Heboh Situs presiden.go.id Belum Bayar Sewa Domain, Begini Tanggapan Kominfo

Tampilan peringatan di situs presiden.go.id menghebohkan netizen di media sosial.

Rezza Dwi Rachmanta
Jum'at, 25 November 2022 | 15:11 WIB
Situs presiden.go.id tak bisa diakses pada 23 dan 24 November 2022. (istimewa)

Situs presiden.go.id tak bisa diakses pada 23 dan 24 November 2022. (istimewa)

Hitekno.com - Netizen di media sosial heboh setelah mengetahui bahwa situs presiden.go.id tak bisa diakses. Salah satu lembaga riset siber sebelumnya menyebutkan bahwa situs tersebut tak bisa diakses karena belum membayar sewa domain.

"Maaf, situs yang Anda coba akses saat ini tersedia karena sedang dalam proses penyelesaian pembayaran sewa nama domain," bunyi keterangan pada situs presiden.go.id saat diakses beberapa waktu lalu.

Baca Juga: - Kode Rahasia iPhone yang Wajib Kamu Ketahui - Link Live Streaming Piala Dunia 2022: Wales vs Iran, Penentuan Nasib di Grup B! - Customer Curhat Akun TikTok Kena Stalking Driver Taksi Online, Netizen Malah Geram Karena Hal Ini

Netizen lantas melakukan screenshot dan membahas hal tersebut di Twitter. "Lupa perpanjang domain presiden.go.id. Lawak kali negeri kalian (emoticon tertawa)," kata @m**aw*p.

"Ada 2 situs ternyata, yang satu nggak diperpanjang hostingnya tapi sama registry-nya nggak dibuat redirect ke situs yang dipertahankan. Kominfo pelanggaran. Atau Kominfo kehilangan akses ke Control panel presiden.go.id," pendapat @bl**k0*29.

"Wkwkwk presiden.go.id kelupaan bayar perpanjangan nama domain," ungkap @NOT**LI**OY.

Ilustrasi Kominfo. (kominfo.go.id)
Ilustrasi Kominfo. (kominfo.go.id)

Ketua Lembaga Riset Siber Indonesia CISSReC Pratama Persadha sebelumnya menjelaskan bahwa ini termasuk memalukan apabila situs ini tak bisa dibuka karena alasan belum bayar sewa domain.

Pemilik situs dan pengelola presiden.go.id belum diketahui publik. Situs resmi Presiden Republik Indonesia sendiri bisa diakses melalui presidenri.go.id, bukan presiden.go.id.

Dikutip dari Suara.com, ketua CISSReC Pratama Persadha mengatakan bahwa jika situs itu milik pemerintah atau lembaga presiden, maka insiden ini sangat memalukan.

Setelah pembahasan tersebut menghebohkan media sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akhirnya angkat bicara.

Situs resmi Presiden Republik Indonesia. (presidenri.go.id)
Situs resmi Presiden Republik Indonesia. (presidenri.go.id)

Melalui siaran pers bernomor "521/HM/KOMINFO/11/2022", Kominfo mengungkap bahwa nama domain presiden.go.id bukan merupakan domain situs resmi Presiden RI saat ini.

Nama domain memang pernah diajukan untuk dibuka pada beberapa tahun lalu, namun telah kedaluwarsa atau expired. Itu membuat situs tersebut tak pernah digunakan sejak April 2016.

Kominfo menegaskan bahwa situs resmi Presiden Republik Indonesia (RI) saat ini memiliki nama domain presidenri.go.id dan tidak ada nama domain lain.

"Nama domain presiden.go.id bukan merupakan domain situs resmi Presiden RI saat ini. Nama domain itu pernah diajukan untuk dibuka pada 29 April 2015, namun telah kedaluwarsa (expired) terhitung tanggal 29 April 2016 karena tidak pernah digunakan. Karena tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka nama domain tersebut telah ditangguhkan (suspended) sejak 7 September 2021. Dengan demikian, penangguhan atas nama domain presiden.go.id bukanlah hal yang baru," bunyi keterangan pada siaran pers Kominfo.

Kominfo sudah menghapus nama domain presiden.go.id agar tak menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat.

Berita Terkait

TERKINI

Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Meski usaia kandungan sudah lima bulan, Nella Kharisma tetap nekat Pargoy.
internet | 11:45 WIB
Untuk pembelian Kids Combo, pelanggan malah akan mendapat buku alih-alih mainan.
internet | 19:55 WIB
Der Leyen menyatakan dalam sebuah video yang diterbitkan di Twitter bahwa lebih dari 100.000 perwira militer Ukraina telah terbunuh.
internet | 19:49 WIB
"Detik-detik terciptanya anak sultan," kata netizen.
internet | 17:55 WIB
Lukaku nampak kecewa dan menangis karena tak bisa mencetak gol.
internet | 16:26 WIB
Pintu anti mainstream ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 15:55 WIB
Meme Lukaku beredar viral di media sosial.
internet | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak