Tragedi Kanjuruhan Menelan Banyak Nyawa, Deretan Hashtag Ini Trending di Twitter

#PrayForKanjuruhan dan FIFA memuncaki trending topik di Twitter.

Rezza Dwi Rachmanta
Minggu, 02 Oktober 2022 | 13:44 WIB
Netizen mencuitkan hashtag PrayForKanjuruhan. (Twitter)

Netizen mencuitkan hashtag PrayForKanjuruhan. (Twitter)

Hitekno.com - Pertandingan sepak bola yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) malam meninggalkan tragedi memilukan. Ratusan ribu netizen mencuitkan beragam hashtag dalam bersimpati dan menyoroti tragedi usai laga Arema vs Persebaya.

Pantauan dari situs Trends24.in, lebih dari lima hashtag membahas mengenai tragedi di Kanjuruhan Malang. Dalam beberapa jam terakhir, #PrayForKanjuruhan, FIFA, dan Kanjuruhan silih berganti menempati puncak trending topik Twitter di regional Indonesia.

Baca Juga: - Penjelasan Apa Itu Gas Air Mata, Bahan Kimia yang Digunakan untuk Membubarkan Kerumunan - Resmi Dikenalkan, Cek Spesifikasi dan Fitur Saramonic Blink 500 ProX B2 - 7 Anime Pendapatan Tertinggi Sepanjang Sejarah Per Oktober 2022 - Kakek dan Nenek Ini Masih Jualan Sate di Usia Senja, Netizen Nangis Lihat Dagangan Masih Banyak

Deretan hashtag lain yang trending adalah Indonesia, PSSI, Prosedur, Polisi, PT LIB, #RestInPeace, Arema, dan Innalillahi.

#PrayForKanjuruhan telah dicuitkan lebih dari 22 ribu kali oleh netizen. Sementara FIFA dan Indonesia juga dibahas lebih dari 200 ribu kali oleh pengguna Twitter.

Dikutip dari Suara.com, insiden memilukan di Stadion Kanjuruhan membuat 130 orang meninggal dunia, sementara 180 lainnya mengalami luka-luka.

Beragam hashtag trending usai tragedi memilukan di stadion Kanjuruhan Malang. (Trends24.in)
Beragam hashtag trending usai tragedi memilukan di stadion Kanjuruhan Malang. (Trends24.in)

Ribuan Aremania (Suporter Arema) menerobos masuk ke dalam stadion Kanjuruhan Malang, usai Arema Malang kalah 2-3 melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang.

Setelah wasit meniup peluit panjang, suporter Arema Malang merangsek masuk sebagai tanda kekecewaan. Polisi lantas menembakkan gas air mata untuk membubarkan massa. Asap dari gas air mata itu diduga memicu kepanikan suporter di tribun.

Pada hashtag serta topik FIFA dan Prosedur, netizen membahas mengenai larangan FIFA terkait penggunaan senjata api serta gas air mata untuk menenangkan massa di stadion.

Panduan FIFA terkait Stadium Safety and Security Regulation mengungkap bahwa senjata berisi peluru dan "crowd control gas" tak boleh digunakan oleh petugas berwenang.

Netizen mencuitkan hashtag PrayForKanjuruhan. (Twitter)
Netizen mencuitkan hashtag PrayForKanjuruhan. (Twitter)

Puluhan ribu netizen mengungkap kekecewaan mengenai gas air mata yang dinilai tidak sesuai prosedur FIFA. Sebagian besar netizen lain menuliskan hashtag #PrayForKanjuruhan dan #RestInPeace.

Mereka berduka karena lebih dari 120 orang harus meninggal dunia hanya karena menonton sepak bola. Tragedi di Stadion Kanjuruhan mendapat beragam komentar dari netizen.

"Ini benar-benar menyayat hati," cuit @sh**ly**yla.

"Tak bisa berkata-kata. Duka terdalam pada para korban di tragedi Kanjuruhan #PrayForKanjuruhan," tulis @yo**gh**der.

Beragam hashtag trending usai tragedi memilukan di stadion Kanjuruhan Malang. (Trends24.in)
Beragam hashtag trending usai tragedi memilukan di stadion Kanjuruhan Malang. (Trends24.in)

"Mereka bilang 'sesuai prosedur'. Sambalado tertawa memakai baju oranye di suatu tempat," komentar @e**i**ich.

"Dua musibah stadion sepakbola yang paling banyak korban jiwa, Tragedi Lima (1964) dan Tragedi Accra (2001), sama-sama disebabkan aparat menembakkan gas air mata ke penonton. Makanya dalam panduan keamanan FIFA, penggunaan gas air mata dilarang. Prosedur mana yang diikuti polisi?" ungkap @co**re**llion

"Semoga FIFA menghukum PSSI seberat-beratnya," balas @bo**ysi**arta. Hingga artikel ini dibuat, netizen masih banyak yang mencuitkan #PrayForKanjuruhan, FIFA, dan Indonesia.

Berita Terkait

TERKINI

Warna ini memberikan pengaruh besar saat terkena sinar matahari yang membuat nuansa akad nikah tersebut menjadi kemerahan.
internet | 19:52 WIB
IMF dalam World Economic Outlook Oktober 2022 memperkirakan pertumbuhan ekonomi global melambat sebesar 3,2 persen dan turun 2,7 persen pada 2023.
internet | 19:49 WIB
Sejak akhir Oktober 2022, ribuan akun Twitter dilepaskan blokirnya.
internet | 19:10 WIB
Secara penampilan, gadis cantik ini memang mencuri perhatian dengan wajah cantiknya.
internet | 18:42 WIB
Induk perusahaan Facebook dan Instagram ini menyuguhkan prediksi mengenai tren konten 2023, apa saja?
internet | 17:35 WIB
"Lambaikan tangan ke kamera kalau nggak kuat mas," kata netizen lain.
internet | 15:58 WIB
Kaesang Pangarep tengan melangsungkan persiapan pernikahaannya dengan Erina Sofia Gudono.
internet | 15:05 WIB
Bule tersebut mengaku terkejut usai melihat motor penjual mie ayam yang dimodifikasi dengan 'dapur mini' di bagian belakangnya.
internet | 14:40 WIB
Anggota asosiasi membahas visi, misi, serta program keberlanjutan digital di Indonesia.
internet | 11:59 WIB
"Jujur versi anime-nya lebih cakep," kata netizen lain.
internet | 11:24 WIB
Suasana warkop berubah bak restoran bintang lima berkat pengamen bersuara emas ini.
internet | 09:43 WIB
Banyak daerah terpencil yang tak dijangkau sinyal, mungkin rencana pemerintah Inggris ini bisa jadi contoh yang patut diterapkan di Tanah Air.
internet | 09:24 WIB
Kominfo menyebutkan kalau dua operator seluler telah terkena gangguan (down).Yakni jaringan IndosatOoredoo Hutchison (IOH) danSmartfren.
internet | 20:45 WIB
Ternyata ini yang diharapkan oleh Elon pada program Twitter 2.0.
internet | 20:29 WIB
Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Tampilkan lebih banyak