Internet

CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah?

Sempat ramai beredar tangkapan layar chat antara 'Irjen Ferdy Sambo' dengan driver ojol yang menerima pesanannya. Benarkah? Simak cek fakta berikut ini.

Agung Pratnyawan

CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)
CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)

Hitekno.com - Sempat beredar tangkapan layar yang mengklaim kalau Ferdy Sambo memesan makanan lewat aplikasi layanan pesan antar makanan, hingga membuat driver ojol ketar-ketir mendapati pesanan tersebut.

Berikut ini tim HiTekno.com menelusiri dan melakukan cek fakta pada konten tangkapan layar yang beredar dengan mengklaim Ferdy Sambo memesan makanan hingga membuat driver ojol ketar-ketir.

Apakah benar tangkapan layar yang mengatasnamakan Irjen Ferdy Sambo pesan makanan hingga membuat driver ojol ketar-ketir karena mendapatkan pesanan jenderal yang viral di media sosial?

CEK FAKTA - Benarkah Ferdy Sambo Memesan Makanan ke Driver Ojol?

Ferdy Sambo adalah nama mantan Kadiv Propam Polri yang sedang tersangkut kasus pembunuhan Brigadir J. Ia juga atasan langsung dari Bharada Richard Eliezer.

Sontak ketika mendengar nama Ferdy Sambo, keterkejutan pun tak dihindari, termasuk driver ojol dalam postingan yang viral di media sosial.

Yakni postingan akun Instagram @lambe_ojol pada 31 Agustus 2022 yang mengunggah tangkapan layar percakapan pemesanan makanan melalui aplikasi dengan mengatasnamakan Irjen Ferdy Sambo.

CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)
CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)

Bukan hanya nama si pemesan yang ramai jadi sorotan, namun narasi tulisan yang dibubuhkan pada tangkapan layar tersebut.

"Pagi pagi udah ketar ketir... Pas ngelihat yang pesan siapa... Terpaksa harus nurut daripada kena bunuh..." tulisan dalam sisi atas screenshot yang diposingkan akun @lambe_ojol pada 31 Agustus 2022.

Nampak dalam pesan percakapan di aplikasi tersebut, driver ojol mengkonfirmasi kalau apa yang dipesan customernya akan dituruti, terlebih ia seorang jendral.

Customber dengan nama Irjen Ferdy Sambo tersebut juga membalas dengan nada candaan meminta menambahkan porsi makanan yang dipesannya.

Terlihat dalam pesan chat tersebut keduanya penuh candaan saling berbalas. Sehingga meragukan kebenarannya dan mengarah pada dugaan sekadar konten candaan belaka.

Ditambah nama customer dalam aplikasi pemesanan makanan tersebut menampilkan nama Irjen Ferdy Sambo S.pd yang tidak sesuai dengan nama aslinya.

Ferdy Sambo tidak memiliki gelar Sarjana Pendirikan sehingga tidak bisa menggunakan S.pd di belakang namanya. Sedangkan nama lengkap dengan gelarnya adalah Ferdy Sambo, S.H., S.I.K., M.H berdasarkan artikel Tribunnews.com berjudul 'Profil Brigjen Pol Ferdy Sambo, Kadiv Propam Polri yang Baru Pilihan Kapolri Jenderal Idham Azis'.

Kesimpulan: 

Dari gambar tangkapan layar yang dilihat tim HiTekno.com, foto yang beradar diduga hanya konten candaan di media sosial saja, bukan merujuk kepada Ferdy Sambo yang menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Hasil cek fakta tim HiTekno.com menyimpulkan SALAH, bukan Ferdy Sambo yang memesan makanan tersebut.

Sumber:
https://www.tribunnews.com/nasional/2020/11/17/profil-brigjen-pol-ferdy-sambo-kadiv-propam-polri-yang-baru-pilihan-kapolri-jenderal-idham-azis 
 https://www.instagram.com/p/Ch6dJAxpjOg/?hl=id 

Berita Terkait