Makin Banyak Brand Gandeng Konten Kreator sebagai Strategi Marketing

Saat ini juga semakin banyak konten kreator yang menampilkan keunikan diri mereka dan menarik perhatian publik karena berbeda dari yang lain.

Agung Pratnyawan
Senin, 15 Agustus 2022 | 18:16 WIB
Strategi Marketing TikTok. (Niagahoster)

Strategi Marketing TikTok. (Niagahoster)

Hitekno.com - Makin banyak produk dan brand yang menggunakan konten kreator sebagai bagian dari strategi marketing mereka. Hal ini membuka potensi industri konten kreator di Indonesia untuk terus bertumbuh dan berkembang.

Potensi industri konten kreator di Indonesia setiap tahun semakin bertumbuh, terutama dengan adanya pandemi. Ketika sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu di rumah dan ditemani oleh gadget, mereka cenderung lebih sering menonton konten-konten menarik di berbagai platform.

Saat ini juga semakin banyak konten kreator yang menampilkan keunikan diri mereka dan menarik perhatian publik karena berbeda dari yang lain. Meskipun mereka masih berusaha untuk meraih jumlah subscriber sebanyak yang lain, namun potensi besar mereka tidak bisa diabaikan.

Baca Juga: Niagahoster: PSE Kominfo Seharusnya Memberikan Rasa Aman Bagi Masyarakat

"Potensi industri konten kreator di Indonesia berdasarkan data dari Katadata di awal 2022 ditaksir mencapai senilai 7 triliun," ujar Donny Yudhistira Nugroho, Affiliate Marketing Specialist Niagahoster pada kesempatan event LiteBites Niagahoster 54.0 beberapa waktu lalu.

Dengan konten yang menarik, banyak brand atau produk kemudian mengajak kreator bekerjasama untuk memasarkan brand atau produk tersebut. Berdasarkan riset, opini konten kreator banyak diikuti oleh penonton konten mereka.

"62% konsumen Indonesia mengaku berminat untuk membeli produk yang dipromosikan oleh konten kreator atau influencer," lanjut Donny.

Baca Juga: Gandeng IKA UM, Niagahoster Kembangkan WordPress Pro Course untuk Generasi Kekinian

Strategi Marketing TikTok. (Niagahoster)
Strategi Marketing TikTok. (Niagahoster)

Partnership Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Semakin banyak brand atau bisnis yang memanfaatkan partnership marketing untuk memasarkan produk mereka. Brand-brand tersebut bekerjasama dengan konten kreator atau influencer yang memiliki banyak followers di platform yang mereka gunakan. 

"Partnership marketing atau bekerjasama dengan pihak lain untuk mempromosikan produk atau brand akan menambah jangkauan audiens yang selama ini belum masuk dalam target marketing," tambah Donny.

Baca Juga: Niagahoster: Strategi Omnichannel Bantu Bisnis Adaptasi dalam Berbagai Situasi

Bekerjasama dengan partner untuk mempromosikan brand atau produk memiliki berbagai keuntungan. Hal tersebut disebabkan karena semakin hari channel partnership marketing terus bertumbuh dan menjadi channel yang patut diperhitungkan.

"Semakin banyak konten dari partner, audiens mereka akan semakin aware tentang keberadaan brand kita dan perlahan-lahan akan tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut dengan mengunjungi website. Trafik website pun semakin bertambah dan meningkatkan ranking Google. Dari situ, ketika ada orang lain yang mencari keyword terkait di Google maka website brand atau produk kita yang akan muncul paling atas," jelasnya.

Pelajari Kebiasaan Calon Konsumen

Baca Juga: Niagahoster: Dorong Generasi Muda Kembangkan Keterampilan Digital

Untuk menentukan konten kreator yang tepat sebagai partner marketing, brand atau produk harus memahami kebiasaan calon konsumen. Berdasarkan riset, saat ini manusia secara umum lebih mudah terdistraksi dan fokusnya cukup pendek. Oleh karena itu, konten video singkat menjadi yang paling digemari saat ini.

"Sekarang video 15 detik masih banyak disukai. Tapi lama-kelamaan nanti fokus manusia untuk melihat layar atau konten akan terus berkurang. Sehingga, brand harus memahami customer behavior untuk kemudian memanfaatkannya sebagai metode digital marketing," ujarnya.

Kebiasaan calon konsumen pun akan terus berubah seiring dengan situasi yang juga masih terus berubah. Pandemi yang semakin membaik dan kegiatan offline yang mulai kembali marak dilakukan akan mengubah customer behavior.

"TikTok sekarang sangat terkenal karena video yang dihadirkan cukup singkat dan menarik. Sehingga banyak yang memanfaatkannya sebagai platform digital marketing. Namun hal ini belum tentu akan sama untuk setahun ke depan. Poinnya adalah mengikuti tren dan menyesuaikannya dengan audiens dan produk," tutup Donny.

Niagahoster sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting pun memberikan wadah bagi pemilik bisnis, pelaku UMKM, digital marketers, serta masyarakat umum untuk menentukan langkah selanjutnya dalam mengikuti perubahan situasi dengan mulai membaiknya pandemi di Indonesia melalui event Brand Marketing Con 2022 yang akan diselenggarakan secara gratis pada 24-25 Agustus 2022.

Berita Terkait
TERKINI

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB
Tampilkan lebih banyak