Promosi Kripto secara Ilegal, Kim Kardashian Kena Denda Rp 19 Miliar

Tidak sendiri, selain Kim Kardashian juga ada Floyd Mayweather yang mendapatkan tuduhan ini.

Agung Pratnyawan
Selasa, 04 Oktober 2022 | 08:20 WIB
Kim Kardashian. (Instagram/ kimkardashian)

Kim Kardashian. (Instagram/ kimkardashian)

Hitekno.com - Kim Kardashian dijatuhi denda sebesar 1,26 juta dolar AS atau setara dengan Rp 19,25 miliar setelah didakwa bersalah karena mempromosikan skema investasi kripto secara tidak sah atau ilegal.

Securities and Exchange Commission (SEC) menjatuhkan denda sebesar itu kepada Kim Kardashian gegara promosi kripto melalui akun Instagram miliknya yang dianggap tidak sah.

Baca Juga: - Kolaborasi Musik dan Kripto, Booth PINTU di We The Fest 2022 Dipadati Pengunjung - Jadi Sponsor We The Fest 2022, Aplikasi PINTU Bagi-bagi Tiket sampai Kripto Gratis - Aplikasi PINTU Prioritaskan Keamanan Berinvestasi Kripto - Kenalkan Aset Kripto ke Penggemar Sepak Bola, PINTU Hadir di Laga Bali United vs Persija

SEC mengatakan, Kim Kardashian gagal mengungkapkan fakta bahwa dia dibayar 250.000 dolar AS atau setara Rp 3,82 miliar untuk mempromosikan token EthereumMax pada Juni lalu.

Dalam serangkaian posting di Instagram Stories miliknya, Kim Kardashian bertanya kepada pengikutnya, "Apakah kalian menyukai crypto??? Ini bukan nasihat keuangan tetapi membagikan apa yang baru saja dikatakan teman saya tentang token ethereum max!"

Pengikutnya di Instagram kemudian didorong untuk menuju ke situs web EthereumMax dan "bergabung dengan komunitas E-Max."

Kim Kardashian memasukkan sejumlah tagar di pos, termasuk "#ad," yang menunjukkan bahwa Instagram Stories itu adalah promosi berbayar.

Tetapi SEC mengatakan, tingkat pengungkapan ini tidak memadai untuk investasi kripto, sehingga menghasilkan denda 1,26 juta dolar AS.

Pedoman federal tentang pemasaran influencer yang lebih agresif melalui Instagram Story, menyarankan pengguna dengan menggunakan gambar dan memastikan pengikutnya memiliki cukup waktu untuk memperhatikan dan membacanya.

Ilustrasi mata uang kripto. (Pixabay)
Ilustrasi aset kripto. (Pixabay)

Dalam pernyataan pers yang menyertai pengumuman tersebut, direktur penegakan SEC Gurbir S. Grewal mengatakan, pengungkapan yang diperlukan seharusnya sudah jelas.

"Undang-undang sekuritas federal jelas bahwa setiap selebritas atau individu lain yang mempromosikan keamanan aset kripto harus mengungkapkan sifat, sumber, dan jumlah kompensasi yang mereka terima sebagai imbalan atas promosi tersebut," kata Grewal.

"Investor berhak mengetahui apakah publisitas sekuritas tidak bias dan Kim Kardashian gagal mengungkapkan informasi ini." lanjutnya.

Melansir laman The Verge, Selasa (4/10/2022), pihak Kim Kardashian tidak harus mengakui atau menyangkal temuan SEC, hanya membayar sejumlah uang sebagai denda.

Ini termasuk 260.000 Dolar AS dalam "disgorgement" (termasuk berapa banyak Kim Kardashian dibayar untuk mempromosikan token) dan penalti 1 juta dolar AS atau setara Rp 15,28 miliar.

"Kasus ini adalah pengingat bahwa, ketika selebriti atau influencer mendukung peluang investasi, termasuk sekuritas aset kripto, itu tidak berarti bahwa produk investasi tersebut tepat untuk semua investor," kata ketua SEC Gary Gensler dalam sebuah pernyataan pers.

"Kami mendorong investor untuk mempertimbangkan potensi risiko dan peluang investasi dengan mempertimbangkan tujuan keuangan mereka sendiri." imuhnya.

Kim Kardashian juga menjadi target gugatan class action bersama dengan sesama selebriti Floyd Mayweather untuk promosi EthereumMax mereka.

Gegara dianggap mempromosikan kripto secacra tidak sah tersebut, kini Kim Kardashian harus membayar denda Rp 19,25 miliar. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Berita Terkait

TERKINI

"Tempat healing terbaik umat perfeksionis," pendapat netizen lain.
internet | 14:52 WIB
Denise Chariesta sempat menghadiri podcast Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, namun setelahnya malah mengaku seperti ini.
internet | 14:30 WIB
Anggota TNI ini kemudian memberikan makanan untuk kucing tersebut.
internet | 12:00 WIB
Dinasehati Pak Bambang soal jadi penerus orang tuanya, Rafathar malah tegas jawab tidak mau.
internet | 11:46 WIB
Denise Chariesta mengaku pernah diminta jadi bintang tamu podcast Dedy Corbuzier, namun malah ini yang terjadi.
internet | 10:57 WIB
Dalam beberapa video yang beredar, perjalanan cinta antara Prabowo dan Titiek Soeharto diungkap.
internet | 09:14 WIB
Kemana rambut putih Ganjar Pranowo, kok jadi hitam gini? Bagusan mana Ganjar Pranowo dengan rambut hitam atau putih?
internet | 08:18 WIB
"Maroko full senyum," kata netizen lain.
internet | 21:04 WIB
Biar tidak ketinggalan tren yang sedang marak di media sosial ini, berikut cara membuat Spotify Instafest 2022 dengan mudah dan praktis.
internet | 19:03 WIB
Ketahui bagaimana cara mengecek akun Instagram kamu diblokir atau tidak.
internet | 18:14 WIB
Dalam foto yang diunggah, nampak ruang ganti timnas Jepang yang dipenuhi dengan sampah.
internet | 17:53 WIB
TikTok bahkan mendekati mantan karyawan Meta dan Twitter yang kena pemecatan.
internet | 17:53 WIB
"Download suara petir di HP aja bang, terus nyalain dekat tokek," kata netizen.
internet | 17:47 WIB
TerbaruDenise Chariesta menggembar-gemborkan berapa ia bayar gaji karyawan yang berkerja pada dirinya.
internet | 16:39 WIB
Alif Cepmek merilis lagu baru, netizen auto heboh!
internet | 16:21 WIB
Netizen ikut menangis mendengar curhatan dari pria ini.
internet | 15:25 WIB
Bernarkah cara Syahrini galah donasi untuk korban Gempa Cianjur menggunakan rekening pribadi?
internet | 15:25 WIB
Mbak Ismoyo sosok yang mengumkap soal wasiat rahasia Soekarno dan keberadaannya.
internet | 15:10 WIB
Tampilkan lebih banyak