CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah?

Sempat ramai beredar tangkapan layar chat antara 'Irjen Ferdy Sambo' dengan driver ojol yang menerima pesanannya. Benarkah? Simak cek fakta berikut ini.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 09 September 2022 | 18:15 WIB
CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)

CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)

Hitekno.com - Sempat beredar tangkapan layar yang mengklaim kalau Ferdy Sambo memesan makanan lewat aplikasi layanan pesan antar makanan, hingga membuat driver ojol ketar-ketir mendapati pesanan tersebut.

Berikut ini tim HiTekno.com menelusiri dan melakukan cek fakta pada konten tangkapan layar yang beredar dengan mengklaim Ferdy Sambo memesan makanan hingga membuat driver ojol ketar-ketir.

Apakah benar tangkapan layar yang mengatasnamakan Irjen Ferdy Sambo pesan makanan hingga membuat driver ojol ketar-ketir karena mendapatkan pesanan jenderal yang viral di media sosial?

Baca Juga: CEK FAKTA: Surat Edaran Daftar Aplikasi Ilegal yang Diblokir Kominfo?

CEK FAKTA - Benarkah Ferdy Sambo Memesan Makanan ke Driver Ojol?

Ferdy Sambo adalah nama mantan Kadiv Propam Polri yang sedang tersangkut kasus pembunuhan Brigadir J. Ia juga atasan langsung dari Bharada Richard Eliezer.

Sontak ketika mendengar nama Ferdy Sambo, keterkejutan pun tak dihindari, termasuk driver ojol dalam postingan yang viral di media sosial.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Ini Video Mudik Lewat Jalur Sungai?

Yakni postingan akun Instagram @lambe_ojol pada 31 Agustus 2022 yang mengunggah tangkapan layar percakapan pemesanan makanan melalui aplikasi dengan mengatasnamakan Irjen Ferdy Sambo.

CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)
CEK FAKTA: Chat 'Irjen Ferdy Sambo' Pesan Makanan hingga Bikin Driver Ojol Ketar-ketir. Benarkah? (Instagram/ lambe_ojol)

Bukan hanya nama si pemesan yang ramai jadi sorotan, namun narasi tulisan yang dibubuhkan pada tangkapan layar tersebut.

"Pagi pagi udah ketar ketir... Pas ngelihat yang pesan siapa... Terpaksa harus nurut daripada kena bunuh..." tulisan dalam sisi atas screenshot yang diposingkan akun @lambe_ojol pada 31 Agustus 2022.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Jalan Tikus Ini Macet Penuh Pemotor Mudik Lebaran?

Nampak dalam pesan percakapan di aplikasi tersebut, driver ojol mengkonfirmasi kalau apa yang dipesan customernya akan dituruti, terlebih ia seorang jendral.

Customber dengan nama Irjen Ferdy Sambo tersebut juga membalas dengan nada candaan meminta menambahkan porsi makanan yang dipesannya.

Terlihat dalam pesan chat tersebut keduanya penuh candaan saling berbalas. Sehingga meragukan kebenarannya dan mengarah pada dugaan sekadar konten candaan belaka.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah PS5 Bisa Digunakan Menambang Koin Kripto?

Ditambah nama customer dalam aplikasi pemesanan makanan tersebut menampilkan nama Irjen Ferdy Sambo S.pd yang tidak sesuai dengan nama aslinya.

Ferdy Sambo tidak memiliki gelar Sarjana Pendirikan sehingga tidak bisa menggunakan S.pd di belakang namanya. Sedangkan nama lengkap dengan gelarnya adalah Ferdy Sambo, S.H., S.I.K., M.H berdasarkan artikel Tribunnews.com berjudul 'Profil Brigjen Pol Ferdy Sambo, Kadiv Propam Polri yang Baru Pilihan Kapolri Jenderal Idham Azis'.

Kesimpulan: 

Dari gambar tangkapan layar yang dilihat tim HiTekno.com, foto yang beradar diduga hanya konten candaan di media sosial saja, bukan merujuk kepada Ferdy Sambo yang menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir J. Hasil cek fakta tim HiTekno.com menyimpulkan SALAH, bukan Ferdy Sambo yang memesan makanan tersebut.

Sumber:
https://www.tribunnews.com/nasional/2020/11/17/profil-brigjen-pol-ferdy-sambo-kadiv-propam-polri-yang-baru-pilihan-kapolri-jenderal-idham-azis 
 https://www.instagram.com/p/Ch6dJAxpjOg/?hl=id 

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak