WordCamp Indonesia 2022 Siap Digelar di Gresik

Event WordCamp merupakan pertemuan komunitas WordPress dalam skala nasional yang juga diadakan di beberapa negara lain di dunia.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 04 November 2022 | 09:37 WIB
Komitmen ke Komunitas WordPress Niagahoster Rilis Wapuu Ranger. (Niagahoster)

Komitmen ke Komunitas WordPress Niagahoster Rilis Wapuu Ranger. (Niagahoster)

Hitekno.com - Setelah vakum selama 2 tahun karena pandemi, akhirnya WordCamp Indonesia kembali digelar. Hadir dengan nama baru, event berkumpulnya para pecinta WordPress mengganti namanya menjadi WordCamp Gresik 2022.

Gelaran WordCamp Gresik 2022 sendiri akan diselenggarakan pada 9-10 November 2022 di Aston Inn, Gresik. 

Sehingga, antusias peserta WordCamp tahun ini pun terbilang luar biasa. Dari target 350 peserta, saat ini kuota sudah terpenuhi sebanyak 85%.

Baca Juga: Dampingi Komunitas WordPress, Niagahoster Bantuk Wapuu Ranger

Event WordCamp merupakan pertemuan komunitas WordPress dalam skala nasional yang juga diadakan di beberapa negara lain di dunia.

Dengan pemilihan Kota Gresik sebagai lokasi WordCamp Indonesia tahun ini, harapannya peserta dari luar negeri akan tertarik untuk hadir karena budaya dan tempat wisata yang masih baru bagi mereka.

"Targetnya, setelah WordCamp Kathmandu, Nepal, peserta dari luar negeri akan tertarik untuk datang ke Indonesia juga. Kami mencoba menarik perhatian mereka dengan mengadakannya di Gresik yang masih jarang dieksplorasi wisatawan asing," jelas Lead Organizer WordCamp Gresik 2022, Sinar Hadi Wijaya, dalam wawancaranya dengan Niagahoster.

Baca Juga: 10 Kelebihan WordPress, Mudah untuk Membuat Website Sendiri

Event WordCamp Gresik 2022 tidak hanya menjangkau komunitas WordPress lokal dan global, melainkan juga komunitas lain. Seperti PHP ID, atau komunitas Javascript di setiap kota.

"Karena WordCamp Gresik 2022 akan dihadiri oleh 15 pembicara lokal dan internasional dengan pembahasan yang beragam, jadi berbagai komunitas lain juga bisa datang," lanjutnya.

Menjadi Wadah Interaksi Pecinta WordPress

Baca Juga: Kolaborasi Niagahoster dan Komunitas WordPress, Gelar Road to WordCamp 2022

Kolaborasi Niagahoster dan Komunitas WordPress, Gelar Road to WordCamp 2022. (Niagahoster)
Kolaborasi Niagahoster dan Komunitas WordPress, Gelar Road to WordCamp 2022. (Niagahoster)

WordCamp Gresik 2022 diperkirakan akan didominasi oleh para web developer maupun yang baru mengenal WordPress dan ingin mengetahui lebih banyak.

Uniknya, ujar Hadi, saat ini data menunjukkan 23% pendaftar merupakan new user. Tidak sedikit juga kontributor WordPress dan agency serta perusahaan yang berpartisipasi.

Hadi menambahkan, selama kekosongan event WordCamp saat pandemi, komunitas WordPress juga secara rutin mengadakan event online dan reaktivasi WordPress Meetup di setiap kota di Indonesia. Serta mengadakan event webinar dengan berbagai tema, hingga podcast, agar komunitas WordPress di Indonesia tetap aktif dan bisa saling terhubung.

Baca Juga: Gandeng IKA UM, Niagahoster Kembangkan WordPress Pro Course untuk Generasi Kekinian

"Dengan diadakannya kembali WordCamp, kita akan mempertemukan komunitas WordPress dan komunitas-komunitas IT lain dengan cakupan yang lebih luas. Sehingga, para peserta bisa memiliki koneksi lebih banyak. Tidak hanya menjalin relasi dengan pecinta dan pegiat WordPress dari Indonesia, tapi juga dari negara lain. Serta tidak terbatas pada relasi pertemanan saja, namun juga pekerjaan, bisnis, dan lainnya," kata Hadi.

Yang paling penting, lanjutnya, tentunya adalah mendapat insight dan informasi secara langsung dari narasumber yang ahli di bidangnya. Beberapa pembicara juga akan membawakan pembahasan yang lebih teknis dan amat bermanfaat dalam dunia WordPress.

"Sehingga sangat sayang untuk dilewatkan," ujarnya.

Dukungan dari Niagahoster untuk Komunitas WordPress

Sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting yang memiliki misi untuk membantu jutaan orang memanfaatkan potensi internet, Niagahoster juga selalu berusaha untuk hadir secara langsung dan mendukung serta berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan komunitas WordPress. 

Antara lain adalah dengan menjadi Gold Sponsor dalam WordCamp Gresik 2022, dan menginisiasi Road to WordCamp Gresik with Niagahoster pada Agustus 2022.

Hal tersebut merupakan bentuk kontribusi Niagahoster terhadap komunitas WordPress Indonesia dan Global, terutama dalam mendukung kesuksesan online masyarakat melalui platform website.

"Niagahoster menyadari WordPress merupakan CMS dengan pengguna terbesar di Indonesia. 82% pelanggan Niagahoster juga menggunakan WordPress. Sehingga, hampir seluruh produk Niagahoster juga didesain untuk mendukung pengguna WordPress sehingga websitenya bisa bekerja secara optimal," jelas Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Niagahoster.

Bentuk lain kontribusi Niagahoster pada komunitas WordPress adalah dengan meluncurkan maskot komunitas WordPress versi Niagahoster pada September 2022, dengan nama Wapuu Ranger.

Tentunya, Wapuu Ranger dan Niagahoster juga akan hadir di WordCamp Gresik pada 9-10 November 2022.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak