Zoho Meluncurkan Fitur Blended Conversations, Sajikan Pengalaman Pesan Kontekstual

Fitur baru Blended Conversations yang mengombinasikan manusia dengan kemampuan bot dalam memberikan suatu pengalaman layanan percakapan.

Agung Pratnyawan
Selasa, 20 Desember 2022 | 18:25 WIB
Zoho Desk dapatkan fitur Blended Conversations. (Zoho)

Zoho Desk dapatkan fitur Blended Conversations. (Zoho)

Hitekno.com - Zoho Corporation resmi mengumumkan alat baru dalam Zoho Desk. Yakni hadirnya fitur baru Blended Conversations yang diklaim menghadirkan pengalaman komunikasi lebih kontekstual dunia profesional.

Fitur baru Blended Conversations yang mengombinasikan manusia dengan kemampuan bot dalam memberikan suatu pengalaman layanan percakapan. Selain itu, Zoho menghadirkan pula beberapa penyempurnaan pada antarmuka pengguna (user interface).

Perkembangan ini memungkinkan agen layanan pelanggan meningkatkan keterlibatan dan menyajikan pengalaman pelanggan yang lebih tinggi, menghilangkan gaya kerja berbasis dugaan tanpa data dan secara drastis meminimalkan friksi yang sering mengakibatkan pengalaman pelanggan yang buruk.

Baca Juga: Zoho One Pecahkan Rekor Pertumbuhan dan Momentum Pasar Kelas Atas

"Selama masa ekonomi yang menantang ini, perusahaan-perusahaan terbaik berusaha meningkatkan retensi pelanggannya sekaligus mencoba banyak hal dengan usaha minimal," ujar Gibu Mathew, VP dan GM, Zoho kawasan Asia-Pasifik.

"Pengalaman layanan yang baik akan mengatasi hal tersebut dengan membentuk landasan keberlanjutan dalam melewati  penurunan ekonomi. Blended Conversations di Zoho Desk mengatasi hal ini secara tepat dengan menggabungkan agen manusia dan bot secara cerdas sekaligus mengurangi friksi, frustrasi, dan biaya layanan." lanjutnya.

Fitur baru Blended Conversations di platform Zoho Desk memungkinkan agen layanan pelanggan menghadirkan pengalaman dengan melimpahkan sebagian besar tugas manual dan yang bersifat transaksional ke mesin bot, sembari tetap mengawasi pengalaman layanan secara keseluruhan.

Baca Juga: Zoho Creator Roadshow Jakarta 2022, Kapan Digelar?

Dengan implementasi cepat dan mudah tanpa bantuan eksternal, Zoho Desk memungkinkan Brand (Jenama) meningkatkan pengalaman layanan percakapan mereka melalui produktivitas agen yang lebih tinggi tanpa mengorbankan kualitas CX (Costumer Experience; Pengalaman Pelanggan).

Pengalaman ini adalah puncak dari Instant Messaging (IM) Framework dan Guided Conversations Zoho, platform pembuat pengalaman layanan mandiri berbasis teknologi low-code.

IM Framework memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan layanan per pesanan apa pun dengan Zoho Desk, dan sudah terintegrasi sebelumnya dengan layanan seperti WhatsApp, Telegram, Line, WeChat, Messenger, dan Instagram.

Baca Juga: Terus Tumbuh, Zoho Capai 80 Juta Pengguna

Percakapan Terpandu di Zoho Desk memungkinkan penggunanya membangun alur layanan mandiri yang kuat dan berguna di sepanjang perjalanan pelanggan, dan membantu pelanggan menjaga hubungan dengan organisasi dengan cepat dan aman.

Ini menawarkan kolaborasi dan integrasi yang lebih erat kepada tim layanan dengan aplikasi pemasaran lainnya buatan Zoho tanpa biaya tambahan, misalnya Zoho's CX Platform Zoho CRM Plus.

Selain Blended Conversations, Zoho juga mengumumkan perombakan teknologi antarmuka pengguna agar jadi lebih sederhana, lebih cepat, dan lebih mudah diakses oleh pengguna dengan berbagai kebutuhan yang berbeda.

Baca Juga: Zoho Marketing Plus, Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Ini adalah sebuah langkah besar Zoho untuk meningkatkan aksesibilitas digital hingga bagi lebih banyak orang. Pembaruan tersebut mencakup opsi untuk mendukung pengguna yang memiliki beberapa keterbatasan seperti tantangan kognitif dan disleksia; gangguan penglihatan termasuk astigmatisme; pengurangan animasi bagi mereka yang mengalami gangguan kejang; kemampuan kustomisasi untuk mereka yang  buta warna.

Zoho terus membangun sistem pengalaman yang berfokus pada setiap aspek perjalanan pelanggan, sehingga memberikan kemampuan yang lebih besar kepada setiap pemangku kepentingan untuk menambah nilai pengalaman pelanggan, mulai dari merencanakan dan menciptakan beragam pengalaman pelanggan hingga mengembangkannya di masa depan.

Penawaran platform pengalaman pelanggan dari Zoho membantu seluruh organisasi mengaktifkan produktivitas karyawan, meningkatkan kolaborasi antar pemangku kepentingan, dan meningkatkan kesuksesan pelanggan.

Secara khusus, pendekatan omnichannel terintegrasi dari Zoho Desk mendukung seluruh tim layanan untuk terhubung dengan pelanggan, dan sebaliknya. Dari sisi bisnis, hal tersebut memungkinkan konsistensi dan keandalan yang berkualitas tinggi.

Pada gilirannya, pelanggan memiliki pengalaman end-to-end secara keseluruhan yang lebih baik dengan brand tersebut, sehingga nantinya mendorong loyalitas dan kepercayaan.

"Saat kami melihat peningkatan interaksi melalui berbagai saluran, penting bagi kami untuk mengandalkan Zoho Desk guna membantu agen kami menghubungkan potensi dan bertemu pelanggan dalam bentuk komunikasi apa pun yang mereka sukai," kata Kyle Kurdle, Global Vice President, Service Delivery di Shiji Group, penyedia tech stack modern untuk brand di industri perhotelan.

"Pembaruan Zoho Desk baru-baru ini, termasuk UI (User Interface) yang mengesankan dan intuitif, memungkinkan agen kami menjawab pertanyaan atau masalah dengan cepat dan akurat guna meminimalkan gangguan operasional apa pun bagi pelanggan merek kami. Ini berarti memberikan bantuan multibahasa setiap hari (24/7/365). Potensi keuntungan dari Blended Conversations inipun tinggi." imbuhnya.

"Pengadopsian Zoho Desk berjalan sangat lancar karena tim pelaksana sangat memahami produk dan dapat menyelesaikan penyiapan adopsi dengan cepat. Tim saya dapat menggunakan informasi yang dikumpulkan di platform untuk melihat masalah lebih dekat. Dengan meringkas permasalahan teratas setiap bulan, kami berfokus pada penyelesaian masalah dengan maksud untuk mengurangi frekuensi munculnya masalah dalam jangka panjang. Zoho Desk mudah digunakan dan dapat dikustom sesuai kebutuhan. Bisnis yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan dan menindaklanjuti kekayaan data dari sistem akan menganggap Zoho Desk sebagai alat penting untuk meningkatkan proses bisnis mereka," ujar Earl Ferrer, Wakil Presiden Pertama - Transformasi Digital untuk Pioneer Insurance di Manila.

Harga

Harga Zoho Desk mulai dari 14 dolar AS per pengguna per bulan (ditagih setiap tahun) untuk Edisi Standard hingga 40 dolar AS per pengguna per bulan (ditagih setiap tahun) untuk Edisi Entreprise.

Zoho juga menghadirkan edisi baru yang disebut Edisi Ekspress dengan harga 7 dolar AS per pengguna per bulan (ditagih setiap tahun). Edisi ini ditujukan bagi startup dan usaha kecil yang ingin lebih baik dengan melompat ke platform layanan pelanggan alih-alih menggunakan spreadsheet dan klien email untuk melayani pelanggan.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak