Work From Anywhere, Perluas Kesempatan Tanpa Batas

Work From Anywhere akan menjadi sebuah sistem kerja pengembangan dari kebijakan Work From Home yang diterapkan selama masa pandemi.

Agung Pratnyawan
Kamis, 04 Agustus 2022 | 11:51 WIB
Ilustrasi Work From Anywhere (WFA). (Niagahoster)

Ilustrasi Work From Anywhere (WFA). (Niagahoster)

Hitekno.com - Sempat ramai wacana penerapan Work From Anywhere (WFA) untuk aparatur sipil negara (ASN) sedang dikaji oleh pemerintah. Akankah penerapan sistem kerja ini berdampak positif?

Jika benar dilaksanakan, WFA akan menjadi sebuah sistem kerja pengembangan dari kebijakan Work From Home (WFH) yang diterapkan selama masa pandemi.

Penerapan WFA diharapkan membawa dampak positif bagi kinerja dan kepuasan pegawai dalam bekerja, serta meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Baca Juga: Gandeng IKA UM, Niagahoster Kembangkan WordPress Pro Course untuk Generasi Kekinian

Pola bekerja WFA yang fleksibel sudah mulai diterapkan oleh beberapa perusahaan di luar negeri maupun Indonesia yang bergerak dalam bidang tertentu.

Namun, belum lama ini Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengatakan bahwa 30% dari total PNS/ASN yang menjalani WFH selama masa pandemi lalu, tidak maksimal dalam melakukan pekerjaan mereka.

Hal tersebut tentu amat disayangkan, karena sistem kerja WFH dan WFA yang dilakukan dengan baik akan membuka banyak kesempatan baru bagi karyawan tanpa dibatasi oleh lokasi dan jam kerja.

Baca Juga: Niagahoster: Strategi Omnichannel Bantu Bisnis Adaptasi dalam Berbagai Situasi

Sistem WFH dan WFA memberikan kebebasan bagi karyawan dari segi lokasi bekerja, namun disiplin dan tanggung jawab terhadap pekerjaan harus tetap diterapkan.

Karyawan Harus Memiliki Tanggung Jawab

Ilustrasi Work From Anywhere (WFA). (Niagahoster)
Ilustrasi Work From Anywhere (WFA). (Niagahoster)

Akses internet dan perangkat bekerja sangat penting dalam pelaksanaan WFA. Selain itu, yang tak kalah penting adalah kesadaran atas tanggung jawab pekerjaan masing-masing.

Baca Juga: Niagahoster: Dorong Generasi Muda Kembangkan Keterampilan Digital

Penerapan WFA berarti tidak ada tolak ukur untuk kehadiran karyawan, sehingga karyawan harus memiliki tanggung jawab untuk bekerja secara mandiri.

Salah satu perusahaan yang menerapkan sistem kerja WFA adalah perusahaan web hosting yang berbasis di Sleman, Yogyakarta, Niagahoster.

Setelah menerapkan WFH sejak kasus Covid-19 mulai masuk Indonesia, Niagahoster memutuskan untuk menerapkan sistem kerja WFA bagi seluruh karyawannya sejak Juni 2022.

Baca Juga: Kolaborasi Niagahoster x KoinWorks, Mudahkan Digital Payment dan Pembelian Webhosting

Dyah Safira Priambodo, Employer Branding Specialist Niagahoster, mengatakan, kebijakan WFA di Niagahoster adalah upaya dari perusahaan untuk memberikan kebebasan bagi setiap karyawan untuk mengatur lokasi kerja dan jam kerja yang ideal bagi masing-masing karyawan serta sesuai dengan kebutuhan tim.

"WFA diterapkan dengan harapan setiap karyawan bisa memberikan hasil kerja sesuai target dengan kebebasan atas lokasi dan jam kerja. Selama mereka tetap bisa bertanggung jawab atas pekerjaannya, perusahaan tidak membatasi lokasi dan jam kerja mereka," ujar perempuan yang akrab disapa Fira itu.

WFA Mendukung Work-Life Balance

Salah satu analisa atas wacana WFA bagi kalangan PNS/ASN, memperhatikan tentang kemungkinan munculnya masalah berupa tidak adanya batasan rumah sebagai tempat beristirahat bersama keluarga dan sebagai tempat bekerja.

Kelebihan WFA adalah tidak terbatas hanya bekerja di rumah atau di satu tempat saja. Mereka masih bisa bekerja dari kantor kapanpun mereka mau, dan di berbagai tempat lain.

Karyawan pun diharapkan dapat mengatur prioritas dan urusan pekerjaan serta urusan pribadi mereka, atau yang disebut work-life balance.

"Dengan penerapan WFA, perusahaan mendukung karyawannya untuk bisa melakukan berbagai hal di luar pekerjaan dengan pengaturan waktu yang diserahkan pada masing-masing karyawan, karena work-life balance setiap orang tentu berbeda-beda. Niagahoster juga menyediakan berbagai kegiatan dan engagement yang bisa diikuti untuk melepas kepenatan," lanjut Fira.

Niagahoster pun merasa penerapan WFA adalah yang paling ideal untuk saat ini. Karyawan juga sudah bisa saling memahami batasan masing-masing individu.

Sehingga, mereka tidak hanya mampu menjalani tanggung jawab sebagai karyawan dan anggota tim, tapi juga bisa mengurus keperluan pribadi masing-masing.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak