Bikin Prihatin, Rumah Ibadah Mendadak Sepi seusai Semua Pengurus Terciduk Pakai Narkoba

Absennya para pengurus dan pemuka agama membuat warga bingung saat mau beribadah di tempat tersebut.

Cesar Uji Tawakal
Rabu, 30 November 2022 | 17:38 WIB
Ilustrasi TKP. (Pexels)

Ilustrasi TKP. (Pexels)

Hitekno.com - Pada saat banyak orang mengunjungi kuil dan tempat ibadah untuk ketenangan pikiran dan jiwa, kuil Thailand  malah kosong.

Empat biksu, termasuk kepala biara, dinyatakan positif metamfetamin dan akhirnya dibebaskan, menurut laporan NewsBytes dikutip dari Suara.com, Rabu (30/11/2022).

Lazimnya, biksu atau sebagai orang yang menjalani kehidupan monastik sendirian. Namun tidak demikian di vihara Buddha ini.

Baca Juga: Niatnya Bikin Meriah, Asap di Pernikahan Ini Malah Membuat Tamu Keluar

Seluruh biksu di kuil Buddha di distrik Bung Sam Phan dekat provinsi Phetchabun, Thailand tengah, menjalani tes urin pada Senin (28/11/2022) waktu setempat.

Urinalisis dilakukan setelah banyak penggerebekan oleh petugas kesehatan dan polisi. Sayangnya, hasil tes urin para biksu itu menunjukkan positif obat-obatan terlarang, sehingga mereka akhirnya dikeluarkan dari tarekat.

Ilustrasi obat-obatan. (Pixabay/ Arek Socha)
Ilustrasi obat-obatan. (Pixabay/ Arek Socha)

Pejabat distrik lokal Boonrath Singthaptai mengatakan keempat biksu, termasuk kepala biara, dinyatakan positif metamfetamin selama penggerebekan di sebuah kuil di distrik Bunsamphan.

Baca Juga: Lihat Pria Gondrong Sedang Belanja ke Warung, Netizen: Luka Modric Saat Gaji Masih di Bawah UMR

Pejabat juga mengumumkan bahwa para biksu telah dikirim ke pusat kesehatan masyarakat untuk rehabilitasi mengatasi kecanduan narkoba.

Namun, menurut Sinthaptai, kuil itu kosong tanpa biksu dan penduduk setempat takut bahwa mereka tidak akan dapat beribadah atau melakukan perbuatan baik.

"Saat ini tidak ada biksu di vihara. Penduduk desa tetangga khawatir mereka tidak dapat mengumpulkan pahala," kata seorang pejabat distrik.

Baca Juga: Cara Download APK Sigma Battle Royale Setelah Lenyap dari Google Play Store

Penduduk setempat mengandalkan para biksu ini untuk upacara keagamaan, menurut laporan. Penduduk desa juga menyatakan keprihatinan tentang siapa yang akan menjaga kuil dan merawat 10 anjing dan kucing yang tinggal di sana.

Sebagai hasilnya, Thintapthai meminta bantuan kepala biara distrik Bung Sam Phan, yang segera menugaskan beberapa biksu baru ke wihara tersebut.

Bukan kasus pertama di Thailand

Kasus ini sepertinya ini bukan pertama kalinya terjadi di negara tersebut. Pada awal Juli 2013, 31 biksu Negeri Gajah Putih harus diusir dari vihara setelah diketahui menggunakan narkoba.

Ilustrasi penyalahgunaan obat-obatan terlarang. (Pexels)
Ilustrasi penyalahgunaan obat-obatan terlarang. (Pexels)

Insiden tersebut merupakan skandal terbaru yang menimpa para biksu di Thailand pada saat itu.

Salah satu kepala biara dituduh sebagai pengedar narkoba setelah tes urin acak dari beberapa biara di distrik Bangmo provinsi Saraburi mengungkapkan bahwa para biksu menggunakan methamphetamine.

Biksu Thailand telah terlibat dalam beberapa skandal skandal. Media Thailand sering melaporkan kasus narkoba, mabuk, perjudian, dan prostitusi yang melibatkan penganut agama tersebut.

Tiga biksu terbang dengan jet pribadi mewah mengenakan kacamata hitam dan membawa tas Louis Vuitton yang mahal sebelum insiden tahun 2013 di mana 31 biksu ditemukan kecanduan narkoba.

Salah satu dari tiga biksu, Luang Pu Nen Kham, bahkan diinvestigasi sehubungan dengan kasus seks dengan anak di bawah umur, penggelapan pajak, kepemilikan narkoba, dan pencucian uang. Saat itu, Departemen Investigasi Khusus Kementerian Kehakiman Thailand mengumumkan.

 

Suara.com/Bangun Santoso

Berita Terkait

TERKINI

The Glass Room: Misinformation Edition dikembangkan oleh LSM internasional Tactical Tech yang berbasis di Berlin.
internet | 09:58 WIB
PANDI akan terus menggenjot pertumbuhan nama domain .ID khususnya domain BIZ.ID yaitu salah satunya dengan cara melakukan penurunan harga.
internet | 09:50 WIB
Makin banyak opsi cara bayar tagihan internet, berikut ini bagaimana cara bayar tagihan internet di Kantor Pos.
internet | 07:36 WIB
Bocornya penampakan layar ponselnya Dian Sastro terjadi ketika dia memperlihatkan video dari Srikandi Vokasi kepada Vincent dan Desta.
internet | 18:10 WIB
Atta Halilintar menduduki posisi pertama dan dibawahnya diikuti oleh channel YouTube milik Raffi Ahmad serta Denny Sumargo.
internet | 18:02 WIB
Saat akan memotongnya, netizen ini melongo usai tahu bahwa bagian dalam kue ulang tahun tersebut bukanlah kue tart pada umumnya.
internet | 15:45 WIB
Kehadiran ChatGPT Open AI dikhawatirkan akan menjadi kematian Google di masa yang akan datang.
internet | 17:01 WIB
Gadis tersebut bertanya sambil mencondongkan bagian depan tubuhnya seakan ingin menempel dengan tubuh driver ojol.
internet | 16:24 WIB
Payback, drama Korea penuh aksi yang sudah mulai masa penayangannya. Tonton melalui link ini.
internet | 15:36 WIB
Prabowo muda nampak necis dengan kemeja berwarna gelap, celana khaki yang membuatnya terlihat begitu rapi.
internet | 13:56 WIB
New Primagama X Danamon Mencari Juara merupakan program yang bertujuan untuk menguji kemampuan siswa-siswi dengan soal-soal berstandar olimpiade.
internet | 12:19 WIB
Hacker retas website PPID Kominfo Magelang hingga mengubahnya jadi situs judi online.
internet | 07:52 WIB
Yup kamu bisa langganan HBO GO dengan memakai pulsa Telkomsel, pastinya jadi bisa nonton The Last of Us.
internet | 07:43 WIB
Siap-siap Ketagihan, First Media Sekarang Punya Rasa yang Berbeda dengan Kecepatan Internet hingga Lima Kali Lebih Kencang
internet | 20:21 WIB
Polisi dalam video berdurasi 1 menit 19 detik itu adalah Bripka Rahmat Hidayad, Banit Kamsel Satlantas Polres Bireuen, Polda Aceh.
internet | 17:24 WIB
Pada video yang kini viral di media sosial Tiktok tersebut, tampak tukang cukur langganan Rafathar yang tengah digoda teman-temannya.
internet | 17:18 WIB
"Buset gajinya udah kayak direktur," kata netizen.
internet | 16:05 WIB
Suasana jadul yang kental dengan tahun 1940 lalu ini begitu terasa di foto jadul tersebut.
internet | 15:03 WIB
Tampilkan lebih banyak