Pengertian Reseller, Cara Kerja dan Jenisnya dalam Penjualan

Mengetahui tugas dan tanggung jawab reseller dapat membantu kamu memutuskan apakah itu cocok dengan bisnis kamu

Agung Pratnyawan
Kamis, 29 September 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)

Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)

Hitekno.com - Bagi kamu yang punya bisnis toko online atau suka belanja online pasti sudah tidak asing dengan reseller. Apa itu Reseller dan bagaimana cara kerja juga macam-macamnya.

Reseller adalah seseorang yang membeli produk dengan tujuan menjualnya kembali. Namun bukan sekadar itu saja peran dari Reseller, terlebih dalam bisnis toko online.

Reseller berperan penting dalam ritel dan ekonomi yang lebih luas, di mana mereka berfungsi sebagai penghubung antara produsen dan konsumen.

Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Toko Online dengan WooCommerce

Reseller berada di pasar untuk menjual dan mendapatkan keuntungan, tetapi mereka juga membantu mendistribusikan barang dagangan, menyediakan penyimpanan, dan mengidentifikasi preferensi pelanggan.

Mengetahui tugas dan tanggung jawab reseller dapat membantu kamu memutuskan apakah itu cocok dengan bisnis kamu. Berikut penjelasan mengenai reseller yang Tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Apa itu Reseller?

Baca Juga: Tutorial Membuat Website Toko Online untuk Pemula

Reseller adalah seseorang yang membeli produk dengan tujuan menjualnya nanti dengan harga yang lebih tinggi. Reseller membeli barang dan jasa dari produsen dalam jumlah besar, sehingga mereka biasanya mendapatkan diskon.

Reseller kemudian menghubungkan produsen dan konsumen melalui tindakan menjual kembali barang dan jasa ke pembeli akhir. Menjadi reseller bisa menghemat biaya pemasaran dan penjualan produk, menghemat waktu, uang, dan tenaga.

Ilustrasi paket. (Pixabay)
Ilustrasi paket. (Pixabay)

Apa yang Dilakukan Reseller?

Baca Juga: Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula, Mudah Manfaatkan Wordpress

Reseller tidak hanya sekedar menjual kembali barang untuk mendapatkan keuntungan. Reseller menjalankan fungsi tertentu atas nama produsen, beberapa di antaranya adalah:

  • Melakukan merchandising dan promosi produk.
  • Menangani penyimpanan inventarisasi dan distribusi produk ke pembeli akhir.
  • Memberi pemahaman kepada pelanggan tentang cara menggunakan produk atau layanan.
  • Memberikan layanan pelanggan dan mengatasi masalah yang dimiliki pengguna dengan pembelian mereka.
  • Sortir dan mengemas barang sebelum dijual ke pembeli.
  • Melakukan analisis tren pasar dan perilaku pelanggan dan mengumpulkan data berguna lainnya untuk produsen.

Jenis Reseller

Berikut ini adalah berbagai kategori pengecer dan perannya dalam rantai pasokan:

Baca Juga: Cara Membuat Website untuk Pemula, dari Blog hingga Toko Online

1. Grosir

Grosir adalah organisasi besar yang menawarkan untuk membeli produk perusahaan dan menjualnya ke gerai ritel. Grosir biasanya beroperasi di luar gudang dan dapat berspesialisasi dalam berbagai jenis produk. Pedagang grosir jarang berinteraksi langsung dengan konsumen.

2. Reseller

Reseller membeli produk dari grosir atau distributor dan menjual produk tersebut dalam jumlah kecil kepada pelanggan. Itu membuat reseller menjadi penghubung terakhir dengan pelanggan dalam rantai penjualan.

Sebagai reseller, retailer menjamin ketersediaan berbagai barang dengan harga yang terjangkau, karena tujuan utama mereka adalah memuaskan pembeli dengan menyediakan barang dan jasa yang berkualitas.

3. Distributor

Distributor adalah perusahaan yang membeli produk dari produsen dan menjualnya ke perusahaan lain. Distributor biasanya menjual ke grosir, tetapi mereka dapat menjual langsung ke pengecer dan bahkan konsumen.

Meskipun distributor melakukan fungsi yang sama sebagai grosir, distributor berafiliasi erat dengan produsen, yang tidak dilakukan grosir.

Distributor dapat memiliki perjanjian pembelian eksklusif dengan produsen dan berperan aktif dalam promosi dan iklan produk perusahaan.

Misalnya, distributor mungkin mengatur tutorial, menjanjikan sampel gratis atau memberikan diskon untuk membujuk orang lain agar membeli produk.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu reseller. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi reseller.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak