Internet

Sempat Diblokir, Kenali Apa Itu Paypal dan Begini Cara Pakainya di Indonesia

Kini, PayPal menyatakan berkomitmen mematuhi aturan dan telah terdaftar sebagai PSE Lingkup Privat. Begini cara pakai lengkap dengan cara aktivasinya.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi PayPal. (Shutterstock)
Ilustrasi PayPal. (Shutterstock)

Hitekno.com - PayPal tentu sudah tidak asing lagi bagi kamu yang suka belanja online di luar negeri. PayPal merupakan perusahaan penyedia layanan elektronik yang memfasilitasi pembayaran virtual melalui transfer online. PayPal memungkinkan pelanggan untuk membuat akun di platformnya, yang bisa terhubung ke kartu kredit atau rekening giro pengguna.

PayPal adalah metode pembayaran digital paling populer di dunia. PayPal saat ini memiliki lebih dari 400 juta pengguna aktif di seluruh dunia. PayPal memiliki jaringan yang kuat dan melayani berbagai transaksi keuangan antar negara. Semua transaksi ini dilakukan secara online. Artinya, dengan akun atau rekening PayPal, pengguna dapat melakukan transaksi online melalui e-commerce di luar negeri.

PayPal adalah alat pembayaran digital yang dianggap memiliki tingkat keamanan cukup baik dan terjamin jika dibandingkan dengan berbagai fasilitas serupa. Hal ini menjadi alasan banyak orang menggunakan PayPal dalam bisnis online yang mereka kelola, sebab PayPal memudahkan pengiriman uang dan juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pebisnis online.

Cara Pakai PayPal di Indonesia

Cara pakai PayPal di Indonesia, umumnya tak berbeda dengan di negara-negara lain. Berbeda dengan dulu, sekarang kamu bisa mengakses PayPal dengan debit. Kamu harus memiliki kartu kredit/debit terlebih dahulu sebelum dapat mengakses PayPal. Akun PayPal harus terverifikasi menggunakan kartu kredit/debit sebelum digunakan.

Ilustrasi PayPal. (PayPal)
Ilustrasi PayPal. (PayPal)

Setelah terkoneksi, kamu bisa langsung menggunakannya untuk melakukan transaksi. Sebelumnya, pada Sabtu (30/7/2022), PayPal sempat diblokir karena tidak melakukan pendaftaran sebagai PSE Lingkup Privat. Kominfo mengumumkan membuka pemblokiran PayPal sementara pada Minggu (31/7/2022).

Pembukaan pemblokiran ini dilakukan selama lima hari sampai PayPal melakukan pendaftaran. Kini, PayPal menyatakan berkomitmen mematuhi aturan dan telah terdaftar sebagai PSE Lingkup Privat. Kini PayPal telah berkoordinasi langsung dengan Kementerian Kominfo.

Cara Membuat Akun PayPal

  • Buka website PayPal di paypal.com
  • Pilih akun sesuai kebutuhan, seperti akun pribadi atau akun bisnis.
  • Setelah itu pilih daftar dan Masuk ke halaman baru.
  • Pilihlah jenis akun yang sesuai keinginan.
  • Isi data pribadi, lalu klik 'Setuju dan Buat Rekening'.
  • Memasukan kode yang dikirimkan di halaman verifikasi.
  • Klik 'Lanjutkan' dan kemudian klik 'Masuk ke Rekening Saya' kamu akan masuk ke halaman akun rekening PayPal.
  • Lakukan konfirmasi dengan membuka email.
  • Buka email dan klik link yang terdapat pada email PayPal.
  • Setelah terkonfirmasi, PayPal akan meminta kamu memasukan email dan password yang sudah didaftarkan.
  • Setelah login, isi kolom pertanyaan, lalu klik tombol 'Kirimkan'.
  • Akun PayPal bisa digunakan sebagai transaksi.

Itu dia penjelasan mengenai apa itu PayPal. Sekarang, membuat akun PayPal bisa melalui smartphone. Dengan mengunduh aplikasi di Play Store dan App Store. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait