Pengertian Reseller, Cara Kerja dan Jenisnya dalam Penjualan

Mengetahui tugas dan tanggung jawab reseller dapat membantu kamu memutuskan apakah itu cocok dengan bisnis kamu

Agung Pratnyawan
Kamis, 29 September 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)

Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)

Hitekno.com - Bagi kamu yang punya bisnis toko online atau suka belanja online pasti sudah tidak asing dengan reseller. Apa itu Reseller dan bagaimana cara kerja juga macam-macamnya.

Reseller adalah seseorang yang membeli produk dengan tujuan menjualnya kembali. Namun bukan sekadar itu saja peran dari Reseller, terlebih dalam bisnis toko online.

Baca Juga: - Tutorial Cara Membuat Toko Online dengan WooCommerce - Tutorial Membuat Website Toko Online untuk Pemula - Cara Membuat Website Toko Online untuk Pemula, Mudah Manfaatkan Wordpress - Cara Membuat Website untuk Pemula, dari Blog hingga Toko Online

Reseller berperan penting dalam ritel dan ekonomi yang lebih luas, di mana mereka berfungsi sebagai penghubung antara produsen dan konsumen.

Reseller berada di pasar untuk menjual dan mendapatkan keuntungan, tetapi mereka juga membantu mendistribusikan barang dagangan, menyediakan penyimpanan, dan mengidentifikasi preferensi pelanggan.

Mengetahui tugas dan tanggung jawab reseller dapat membantu kamu memutuskan apakah itu cocok dengan bisnis kamu. Berikut penjelasan mengenai reseller yang Tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Apa itu Reseller?

Reseller adalah seseorang yang membeli produk dengan tujuan menjualnya nanti dengan harga yang lebih tinggi. Reseller membeli barang dan jasa dari produsen dalam jumlah besar, sehingga mereka biasanya mendapatkan diskon.

Reseller kemudian menghubungkan produsen dan konsumen melalui tindakan menjual kembali barang dan jasa ke pembeli akhir. Menjadi reseller bisa menghemat biaya pemasaran dan penjualan produk, menghemat waktu, uang, dan tenaga.

Ilustrasi paket. (Pixabay)
Ilustrasi paket. (Pixabay)

Apa yang Dilakukan Reseller?

Reseller tidak hanya sekedar menjual kembali barang untuk mendapatkan keuntungan. Reseller menjalankan fungsi tertentu atas nama produsen, beberapa di antaranya adalah:

  • Melakukan merchandising dan promosi produk.
  • Menangani penyimpanan inventarisasi dan distribusi produk ke pembeli akhir.
  • Memberi pemahaman kepada pelanggan tentang cara menggunakan produk atau layanan.
  • Memberikan layanan pelanggan dan mengatasi masalah yang dimiliki pengguna dengan pembelian mereka.
  • Sortir dan mengemas barang sebelum dijual ke pembeli.
  • Melakukan analisis tren pasar dan perilaku pelanggan dan mengumpulkan data berguna lainnya untuk produsen.

Jenis Reseller

Berikut ini adalah berbagai kategori pengecer dan perannya dalam rantai pasokan:

1. Grosir

Grosir adalah organisasi besar yang menawarkan untuk membeli produk perusahaan dan menjualnya ke gerai ritel. Grosir biasanya beroperasi di luar gudang dan dapat berspesialisasi dalam berbagai jenis produk. Pedagang grosir jarang berinteraksi langsung dengan konsumen.

2. Reseller

Reseller membeli produk dari grosir atau distributor dan menjual produk tersebut dalam jumlah kecil kepada pelanggan. Itu membuat reseller menjadi penghubung terakhir dengan pelanggan dalam rantai penjualan.

Sebagai reseller, retailer menjamin ketersediaan berbagai barang dengan harga yang terjangkau, karena tujuan utama mereka adalah memuaskan pembeli dengan menyediakan barang dan jasa yang berkualitas.

3. Distributor

Distributor adalah perusahaan yang membeli produk dari produsen dan menjualnya ke perusahaan lain. Distributor biasanya menjual ke grosir, tetapi mereka dapat menjual langsung ke pengecer dan bahkan konsumen.

Meskipun distributor melakukan fungsi yang sama sebagai grosir, distributor berafiliasi erat dengan produsen, yang tidak dilakukan grosir.

Distributor dapat memiliki perjanjian pembelian eksklusif dengan produsen dan berperan aktif dalam promosi dan iklan produk perusahaan.

Misalnya, distributor mungkin mengatur tutorial, menjanjikan sampel gratis atau memberikan diskon untuk membujuk orang lain agar membeli produk.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu reseller. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi reseller.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait

TERKINI

Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
"Pray for Garut. Semoga semuanya baik-baik saja dan tak terluka," cuit netizen.
internet | 17:48 WIB
Honda menjuluki motor tahun 80-an ini sebagai Si Kontan.
internet | 16:11 WIB
Netizen menilai bahwa Suarez terkenal karma atas aksinya pada Piala Dunia 2010 lalu.
internet | 16:04 WIB
Sneaker milik penjual di pinggir jalan ini sukses bikin netizen salfok.
internet | 14:43 WIB
Ia menjanjikan pamer foto telanjang dirinya jika Brasil bertemu dengan Jerman pada finalPiala Dunia 2022 yang sedang berlangsung di Qatar.
internet | 13:30 WIB
Tampilkan lebih banyak