Apa Itu Dropship? Cara Kerja dan Manfaatnya untuk Online Shop

Dropship, istilah yang sering kamu dengar terkait bisnis toko online. Ketahui apa itu Dropship yang sebenarnya.

Agung Pratnyawan
Rabu, 28 September 2022 | 19:33 WIB
Ilustrasi paket. (Pixabay)

Ilustrasi paket. (Pixabay)

Hitekno.com - Sebagian besar dari kamu pasti pernah mendengar kata dropship. Namun sebenarnya apa itu dropship? Istila yang sering kamu dengar jika terjun dalam bidang cnline shop atau toko online.

Jika kamu sedang mencari peluang bisnis online, kemungkinan dropship bisa menjadi pilihan. Dropshipping atau dropship adalah model bisnis online yang dapat menghasilkan pengembalian tinggi bagi calon pengusaha e-commerce.

Disarankan untuk memulai dropship dengan modal kecil dan resiko yang rendah. Setelah sukses, kamu dapat menskalakan dengan mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk iklan dan membangun merek.

Baca Juga: Apa Itu Fanboy Secara Umum dan Ciri-Cirinya

Dropship adalah metode pemenuhan ritel di mana suatu bisnis tidak menyimpan produk yang dijualnya dalam stok.

Jadi kamu akan membeli produk tersebut langsung dari pihak ketiga (produsen, grosir, atau pengecer lain) yang mengirimkan produk langsung ke pelanggan.

Lalu bagaimana cara kerja dan manfaat dropship ini? Berikut penjelasan mengenai dropship yang Tim Hitekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Pinjol: Ini Bedanya yang Legal dan Ilegal, Jangan Sampai Salah Pilih

Bagaimana Cara Kerja Dropship?

Dropship adalah metode manajemen untuk rantai pasokan (jaringan pemasok, bahan, produsen, dan pengecer yang terlibat dalam pembuatan dan distribusi produk, dari produksi hingga pengiriman pelanggan).

Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)
Ilustrasi paket. (Pixabay/Devanath)

Pihak-pihak yang terlibat dalam dropshipping:

Baca Juga: Sempat Diblokir, Kenali Apa Itu Paypal dan Begini Cara Pakainya di Indonesia

  • Produsen pembuat produk. Produsen biasanya tidak menjual ke publik; mereka menjual dalam jumlah besar ke grosir dan pengecer sebagai gantinya.
  • Pedagang grosir membeli produk dari produsen dan kemudian menjualnya ke pengecer. Pedagang grosir biasanya menyediakan produk dari berbagai produsen sekaligus.
  • Pengecer menjual produk langsung ke publik, dengan markup.

Dan inilah cara kerjanya:

  • Pelanggan memesan dengan produk kamu (sebagai pengecer).
  • Kamu memberi tahu mitra dropship baik itu pabrikan atau grosir yang akan mengemas dan mengirimkan produk ke pelanggan.
  • Mitra dropship menagih kamu sebagai pengecer, untuk layanan dan kamu menagih pelanggan.

Umumnya, semakin pendek rantai pasokan, semakin besar keuntungan kamu karena semakin sedikit pihak yang melakukan pemotongan. Sebuah rantai pasokan pendek adalah salah satu di mana kamu berhubungan langsung dengan produsen.

Manfaat Bisnis Dropship

Baca Juga: Apa Itu Honor Score di Free Fire Max, Lengkap Penjelasan dan Dampaknya

Dropshipping adalah metode manajemen inventory ritel yang dapat membantu bisnis kamu mengurangi risiko. Berikut adalah beberapa keuntungan dari dropshipping:

  • Menurunkan Biaya Memulai dan Memelihara Bisnis
    Dropship secara drastis mengurangi biaya awal untuk memulai toko online karena kamu tidak perlu berinvestasi dalam membangun inventaris di muka, yang dapat menjadi sangat mahal untuk bisnis baru dan kecil.
    Dan karena kamu tidak harus berurusan dengan pembelian inventaris (atau mengelola penyimpanan untuk inventaris itu), overhead kamu tetap relatif rendah. Ini juga berarti kamu tidak terjebak dengan produk yang tidak akan laku, dan kamu tidak perlu menandai barang-barang tersebut dan mengalami kerugian.
  • Lokasi Fleksibel
    Bisnis dropship juga bisa lebih fleksibel daripada bisnis dengan struktur yang lebih tradisional. Karena kamu tidak memiliki inventaris fisik, pada dasarnya kamu dapat menjalankan toko dari mana saja secara online.
  • Menawarkan Produk dengan Lebih Luas
    Karena kamu tidak perlu berinvestasi dalam membangun inventaris kamu sendiri, kamu dapat tetap mengikuti tren dan dengan cepat menambahkan produk baru ke online shop kamu. Kamu juga dapat dengan cepat mengganti penawaran tanpa terlebih dahulu harus memesan item baru atau mengosongkan backstock.
  • Tidak Perlu Mengelola Inventaris
    Mengelola inventaris dapat menjadi rumit dan memakan waktu. Tidak perlu melihat stok, menyusun ulang, dan memprosesnya berarti kamu dan karyawan Anda memiliki lebih banyak bandwidth untuk mengerjakan aspek lain dari bisnis untuk membantunya berkembang.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu dropship. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin bisnis dropship.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak