Zoho Kenalkan Team Pipelines di Platform Bigin, Solusi CRM untuk UKM

Bagi bisnis kecil, Bigin menawarkan solusi CRM sederhana namun kuat tanpa kendala pemakaian dan biaya.

Agung Pratnyawan
Rabu, 01 Februari 2023 | 15:59 WIB
Logo Zoho. (Zoho)

Logo Zoho. (Zoho)

Hitekno.com - Zoho Corporation meluncurkan versi terbaru Bigin, sebuah teknologi solusi CRM untuk bisnis skala kecil atau UKM. Seperti apa solusi yang ditawarkan? Bagi bisnis kecil, Bigin menawarkan solusi CRM sederhana namun kuat tanpa kendala pemakaian dan biaya.

Pembaruan produk saat ini semakin mendukung usaha kecil dan mikro (UKM) dengan menghadirkan alat dan informasi yang dibutuhkan pengguna dalam menjaga dan menumbuhkan hubungan yang bermakna dan bernilai tinggi dengan pelanggan di situasi ekonomi yang menantang.  

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Bigin menonjol sebagai solusi CRM yang tangguh, mudah digunakan, serta ramah pengguna, berkat janji set up dalam 30 menitnya.

Baca Juga: Zoho Meluncurkan Fitur Blended Conversations, Sajikan Pengalaman Pesan Kontekstual

Zoho mengamati bahwa sekitar 65% pelanggan Bigin belum pernah menggunakan solusi CRM sebelumnya. Ini menjadikan Bigin pilihan ideal bagi pemilik bisnis yang ingin beralih dari spreadsheet. Saat bisnis menguasai Bigin, Zoho juga menawarkan mereka kemudahan migrasi ke solusi CRM Zoho yang lengkap.

Bigin saat ini membanggakan pencapaian jumlah pelanggannya yang menyentuh angka 20 ribu dan terus membantu UKM mengelola semua operasi yang berhadapan langsung dengan pelanggan dalam sebuah platform terpadu.  

Versi terbaru Bigin meliputi pengenalan Team Pipelines, yang memungkinkan tim yang berhubungan langsung dengan pelanggan untuk mengelola operasi khusus mereka menggunakan satu set pipeline (saluran) dan sub pipeline yang berbeda dalam satu akun Bigin.

Baca Juga: Zoho One Pecahkan Rekor Pertumbuhan dan Momentum Pasar Kelas Atas

Penawaran kompetitif dari yang lain sering kali hanya melayani satu fungsi seperti penjualan, sementara Bigin menawarkan solusi yang efisien bagi semua tim yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Fitur-fitur baru ini menghimpun operasi pelanggan dalam satu tempat, dan memungkinkan penyelarasan dan kolaborasi yang lebih erat antar individu dan tim tanpa mengorbankan kesederhanaan yang membuat Bigin lebih menonjol.  

"Bisnis kecil menghadapi tantangan dalam memilih teknologi yang tepat untuk mengelola operasi yang berhubungan dengan pelanggan akibat kendala terkait waktu, biaya, dan implementasi perangkat lunak," ujar Gibu Mathew, VP dan GM Zoho Asia-Pasifik. 

Baca Juga: Terus Tumbuh, Zoho Capai 80 Juta Pengguna

"Bigin merupakan satu-satunya solusi yang menyatukan operasional pelanggan seperti penjualan, orientasi, pengiriman, pelatihan, dukungan advokasi, dan banyak lagi dalam satu antarmuka yang intuitif, yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk siap digunakan. Dengan menyatukan semua aspek operasi pelanggan ke dalam satu tampilan, Bigin memungkinkan bisnis kecil memiliki pemahaman terkait perjalanan pelanggan dengan lebih akurat. Wawasan ini membantu mereka menarik dan mempertahankan pelanggan, yang pada akhirnya akan mengembangkan bisnis tersebut. Adopsi Bigin yang berkembang pesat menunjukkan meningkatnya selera bisnis kecil yang menginginkan dan membutuhkan teknologi CRM sesuai dengan kebutuhan khusus mereka, sehingga dapat membantu mereka berpindah dari spreadsheet yang konvensional." lanjutnya.

Pembaruan Produk Utama

  • Team Pipelines: Fitur tambahan yang paling signifikan pada Bigin, Team Pipelines, menyatukan berbagai operasi pelanggan ke dalam satu tampilan 360 derajat. Bisnis dapat menghubungkan proses operasi pelanggan yang pokok seperti manajemen transaksi, orientasi, pengiriman, pelatihan, manajemen tiket, permintaan pengembalian dana, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, fitur ini dapat memastikan usaha kecil mengelola proses harian mereka dengan lebih mudah. Bisnis saat ini dapat memanfaatkan teknologi CRM lengkap yang bekerja melebihi manajemen penjualan serta menawarkan satu sumber kebenaran dalam menganalisis data pelanggan.    
  • Connected Pipeline: Bersamaan dengan Team Pipelines, Bigin juga memperkenalkan satu cara baru untuk menghubungkan data pelanggan di berbagai proses. Dengan Connected Pipelines, bisnis dapat mengotomatiskan pergerakan data pelanggan di sepanjang saluran yang berbeda, memungkinkan mereka menghadirkan pengalaman pelanggan end-to-end yang mulus. Misalnya, setelah kesepakatan didapatkan, tim penjualan bisa mengotomatiskan pembuatan rekaman yang terhubung di saluran orientasi pelanggan. Dengan cara ini, bisnis dapat menghemat waktu saat memasukkan informasi pelanggan yang berulang dan memiliki banyak waktu untuk fokus pada percakapan pelanggan yang aktual.  
  • Toppings: Fungsionalitas tambahan dan integrasi pihak ketiga dapat ditambahkan sesuai permintaan guna memenuhi kebutuhan bisnis yang melampaui penawaran standar. Misalnya, topping 'Email-In' memastikan email yang dikirim ke alias email yang berbeda dalam suatu organisasi secara otomatis dipetakan ke catatan pelanggan yang relevan di setiap saluran. Demikian pula, topping 'File Cabinet' mengotomatiskan proses pengumpulan file di mana pengguna dapat mengelola semua dokumen mereka melalui tautan yang unik dan aman. 
  • Kapabilitas Selular: Menanggapi peningkatan adopsi aplikasi seluler Bigin, Zoho memastikan semua fitur baru tersedia di iOS, iPadOS, Android, dan macOS. Hal tersebut memberikan pengalaman karyawan yang mulus dan lebih ditingkatkan lagi dengan Dynamic Display baru yang membantu pengguna menyesuaikan tampilan, gaya, dan visibilitas catatan dalam saluran mereka. Bigin juga baru-baru ini memperbarui aplikasinya untuk peluncuran Apple's iOS16 dan Samsung Galaxy Z Fold 4, di mana Bigin menjadi mitra peluncuran eksklusif. 
  • Pusat Pengembang : Bigin saat ini membuka platform pengembangnya ke jaringan pengembang dan mitra aplikasi global yang ingin menciptakan solusi khusus untuk kebutuhan bisnis yang unik. Dengan berbagai alat dan komponen pengembang seperti bidang khusus, tombol, tautan, widget, daftar terkait, dan REST API, pengembang dapat membuat Topping baru yang dapat dimonetisasi di Bigin Marketplace

Harga 

Baca Juga: Zoho Marketing Plus, Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Bigin dari Zoho CRM mulai dari 7 dolar AS /pengguna/bulan (ditagih setiap tahun) untuk edisi Express, dan 12 dolar AS /pengguna/bulan (ditagih setiap tahun) untuk edisi Premier. Ada juga edisi gratis yang tersedia. 

Berita Terkait
TERKINI

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB

Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....

internet | 15:57 WIB

Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....

internet | 22:01 WIB

Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....

internet | 22:43 WIB
Tampilkan lebih banyak