Zoho Kenalkan Team Pipelines di Platform Bigin, Solusi CRM untuk UKM

Bagi bisnis kecil, Bigin menawarkan solusi CRM sederhana namun kuat tanpa kendala pemakaian dan biaya.

Agung Pratnyawan
Rabu, 01 Februari 2023 | 15:59 WIB
Logo Zoho. (Zoho)

Logo Zoho. (Zoho)

Hitekno.com - Zoho Corporation meluncurkan versi terbaru Bigin, sebuah teknologi solusi CRM untuk bisnis skala kecil atau UKM. Seperti apa solusi yang ditawarkan? Bagi bisnis kecil, Bigin menawarkan solusi CRM sederhana namun kuat tanpa kendala pemakaian dan biaya.

Pembaruan produk saat ini semakin mendukung usaha kecil dan mikro (UKM) dengan menghadirkan alat dan informasi yang dibutuhkan pengguna dalam menjaga dan menumbuhkan hubungan yang bermakna dan bernilai tinggi dengan pelanggan di situasi ekonomi yang menantang.  

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Bigin menonjol sebagai solusi CRM yang tangguh, mudah digunakan, serta ramah pengguna, berkat janji set up dalam 30 menitnya.

Baca Juga: Zoho Meluncurkan Fitur Blended Conversations, Sajikan Pengalaman Pesan Kontekstual

Zoho mengamati bahwa sekitar 65% pelanggan Bigin belum pernah menggunakan solusi CRM sebelumnya. Ini menjadikan Bigin pilihan ideal bagi pemilik bisnis yang ingin beralih dari spreadsheet. Saat bisnis menguasai Bigin, Zoho juga menawarkan mereka kemudahan migrasi ke solusi CRM Zoho yang lengkap.

Bigin saat ini membanggakan pencapaian jumlah pelanggannya yang menyentuh angka 20 ribu dan terus membantu UKM mengelola semua operasi yang berhadapan langsung dengan pelanggan dalam sebuah platform terpadu.  

Versi terbaru Bigin meliputi pengenalan Team Pipelines, yang memungkinkan tim yang berhubungan langsung dengan pelanggan untuk mengelola operasi khusus mereka menggunakan satu set pipeline (saluran) dan sub pipeline yang berbeda dalam satu akun Bigin.

Baca Juga: Zoho One Pecahkan Rekor Pertumbuhan dan Momentum Pasar Kelas Atas

Penawaran kompetitif dari yang lain sering kali hanya melayani satu fungsi seperti penjualan, sementara Bigin menawarkan solusi yang efisien bagi semua tim yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Fitur-fitur baru ini menghimpun operasi pelanggan dalam satu tempat, dan memungkinkan penyelarasan dan kolaborasi yang lebih erat antar individu dan tim tanpa mengorbankan kesederhanaan yang membuat Bigin lebih menonjol.  

"Bisnis kecil menghadapi tantangan dalam memilih teknologi yang tepat untuk mengelola operasi yang berhubungan dengan pelanggan akibat kendala terkait waktu, biaya, dan implementasi perangkat lunak," ujar Gibu Mathew, VP dan GM Zoho Asia-Pasifik. 

Baca Juga: Terus Tumbuh, Zoho Capai 80 Juta Pengguna

"Bigin merupakan satu-satunya solusi yang menyatukan operasional pelanggan seperti penjualan, orientasi, pengiriman, pelatihan, dukungan advokasi, dan banyak lagi dalam satu antarmuka yang intuitif, yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk siap digunakan. Dengan menyatukan semua aspek operasi pelanggan ke dalam satu tampilan, Bigin memungkinkan bisnis kecil memiliki pemahaman terkait perjalanan pelanggan dengan lebih akurat. Wawasan ini membantu mereka menarik dan mempertahankan pelanggan, yang pada akhirnya akan mengembangkan bisnis tersebut. Adopsi Bigin yang berkembang pesat menunjukkan meningkatnya selera bisnis kecil yang menginginkan dan membutuhkan teknologi CRM sesuai dengan kebutuhan khusus mereka, sehingga dapat membantu mereka berpindah dari spreadsheet yang konvensional." lanjutnya.

Pembaruan Produk Utama

  • Team Pipelines: Fitur tambahan yang paling signifikan pada Bigin, Team Pipelines, menyatukan berbagai operasi pelanggan ke dalam satu tampilan 360 derajat. Bisnis dapat menghubungkan proses operasi pelanggan yang pokok seperti manajemen transaksi, orientasi, pengiriman, pelatihan, manajemen tiket, permintaan pengembalian dana, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, fitur ini dapat memastikan usaha kecil mengelola proses harian mereka dengan lebih mudah. Bisnis saat ini dapat memanfaatkan teknologi CRM lengkap yang bekerja melebihi manajemen penjualan serta menawarkan satu sumber kebenaran dalam menganalisis data pelanggan.    
  • Connected Pipeline: Bersamaan dengan Team Pipelines, Bigin juga memperkenalkan satu cara baru untuk menghubungkan data pelanggan di berbagai proses. Dengan Connected Pipelines, bisnis dapat mengotomatiskan pergerakan data pelanggan di sepanjang saluran yang berbeda, memungkinkan mereka menghadirkan pengalaman pelanggan end-to-end yang mulus. Misalnya, setelah kesepakatan didapatkan, tim penjualan bisa mengotomatiskan pembuatan rekaman yang terhubung di saluran orientasi pelanggan. Dengan cara ini, bisnis dapat menghemat waktu saat memasukkan informasi pelanggan yang berulang dan memiliki banyak waktu untuk fokus pada percakapan pelanggan yang aktual.  
  • Toppings: Fungsionalitas tambahan dan integrasi pihak ketiga dapat ditambahkan sesuai permintaan guna memenuhi kebutuhan bisnis yang melampaui penawaran standar. Misalnya, topping 'Email-In' memastikan email yang dikirim ke alias email yang berbeda dalam suatu organisasi secara otomatis dipetakan ke catatan pelanggan yang relevan di setiap saluran. Demikian pula, topping 'File Cabinet' mengotomatiskan proses pengumpulan file di mana pengguna dapat mengelola semua dokumen mereka melalui tautan yang unik dan aman. 
  • Kapabilitas Selular: Menanggapi peningkatan adopsi aplikasi seluler Bigin, Zoho memastikan semua fitur baru tersedia di iOS, iPadOS, Android, dan macOS. Hal tersebut memberikan pengalaman karyawan yang mulus dan lebih ditingkatkan lagi dengan Dynamic Display baru yang membantu pengguna menyesuaikan tampilan, gaya, dan visibilitas catatan dalam saluran mereka. Bigin juga baru-baru ini memperbarui aplikasinya untuk peluncuran Apple's iOS16 dan Samsung Galaxy Z Fold 4, di mana Bigin menjadi mitra peluncuran eksklusif. 
  • Pusat Pengembang : Bigin saat ini membuka platform pengembangnya ke jaringan pengembang dan mitra aplikasi global yang ingin menciptakan solusi khusus untuk kebutuhan bisnis yang unik. Dengan berbagai alat dan komponen pengembang seperti bidang khusus, tombol, tautan, widget, daftar terkait, dan REST API, pengembang dapat membuat Topping baru yang dapat dimonetisasi di Bigin Marketplace

Harga 

Baca Juga: Zoho Marketing Plus, Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Bigin dari Zoho CRM mulai dari 7 dolar AS /pengguna/bulan (ditagih setiap tahun) untuk edisi Express, dan 12 dolar AS /pengguna/bulan (ditagih setiap tahun) untuk edisi Premier. Ada juga edisi gratis yang tersedia. 

Berita Terkait

TERKINI

Muncul Error ERR099 saat lapor SPT secara online? Ini yang harus kamu lakukan untuk mengatasinya.
internet | 07:31 WIB
Berikut adalah link live streaming sidang isbat, tinggal klik biar Anda tak ketinggalan info.
internet | 20:19 WIB
Video tersebut diambil saat Tiara Andini manggung pada event Love Music Festival 2023 yang digelar di Qubu Resort Pontianak, Kalimantan Barat.
internet | 19:26 WIB
Sayangnya unggahan Kiky Saputri mendapat komentar yang kurang baik dari netizen yang mengaku sebagai BLINK, fans atau fandom dari girl group BLACKPINK.
internet | 19:18 WIB
Kabar tak sedap yang dialami oleh Alshad, ternyata juga menyeret nama selebritis lainnya, Denny Sumargo.
internet | 19:10 WIB
Bule ini nampak tak terima dan memarahi Pecalang.
internet | 16:01 WIB
Paket bundling menghadirkan kuota data yang bervariasi dari 800 MB hingga 2 GB.
internet | 15:41 WIB
Dengan jutaan view, berapa perkiraan penghasilan YouTube Alshad Ahmad dari iklan AdSense?
internet | 14:46 WIB
Dengan kerja sama antara Planet Ban dan Gojek ini, akan menghadirkan program khusus mitra driver GoRide dan mitra driver GoCar.
internet | 14:19 WIB
Sebelumnya Amazon telah PHK massal 18.000 karyawan, kini tambah lagi sampai 9.000 karyawan.
internet | 11:30 WIB
Smartfren mengumumkan telah lulus uji ULO dan SKLO dari Kominfo untuk memasarkan layanan 5G.
internet | 08:09 WIB
Beredar kabar bahwa Presiden Jokowi memecat Prabowodari jabatannya sebagai Menteri Pertahanan.
internet | 19:38 WIB
Megawati menyebut warga negara Indonesia harus kasihan dengan Presiden Jokowi yang badannya makin kering dan kurus karena memikirkan negara.
internet | 19:32 WIB
Alshad Ahmad dikenal sebagai seorang YouTuber yang kerap berbagi kesehariannya bersama sejumlah binatang peliharaannya.
internet | 19:04 WIB
YouTuber Alshad Ahmad menuai sorotan dari netizen usai dirinya dituding hamili mantan pacar, Nissa Asyifa.
internet | 18:52 WIB
Sudah dua kali Menkominfo Johnny G Platebolak-balik ke kantor Kejaksaan Agung RI, dalam sebulan terakhir.
internet | 16:23 WIB
Dukungan VIDA pada transformasi digital BPR ini sejalan dengansalah satu prioritas pemerintah demi mencapai target inklusi keuangan 2024.
internet | 15:24 WIB
Cari ccapan selamat Hari Raya Nyepi 2023 Tahun Baru Saka 1945, cek berikut ini ada yang bisa jadi inspirasi.
internet | 11:46 WIB
Tampilkan lebih banyak