Siber

Performa platform penjualan tiket dan jasa perjalanan ini mempunyai kinerja yang lebih baik seiring dengan pelonggaran pembatasan perjalanan dan meningkatnya minat masyarakat untuk mengunjungi berbagai tempat atraksi dan hiburan.

PT Global Digital Niaga Tbk (Blibli, BEI: “BELI”) memperkuat sinergi dengan entitas anak perusahaan, Tiket.com dan Ranch Market, melalui peluncuran unified ecosystem Blibli Tiket yang menawarkan Single Sign-On (SSO) serta Loyalty Parity untuk kedua platform tersebut.

Pada periode sembilan bulan pertama tahun 2022, Blibli berhasil mencatatkan pertumbuhan Average Order Value (AOV) dari Rp714.570 pada periode yang sama tahun 2021 menjadi Rp 1.028.956.

Baca Juga: Tokopedia Gandeng Epsilon untuk Dukung Pertumbuhan E-Commerce

Dikutip dari laporan keuangan perusahaan, Blibli mencatatkan pertumbuhan Total Processing Value (TPV) konsolidasi sebesar 105 persen, dari Rp 19,8 triliun pada periode sembilan bulan tahun 2021 menjadi sebesar Rp 40,6 triliun pada periode yang sama tahun ini.

Hal ini didorong oleh kenaikan TPV pada semua segmen terutama dari segmen 3P Ritel, yang dikontribusikan dari pemulihan pada sektor perjalanan (travel) di Tiket.com.

Pertumbuhan TPV tersebut juga disertai dengan peningkatan Gross Profit Before Discount (GPBD) konsolidasi, dari Rp 679 miliar pada periode sembilan bulan tahun 2021 menjadi Rp 1,8 triliun.

Baca Juga: Pelanggan Telkomsel Kini Bisa Upgrade ke Kartu uSIM 4G melalui E-commerce

Pada periode yang sama pada 2022, atau bertumbuh sebesar 167 persen. Sehingga, Blibli berhasil mencatatkan peningkatan Take Rate konsolidasi dari 3,4 persen pada periode sembilan bulan tahun 2021 menjadi 4,5 persen pada periode yang sama tahun ini.

Pertumbuhan TPV juga didukung dari pertumbuhan secara organik, terlihat dari Yearly Transacting Users (YTU) yang meningkat dari 2,4 juta pengguna pada periode sembilan bulan tahun 2021 menjadi 4,3 juta pengguna pada periode yang sama pada 2022.

Blibli juga berhasil mencatatkan pertumbuhan Pendapatan Bersih (Net Revenue) konsolidasi sebesar 98 persen, dari Rp 5,3 triliun pada periode yang sama tahun 2021 menjadi Rp 10.5 triliun hingga Q3 2022.

Sedangkan persentase EBITDA terhadap TPV tercatat lebih baik dari -11,3 persen pada Q3 2021 menjadi -8,5 persen pada periode yang sama pada 2022.

Mengingat jumlah pengguna terus meningkat, Blibli optimis dapat terus menghasilkan bisnis berkelanjutan di masa yang akan datang.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak