Jangan Sembarang Pilih Hosting, Bisa Bikin Website Tidak Optimal

Tidak cukup hanya bandwith dan storage, ada hal lain dari hosting yang mempengaruhi performa website.

Agung Pratnyawan
Rabu, 05 Oktober 2022 | 16:48 WIB
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

Hitekno.com - Buat kamu yang memiliki website atau sedang berencana membuatnya, jangan sembarang untuk memilih hosting. Karena pemilihan hosting akan berdampak pada performa website.

Lebih lanjut lagi, website yang kurang optimal akan menimbulkan banyak gangguan pada bisnis, termasuk banyaknya waktu yang dihabiskan untuk melakukan perbaikan, hingga pada akhirnya akan mengecewakan pelanggan.

Bisnis online, baik dalam skala besar maupun kecil, dapat terdampak cukup besar ketika website yang mereka miliki tidak bekerja secara optimal. Sehingga, memiliki website yang baik bukan lagi sebuah pilihan, melainkan suatu keharusan.

Baca Juga: Jadikan Pelanggan sebagai Inspirasi, Niagahoster Gelar Customer Meetup Secara Hybrid

Meski memiliki keinginan untuk memberikan yang terbaik, tidak sedikit pemilik bisnis yang tergiur dengan layanan web hosting yang menawarkan harga murah. Namun, layanan hosting murah tersebut biasanya tidak memiliki fitur yang mendukung. 

Seperti yang pernah dialami oleh Hotama, sebuah web agency yang menangani banyak klien bisnis. Hotama sempat harus dihadapkan dengan masalah teknis dari penyedia layanan hosting murah.

"Server sering sekali maintenance, request time out juga terjadi berkali-kali, belum lagi loading yang super lambat," ungkap Hajon Mahdy Mahmudin, CEO Hotama. Padahal sebagai web agency, Hotama harus menangani banyak klien dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

Baca Juga: Niagahoster: Kekuatan Marketing Campaign untuk Angkat UMKM

Bahaya Salah Pilih Hosting Abal-Abal

Ilustrasi sembarang memilih hosting murah. (Niagahoster)
Ilustrasi sembarang memilih hosting murah. (Niagahoster)

Kesalahan memilih layanan hosting juga pernah dialami oleh website e-learning SIT Al Fatih. Awalnya, website e-learning mereka memang berjalan baik. Namun ketika website diakses bersamaan oleh 150 orang, kecepatan website seketika mengalami penurunan drastis yang tidak wajar.

Tidak hanya masalah kecepatan, website e-learning SIT Al Fatih juga pernah mengalami serangan hacker. Serangan siber merupakan hal yang membahayakan dan layanan web hosting harus memiliki fitur keamanan yang baik demi kenyamanan pengguna.

Baca Juga: Tips Berkarir di Dunia IT Global dari Niagahoster

"Karena salah pilih hosting, kami bukan hanya sempat mengalami masalah kecepatan dan keamanan, tapi beberapa data juga sempat corrupt dan tidak bisa digunakan. Sehingga, proses pembelajaran jadi terganggu," ujar Muhammad Syahrir, Humas SIT Al Fatih.

Tidak Cukup Hanya Bandwidth dan Storage

Saat ini, sudah tidak cukup lagi dengan hanya mempertimbangkan bandwidth dan storage saat menentukan layanan web hosting yang akan digunakan. Faktor yang tak kalah penting, seperti keandalan server, uptime, kecepatan, dan keamanan, juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Baca Juga: Niagahoster: Membangun Personal Branding dengan Living the Brand

Seperti dilansir dari blog Niagahoster, kecepatan dan keamanan website merupakan faktor dominan bagi Google dalam menentukan ranking website. Google akan menurunkan peringkat website yang aksesnya lambat dan tak segan-segan melarang bahkan tidak memberi akses pengguna untuk berkunjung ke website yang terindikasi tidak aman.

Selain itu, tidak jarang beberapa pemilik website memerlukan bantuan customer service dari penyedia layanan hosting yang digunakan karena pengetahuan mereka yang terbatas. Sayangnya, tidak semua perusahaan web hosting mampu menyediakan pelayanan yang berkualitas.

Sebagai salah satu perusahaan layanan web hosting di Indonesia, Niagahoster menyampaikan kalau mereka berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan menomorsatukan keandalan server, uptime hingga 99,99%, kecepatan, dan keamanan website untuk berbagai kebutuhan, serta customer success agent yang siap sedia 24/7.

Ketelitian dalam memilih layanan web hosting sangat diperlukan untuk bisa memberikan customer experience terbaik. Website bisnis yang menjadi pusat informasi bahkan sarana transaksi dan interaksi dengan pelanggan harus bisa menimbulkan rasa aman dan nyaman. Sehingga, pengunjung tidak segan untuk kembali lagi.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak