Jangan Sembarang Pilih Hosting, Bisa Bikin Website Tidak Optimal

Tidak cukup hanya bandwith dan storage, ada hal lain dari hosting yang mempengaruhi performa website.

Agung Pratnyawan
Rabu, 05 Oktober 2022 | 16:48 WIB
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

Hitekno.com - Buat kamu yang memiliki website atau sedang berencana membuatnya, jangan sembarang untuk memilih hosting. Karena pemilihan hosting akan berdampak pada performa website.

Lebih lanjut lagi, website yang kurang optimal akan menimbulkan banyak gangguan pada bisnis, termasuk banyaknya waktu yang dihabiskan untuk melakukan perbaikan, hingga pada akhirnya akan mengecewakan pelanggan.

Baca Juga: - Jadikan Pelanggan sebagai Inspirasi, Niagahoster Gelar Customer Meetup Secara Hybrid - Niagahoster: Kekuatan Marketing Campaign untuk Angkat UMKM - Tips Berkarir di Dunia IT Global dari Niagahoster - Niagahoster: Membangun Personal Branding dengan Living the Brand

Bisnis online, baik dalam skala besar maupun kecil, dapat terdampak cukup besar ketika website yang mereka miliki tidak bekerja secara optimal. Sehingga, memiliki website yang baik bukan lagi sebuah pilihan, melainkan suatu keharusan.

Meski memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik, tidak sedikit pemilik bisnis yang tergiur dengan layanan web hosting yang menawarkan harga murah. Namun, layanan hosting murah tersebut biasanya tidak memiliki fitur yang mendukung. 

Seperti yang pernah dialami oleh Hotama, sebuah web agency yang menangani banyak klien bisnis. Hotama sempat harus dihadapkan dengan masalah teknis dari penyedia layanan hosting murah.

"Server sering sekali maintenance, request time out juga terjadi berkali-kali, belum lagi loading yang super lambat," ungkap Hajon Mahdy Mahmudin, CEO Hotama. Padahal sebagai web agency, Hotama harus menangani banyak klien dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Bahaya Salah Pilih Hosting Abal-Abal

Ilustrasi sembarang memilih hosting murah. (Niagahoster)
Ilustrasi sembarang memilih hosting murah. (Niagahoster)

Kesalahan memilih layanan hosting juga pernah dialami oleh website e-learning SIT Al Fatih. Awalnya, website e-learning mereka memang berjalan baik. Namun ketika website diakses bersamaan oleh 150 orang, kecepatan website seketika mengalami penurunan drastis yang tidak wajar.

Tidak hanya masalah kecepatan, website e-learning SIT Al Fatih juga pernah mengalami serangan hacker. Serangan siber merupakan hal yang membahayakan dan layanan web hosting harus memiliki fitur keamanan yang baik demi kenyamanan pengguna.

"Karena salah pilih hosting, kami bukan hanya sempat mengalami masalah kecepatan dan keamanan, tapi beberapa data juga sempat corrupt dan tidak bisa digunakan. Sehingga, proses pembelajaran jadi terganggu," ujar Muhammad Syahrir, Humas SIT Al Fatih.

Tidak Cukup Hanya Bandwidth dan Storage

Saat ini, sudah tidak cukup lagi dengan hanya mempertimbangkan bandwidth dan storage saat menentukan layanan web hosting yang akan digunakan. Faktor yang tak kalah penting, seperti keandalan server, uptime, kecepatan, dan keamanan, juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Seperti dilansir dari blog Niagahoster, kecepatan dan keamanan website merupakan faktor dominan bagi Google dalam menentukan ranking website. Google akan menurunkan peringkat website yang aksesnya lambat dan tak segan-segan melarang bahkan tidak memberi akses pengguna untuk berkunjung ke website yang terindikasi tidak aman.

Selain itu, tidak jarang beberapa pemilik website memerlukan bantuan customer service dari penyedia layanan hosting yang digunakan karena pengetahuan mereka yang terbatas. Sayangnya, tidak semua perusahaan web hosting mampu menyediakan pelayanan yang berkualitas.

Sebagai salah satu perusahaan layanan web hosting di Indonesia, Niagahoster menyampaikan kalau mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menomorsatukan keandalan server, uptime hingga 99,99%, kecepatan, dan keamanan website untuk berbagai kebutuhan, serta customer success agent yang siap sedia 24/7.

Ketelitian dalam memilih layanan web hosting sangat diperlukan untuk bisa memberikan customer experience terbaik. Website bisnis yang menjadi pusat informasi bahkan sarana transaksi dan interaksi dengan pelanggan harus bisa menimbulkan rasa aman dan nyaman. Sehingga, pengunjung tidak segan untuk kembali lagi.

Berita Terkait

TERKINI

Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Meski usaia kandungan sudah lima bulan, Nella Kharisma tetap nekat Pargoy.
internet | 11:45 WIB
Untuk pembelian Kids Combo, pelanggan malah akan mendapat buku alih-alih mainan.
internet | 19:55 WIB
Der Leyen menyatakan dalam sebuah video yang diterbitkan di Twitter bahwa lebih dari 100.000 perwira militer Ukraina telah terbunuh.
internet | 19:49 WIB
"Detik-detik terciptanya anak sultan," kata netizen.
internet | 17:55 WIB
Lukaku nampak kecewa dan menangis karena tak bisa mencetak gol.
internet | 16:26 WIB
Pintu anti mainstream ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 15:55 WIB
Meme Lukaku beredar viral di media sosial.
internet | 13:45 WIB
Tampilkan lebih banyak