Kaleidoskop 2022: Ini 9 Perusahaan Teknologi yang Lakukan PHK Besar-besaran

Berikut adalah sederet perusahaan teknologi ternama yang terpaksa lakukan PHK besar-besaran akibat krisis ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Cesar Uji Tawakal
Jum'at, 16 Desember 2022 | 20:45 WIB
Ilustrasi teknologi. (medium.com)

Ilustrasi teknologi. (medium.com)

Hitekno.com - Perusahaan teknologi telah menjadi sorotan berita utama pada tahun 2022. Selain pergumulan hukum atas akuisisi dan pelanggaran data yang tak ada habisnya, beberapa perusahaan juga melakukan PHK. Tidak banyak perusahaan teknologi besar yang lolos dari redudansi dalam setahun terakhir, sebagian telah memangkas staf, beberapa di antaranya lebih dari sekali.

Hal ini juga didorong karena ketakutan resesi yang terus-menerus, kenaikan suku bunga, dan pergeseran kembali ke gaya hidup pra-pandemi telah memukul industri ini. Penurunan telah membuat saham jatuh dan perusahaan terguncang. Sejumlah pendukung industri telah memangkas puluhan ribu pekerja gabungan dalam upaya memangkas biaya.

Tak hanya di dalam negeri, PHK besar-besaran juga melanda perusahaan teknologi dunia. Berikut deretan perusahaan teknologi yang lakukan PHK di 2022 seperti HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: 8 Situs Media Sosial yang Jadi Ladang Pencurian Data Pengguna, Begini Cara Periksanya

1. GoTo

GoTo memutuskan untuk merampingkan 1.300 karyawan. Karyawan yang terdampak dari kebijakan ini akan mendapat paket kompensasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan di tiap negara di mana GoTo beroperasi.

2. Ruangguru

Baca Juga: Badai Petir Bikin Sinyal Ponsel Terganggu? Begini Hasil Uji Coba dari Xiaomi

Sama seperti GoTo, Ruangguru juga melakukan PHK terhadap ratusan pegawainya. Hal ini Informasi itu diumumkan oleh Tim Corporate Communication Ruangguru.

3. Meta

CEO Meta Mark Zuckerberg minggu lalu mengumumkan bahwa perusahaan akan memberhentikan sekitar 11.000 karyawan - diperkirakan 13% dari tenaga kerjanya. Meta melaporkan penurunan penjualan selama dua kuartal berturut-turut bulan lalu, karena perusahaan bersaing dengan penurunan luas dalam belanja iklan online dan meningkatnya persaingan dari TikTok. Saham perusahaan anjlok sekitar 65% tahun ini

Baca Juga: Krisis di Zhengzhou, Apple akan Tinggalkan China?

4. Twitter

Beberapa hari setelah Elon Musk mengakuisisi Twitter, perusahaan memulai melakukan PHK yang akan memangkas sekitar setengah dari 7.500 tenaga kerjanya. Mereka yang di-PHK akan tetap dipekerjakan oleh Twitter dan menerima kompensasi dan tunjangan hingga minggu pertama Januari 2023, meskipun tanggalnya mungkin berbeda untuk karyawan.

Karyawan yang terkena dampak sudah dikunci dari sistem Twitter mereka, seperti email dan Slack. Musk, yang mengatakan dia membayar lebih untuk platform tersebut dengan harga pembelian $44 miliar, menghadapi tekanan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Awal bulan ini, dia mengatakan perusahaan merugi $4 juta setiap hari.

5. Amazon

Amazon akan memberhentikan sekitar 10.000 pekerja, menandai PHK terbesar dalam sejarah perusahaan dan kehilangan karyawan terbaru dalam industri teknologi yang babak belur. Jumlah pemotongan kurang dari 1% dari 1,5 juta pekerja perusahaan di seluruh dunia.

Pemotongan akan dikonsentrasikan di departemen Amazon yang berspesialisasi dalam perangkat, seperti Alexa dengan bantuan suara, ritel dan sumber daya manusia. Saham di Amazon turun 18% tahun ini. Penghasilan kuartal ketiga yang dirilis oleh Amazon bulan lalu jauh dari ekspektasi analis untuk pendapatan, membuat saham turun 13% dalam perdagangan yang diperpanjang pada hari pengumuman.

6. Microsoft

Microsoft bulan lalu mengumumkan PHK untuk hampir 1.000 karyawan di seluruh dunia. Meskipun signifikan, kehilangan pekerjaan mempengaruhi kurang dari setengah dari 1% dari 221.000 karyawan perusahaan di seluruh dunia. PHK terjadi di berbagai posisi, level, dan wilayah geografis.

7. HP

HP mengumumkan rencananya untuk memangkas antara 4.000 hingga 6.000 karyawan selama tiga tahun ke depan. Dalam sebuah pernyataan, perusahaan menyatakan bahwa "Rencana Transformasi Siap Masa Depan, memperkirakan penghematan biaya laju lari kotor tahunan setidaknya $1,4 miliar pada akhir tahun fiskal 2025, dan restrukturisasi serta biaya lain sekitar $1,0 miliar."

HP menyalahkan penjualan PC yang buruk, yang meningkat tajam selama pandemi, tetapi tetap mengalami penurunan.

8. Cisco

Meskipun mengumumkan peningkatan pendapatan sebesar 6% dalam laporan pendapatan kuartal pertama dibandingkan tahun lalu, Cisco mengumumkan akan memangkas 4.000 dari 83.000 tenaga kerjanya. Perusahaan menunjuk ke sejumlah posisi baru yang telah dibuka di area baru, dan menyatakan akan bekerja keras untuk mencocokkan karyawan yang terkena PHK ke posisi baru ini.

9. Intel

Menghadapi penurunan penjualan yang serius, telah dilaporkan bahwa Intel akan segera melakukan pemutusan hubungan kerja yang luas, berpotensi memangkas jumlah karyawannya hingga 20%. Perusahaan telah menurunkan perkiraan penjualannya untuk tahun 2022 sebesar $10 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

Itulah deretan perusahaan teknologi yang melakukan PHK besar-besaran di 2022.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak