Internet

CEK FAKTA: Benarkah Ini Video Mudik Lewat Jalur Sungai?

Benarkah ini video mobil pemudik lewati sungai?

Agung Pratnyawan

CEK FAKTA: Viral video mobil lewati sungai (turnbackhoax.id)
CEK FAKTA: Viral video mobil lewati sungai (turnbackhoax.id)

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial, video dengan narasi yang mengklaim kalau ada rombongan mobil melintasi sungai demi menghindari penyekatan arus mudik.

Video tersebut diunggah oleh Akun Twitter Abdul Mu’ti (twitter.com/Abe_Mukti) pada 10 Mei 2021 dengan narasi yang menanyakan apa benar mobil tersebut merupakan pemudik yang menghindari penyekatan jalan arus mudik.

Berikut narasi yang disampaikan dalam unggahan video yang viral di media sosial tersebut:

"Apakah itu video pemudik? Kalau benar, sungguh sangat beresiko. Kalau mau sedikit cerdik, pemudik tidak perlu lewat sungai seperti itu. Lewat jalur biasa saja. Kalau dihentikan petugas, cukup bilang: kami TKA dari Cina. Mungkin akan diizinkan. Selamat mencoba."

Lantas benarkah narasi video pemudik melintasi sungai itu?

Viral video mobil lewati sungai (turnbackhoax.id)
CEK FAKTA: Viral video mobil lewati sungai (turnbackhoax.id)

 

PENJELASAN 

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (12/5/2021) narasi yang menyebut bahwa mobil tersebut melewati jalur sungai untuk mudik tidaklah benar.

Faktanya, video tersebut merupakan video tahun 2016 dan tidak terkait dengan larangan mudik Lebaran 2021.

Peristiwa dalam video itu terjadi di Kabupaten Maluku Tengah. Mobil tersebut nekat menyeberangi sungai Way Kawanua akibat jembatan di wilayah itu ambruk sehingga akses penghubung di sekitar wilayah tersebut terputus.

Video yang identik, salah satunya dimuat di artikel berita berjudul "Tindakan Nekat Daihatsu Terios Seberangi Sungai Deras, Hasilnya?" yang terbit di situs liputan6.com pada 19 September 2016.

Melansir keterangan dalam artikel tersebut, melalui video yang diunggah BMK The Best Video Collection Channel memperlihatkan dua Daihatsu Terios masing-masing berwarna hitam dan putih mengambang di tengah sungai. Namun demikian, mereka berhasil mengendalikan SUV tersebut di tengah sungai yang meluap.

Agar tidak salah arah, rombongan yang telah tiba di ujung seberang kemudian memandu mobil yang masih mengambang di sungai ke tepian. Mereka berbaris di bagian sungai yang dangkal untuk mendorong mobil apabila arus terlalu deras.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebut adanya mobil melewati jalur sungai untuk mudik tidaklah benar. Konten tersebut daoat dikategorikan sebagai konten yang salah.

Itulah hasil cek fakta dari video yang mengklaim mobil pemudik melewati jalur sungai ternyata tidak benar dan tergolong konten salah. (BeritaHits.id/ Aprilo Ade Wismoyo).

Berita Terkait