Akselerasi Bisnis Startup Indonesia, Midtrans Hadirkan Program NextLvl

NextLvl adalah program pelatihan intensif kepada beberapa starup Indonesia yang terpilih.

Agung Pratnyawan
Kamis, 02 Februari 2023 | 17:35 WIB
Logo Midtrans. (Midtrans)

Logo Midtrans. (Midtrans)

Hitekno.com - Midtrans mengumumkan peluncuran program NextLvl sebagai upaya untuk mendorong dan mengakselerasi pertumbuhan dan perkembangan bisnis startup Indonesia.

Layanan payment gateway GoTo Financial tersebut menghadirkan NextLvl sebagai program pelatihan intensif kepada beberapa starup terpilih.

Para startup yang terpilih akan mengikuti rangkaian pelatihan intensif dan merasakan pengalaman eksklusif mentorship dari para perwakilan Venture Capital (VC) terkemuka. 

Baca Juga: Berambisi Meraih Laba, Startup DishServe Ubah Model Bisnis

Program pelatihan ini juga menjadi bagian dari komitmen Midtrans mendorong industri teknologi di Indonesia untuk meningkatkan kontribusi terhadap ekonomi digital nasional.

Berkolaborasi dengan dengan Amazon Web Services (AWS), Midtrans Next Lvl menghadirkan perwakilan mitra Venture Capital (VC) untuk menjadi mentor peserta terpilih, di antaranya GoVentures, East Ventures, Alpha JWC, dan AC Ventures.

Sebanyak 50 finalis startup telah terpilih dan akan mendapatkan akses ke kelas-kelas pengembangan bisnis, serta berkesempatan melakukan diskusi mendalam terkait pertumbuhan bisnisnya lewat sesi privat dengan para mitra VC.

Baca Juga: Startup Broom Rilis Layanan Buyback

Olivia Kurniawati, Head of Merchant Payment Marketing GoTo Financial mengatakan Midtrans memahami pentingnya kombinasi dukungan teknologi & non teknologi bagi para startup atau bisnis tahap awal.  

"Selama 10 tahun Midtrans hadir bagi pelaku bisnis di Indonesia, kami melihat peran layanan pembayaran daring menjadi semakin penting dalam mendukung pertumbuhan usaha, khususnya usaha pemula. Untuk dapat menjalankan bisnis yang berkelanjutan, pelaku startup harus memastikan semua komponen bisnisnya berjalan baik, termasuk memilih teknologi yang tepat dan terpercaya untuk mempermudah manajemen operasional bisnis. Kami percaya Midtrans memiliki peran penting dalam mendorong perkembangan berbagai usaha rintisan lokal hingga naik kelas menjadi perusahaan teknologi kelas dunia." kata Olivia.

Sejak beberapa tahun terakhir, pertumbuhan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia maupun secara global berada pada tren positif. Indonesia merupakan salah satu dari 10 negara dengan jumlah startup terbanyak di dunia pada 2022, menurut laporan Startup Ranking.

Baca Juga: 3 Alasan Startup Tetap Menarik Bagi Generasi Milenial dan Gen-Z

Tercatat, ada 2.346 startup di dalam negeri, yang menempatkan Indonesia berada di urutan keenam di dunia. 

Tidak hanya memberikan dukungan teknologi bagi startup dan pelaku usaha, Midtrans juga hadirkan dukungan nonteknologi, salah satunya melalui program NextLvl ini. 

"Kehadiran mentor juga berperan sangat penting dalam membantu para founder menentukan langkah bisnis yang lebih strategis," tambah Olivia.

Baca Juga: Lima Startup Pilihan Grab Ventures Velocity Batch 5 x Sembrani Wira, Bikin Penasaran

Midtrans hadirkan program NextLvl. (Midtrans)
Midtrans hadirkan program NextLvl. (Midtrans)

Layanan Midtrans 

Midtrans jadi layanan proses pembayaran online yang dapat diandalkan untuk mendukung pertumbuhan bisnis startup

Selain pengembangan produk, tantangan proses pembayaran dari pengguna kerap dihadapi bisnis di fase awal. Terlebih bagi bisnis yang memfasilitasi transaksi dalam volume tinggi, kemudahan dan keamanan pembayaran menjadi kunci untuk melayani pengguna.

Payment gateway memungkinkan merchant menerima dan memverifikasi pembayaran secara otomatis, sehingga menjadi layanan esensial yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis.

Data internal Midtrans menunjukkan sebanyak 1 dari 5 mitra startup Midtrans telah menggunakan payment gateway Midtrans lebih dari 5 tahun.

Beberapa contohnya yakni Tokopedia, Bibit, Tiket.com, Stockbit, Goers dan masih banyak yang lainnya. Ini menandakan rasa percaya yang terbangun pada kemitraan jangka panjang dengan Midtrans.  

"Dalam 3 tahun terakhir, pertumbuhan transaksi online merchant startup yang bermitra dengan Midtrans naik hingga 4x lipat. Semakin banyak perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi Midtrans untuk mempermudah transaksi di platformnya, sekaligus membangun basis konsumen loyal yang kemudian dapat mendorong peningkatan skala bisnisnya." jelas Olivia.

Sebagai penyelenggara payment gateway yang berizin dan diawasi Bank Indonesia, Midtrans dapat menerima 25 metode pembayaran mulai dari kartu kredit/debit, transfer bank, e-wallet seperti GoPay, dan masih banyak lainnya.

Teknologi Midtrans juga diklaim mendukung efisiensi operasional bisnis karena memungkinkan jutaan transaksi dapat sukses diproses dalam hitungan detik.

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak