Jalan Kaki Cepat Lintasi Beberapa Kota, Musafir Joko Kendil Beri Nasihat Ini

Video mengenai Joko Kendil yang berjalan dengan cepat viral di TikTok.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 29 September 2022 | 14:05 WIB
Pejalan cepat Joko Kendil viral di TikTok. (TikTok/ @rifaardy)

Pejalan cepat Joko Kendil viral di TikTok. (TikTok/ @rifaardy)

Hitekno.com - Banyak video FYP di TikTok yang mengungkap musafir dengan caping di kepalanya. Sosok musafir bernama Joko Kendil itu berjalan cepat melintasi beberapa kota dan kabupaten.

Pengguna TikTok dengan akun bernama @rifaardy membagikan momen ketika seseorang mengobrol dengan Joko Kendil. Ia turut menyematkan nasihat yang diberikan oleh pria berbusana serba hitam tersebut.

"Ojo edan awak e. Tapi edano marang Gusti Allah. (Jangan tergila-gila pada diri sendiri, tapi tergila-gila lah pada Gusti Allah)," kata Joko Kendil.

Baca Juga: Rajin Ngopi Bisa Bikin Umur Panjang? Begini Kata Penelitian

Pernyataan itu juga diungkapkan oleh Joko Kendil saat diwawancarai oleh YouTuber bernama Adi, pemilik channel Sinau Hurip. Belasan video memperlihatkan Joko Kendil yang berjalan cepat sembari menunduk.

Berdasarkan kesaksian beberapa netizen, Joko Kendil terekam berjalan cepat melintasi beberapa kota dan provinsi termasuk daerah dekat Jalan Parangtritis Provinsi Yogyakarta, Solo, Klaten, Blora, Kudus, dan daerah lain di Provinsi Jawa Tengah.

Pejalan cepat Joko Kendil viral di TikTok. (TikTok/ @rifaardy)
Pejalan cepat Joko Kendil viral di TikTok. (TikTok/ @rifaardy)

Hal yang membuat netizen kagum adalah Joko Kendil ini melintasi kota dan provinsi dengan berjalan kaki cepat serta membawa bekal seadanya.

Baca Juga: Setelah Jadi Perbincangan, Pemilik Nama Rehan Bisa Dapat Tas Gratis di Toko Ini

Meski ia hanya menggendong tas kecil, namun beberapa video menampilkan bahwa Joko Kendil sering memperoleh bekal makanan dari warga yang melihatnya di pinggir jalan.

Ia mengaku sebagai murid dari Syekh Hadi Demak Guntur. Ketika ditanya apakah ia tak capek berjalan kaki cepat dalam waktu lama, Joko Kendil mengklaim bahwa ia naik macan putih.

"Kula mboten mlampah. Sing mlaku macan e. Macan warnane putih. Nggih, kulo numpak macan. (Saya tidak berjalan. Yang berjalan macannya. Macan berwarna putih. Iya, saya naik macan putih)," kata Joko Kendil dikutip dari channel YouTube Sinau Hurip.

Baca Juga: Diserbu Netizen Indonesia, Juninho Bacuna Tutup Kolom Komentar Instagram

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704)
Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @ekanovitasari704)

"Ojo edan awak e. Tapi edano marang Gusti Allah. Nasihat kanggo wong urip. Rajin ngibadah. Donya ora suwe. Bakal dikukut karo Gusti Allah. (Jangan tergila-gila pada diri sendiri, tapi tergila-gila lah pada Gusti Allah. Nasihat buat orang yang masih hidup. Rajinlah beribadah. Dunia tidak lama. Bakal diambil oleh Allah)," ucap Joko menambahkan.

Musafir itu juga berharap tidak ada kejadian besar di tahun 2030. "Mugo-mugo ora ono kedadeyan 2030 mangkeh (semoga tidak ada kejadian di tahun 2030 nanti)," ucap Joko Kendil.

Ketika ditanya kejadian apa oleh YouTuber Sinau Hurip, Joko Kendil mengungkap bahwa kejadian 2030 seperti kejadian besar 2019. "Kejadian apa?" tanya Adi.

Baca Juga: Nasib Gadget Mahal di Koridor Fakultas Kedokteran Bikin Elus Dada, Netizen: Apple Udah Nggak Ada Harga Dirinya

"Gampangane koyo 2019. Akeh sek do mati. Mugo-mugo ojo ngangsi lah (Gampangnya seperti 2019. Banyak orang meninggal. Semoga saja tidak terjadi)," jawab Joko Kendil.

Berdasarkan klaim Joko Kendil, ia meramal bahwa terdapat musibah pada 2030. Namun, ia berharap bahwa musibah besar tak terjadi. Musibah yang dimaksud oleh Joko Kendil seperti pandemi yang dimulai pada 2019 lalu.

Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @malikhidayatt_)
Viral Joko Kendil berjalan cepat melintasi kota dan provinsi. (TikTok/ @malikhidayatt_)

Channel YouTube Sinau Hurip sering mengunggah konten terhadap ODGJ yang hidup di jalanan. Meski begitu, channel tersebut tak menyebut bahwa Joko Kendil seorang ODGJ atau bukan.

Pemilik channel hanya meminta untuk mengartikan pernyataan dari Joko Kendil berdasarkan pikiran masing-masing. Beberapa netizen mencurigai bahwa Joko Kendil merupakan ODGJ.

Meski begitu, puluhan ribu netizen justru memuji cara Joko Kendil dalam beribadah dan mencari rida Tuhan. Dari beberapa video, pernyataan Joko Kendil seperti orang normal. Ia mampu mengobrol seperti orang pada umumnya.

Namun beberapa pernyataan seperti naik macan putih dan memperoleh pusaka seperti tongkat memang cukup sulit dicerna oleh akal sehat.

Joko Kendil beberapa kali terekam salat di masjid setelah ia berziarah di makam syekh atau ulama terdahulu. Saat artikel ini dibuat, video mengenai Joko Kendil masih viral TikTok dan media sosial.

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak