Bobol Aplikasi Terenkripsi, Penegak Hukum Berhasil Bongkar Sindikat Narkoba, 30 Ton Obat Terlarang Disita

Pihak berwenang menangkap 49 orang dalam penggerebekan narkoba besar-besaran yang mengakibatkan penyitaan 30 ton obat terlarang.

Cesar Uji Tawakal
Selasa, 29 November 2022 | 21:18 WIB
Ilustrasi TKP. (Pexels)

Ilustrasi TKP. (Pexels)

Hitekno.com - Produsen ponsel terenkripsi telah menjadi target pihak berwenang baru-baru ini, termasuk Phantom Secure, SKY Global, dan Encrochat.

Pihak berwenang Europol menangkap 49 orang dalam penggerebekan narkoba besar-besaran yang mengakibatkan penyitaan 30 ton, atau lebih dari 66.138 pon kokain menggunakan peretasan layanan telepon terenkripsi SKY Global pada tahun 2021.

Dilansir dari Sputnik News, pihak berwenang telah merinci bahwa enam target "bernilai tinggi" ditangkap di Dubai, dua di antaranya adalah warga negara negara itu.

Baca Juga: 5 Manfaat Pakai QRIS dan Terima GoPay Buat Usaha, Apa Saja?

Tersangka yang tersisa adalah warga negara Prancis, Spanyol, dan Belanda.

Di tempat lain, 10 tersangka ditangkap di Belgia, enam di Prancis, dan 13 di Spanyol. 14 orang lainnya telah ditangkap di Belanda pada tahun 2021 sebagai bagian dari penyelidikan yang sama.

Pihak berwenang mengatakan terdakwa adalah bagian dari operasi narkoba internasional yang mereka gambarkan sebagai "kartel super."

Baca Juga: Cara Main Fantasy Team di Vidio Edisi Piala Dunia 2022, Berhadiah Puluhan Juta Rupiah!

Mereka mengatakan organisasi itu mengendalikan sekitar sepertiga dari perdagangan kokain di Eropa.

"Skala impor kokain ke Eropa di bawah kendali dan komando para tersangka sangat besar dan lebih dari 30 ton narkoba disita oleh penegak hukum selama penyelidikan," kata Europol dalam sebuah pernyataan.

Tidak jelas apakah 30 metrik ton kokain yang disita termasuk 17 metrik ton yang disita di Belanda pada tahun 2021 atau apakah ini adalah penyitaan yang sama sekali baru sebesar 30 metrik ton.

Baca Juga: Perusahaan Afsel Caplok Produsen Bahan Kimia Finlandia, Siap Pasok 15 Ribu Ton Lithium Hidroksida

Salah satu tersangka yang ditangkap di Dubai digambarkan sebagai "ikan yang sangat besar".

Keberhasilan operasi bergantung pada pihak berwenang yang meretas SKY Global ECC, aplikasi perpesanan enkripsi ujung ke ujung yang aman yang digunakan oleh organisasi kriminal tersebut.

Organisasi sangat mempercayai aplikasi tersebut sehingga polisi mengatakan mereka menggunakannya untuk mengirim gambar penyiksaan dan keuangan internal organisasi.

SKY Global adalah perusahaan yang berbasis di Kanada yang menawarkan pesan aman bagi penggunanya dan ponsel yang dimodifikasi untuk mematikan mikrofon, kamera, dan unit GPS mereka.

Pihak berwenang mengatakan mereka mengambil alih server SKY ECC pada tahun 2021 dan menggunakannya untuk menyusup ke geng kriminal.

CEO Sky Global Jean-François Eap didakwa atas konspirasi untuk melanggar undang-undang RICO.

Departemen Kehakiman AS mengatakan layanan perusahaan itu "dirancang khusus untuk mencegah penegak hukum secara aktif memantau komunikasi antara anggota organisasi kriminal transnasional yang terlibat dalam perdagangan narkoba dan pencucian uang."

Eap menyebut tuduhan itu salah dan mengatakan perusahaannya menjadi sasaran untuk melindungi "hak fundamental pengguna atas privasi."

Pada saat dakwaannya, FBI mengatakan ada lebih dari 70.000 ponsel SKY Global yang digunakan di seluruh dunia. Eap telah menggugat pemerintah federal karena menyita domain internetnya.

Kedua kasus sedang berlangsung dan Eap belum diekstradisi dari Kanada ke Amerika Serikat untuk persidangannya.

Penangkapan itu terjadi hanya beberapa minggu setelah otoritas Spanyol menangkap 13 orang di tiga kota setelah 1.539 pon kokain ditemukan dalam sebuah kontainer pengiriman di Valencia.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak