Internet

Sandiaga Uno Dukung Kominfo Lakukan Pemblokiran, Netizen Makin Geram

Ini alasan Sandiaga Uno memberikan dukungan kepada Kominfo untuk melakukan pemblokiran terkaita atuan PSE.

Agung Pratnyawan

Sandiaga Uno dukung pemblokiran Kominfo. (Twitter)
Sandiaga Uno dukung pemblokiran Kominfo. (Twitter)

Hitekno.com - Tindakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam memblokir sejumlah situs dan layanan hari ini, Sabtu (30/7/2022) mendapatkan dukungan dari Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.

Dukungan Sandiaga Uno pada pemblokiran yang dilakukan Kominfo tersebut dilontarkannya melui cuitan akun Twitter @sandiuno. Ia menyampaikan dukungan pendaftaran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

"Kami mendukung penuh langkah tegas @kemkominfo untuk melakukan pemblokiran beberapa platform dan aplikasi digital luar negeri yang tidak mau melakukan pendaftaran dalam Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE)." tulis Sandiaga Uno di Twitter, Sabtu (30/7/2022).

Sandiaga Uno pun memberikan penjelasannya atas dukungan Kominfo melakukan pemblokiran pada beberapa platform dan aplikasi yang tidak melakukan pendaftaran PSE.

Menurutnya, mereka tidak bisa seenaknya sendiri dan harus mengikuti aturan yang berlaku di Indonesia.

Sandiaga Uno dukung pemblokiran Kominfo. (Twitter)
Sandiaga Uno dukung pemblokiran Kominfo. (Twitter)

"Ora iso sak penake dewe! Hal ini penting dan harus digaris bawahi bahwa setiap negara memiliki aturan tersendiri dan harus dihormati. Sama seperti kita jika hendak berbisnis di luar negeri. Harus patuh dan mengikuti aturan yang berlaku di sana." lanjutnya.

"Pemerintah hanya ingin mereka melakukan registrasi/pendaftaran, bukan perizinan baru. Apabila sudah terdaftar, blokir akan dibuka dan silahkan untuk melakukan kegiatan serta transaksi lagi di Indonesia." cuitannya.

"Kami memahami kegelisahan para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap situasi ini, namun kita harus tegas memastikan bahwa lapangan kerja bisa tercipta dengan tetap menegakkan aturan yang ada." pungkas Sandiaga Uno di Twitter.

Sandiaga Uno dukung pemblokiran Kominfo. (Twitter)
Sandiaga Uno dukung pemblokiran Kominfo. (Twitter)

Sontak cuitan dukungan atas pemblokiran situs dan layanan yang dilakukan Kominfo tersebut mendapatkan beragam tanggapan netizen. Tak sedikit yang menyuarakan ketidaksetujuan pada Sandiaga Uno.

Hal ini terlihat dari balasan atau reply terebut juga pada quote cuitan tersebut.

"Ladies and gentleman, we got the first clown for the circus here" balas netizen.

"Statement ini apakah sudah turut mempertimbangkan pekerja kreatif yg nafkahnya terblokir di paypal, atau gamers yg sudah beli game + pajak senilai jutaan Rupiah di platform Steam pak?" tanya netizen.

"Kata ponakan sy yang tahun depan sudah ber-ktp, dia sudah tau 2024 harus ngapain." balas lainnya.

"Lawak kali pak, udah tau kah situs judi online masih bisa diakses bahkan tanpa vpn?" sahut netizen.

"Benar ini disahkan secara tidak sepihak, tapi ya mikir apa itu ada untungnya bagi masyarakat? Apa cuma untuk pemerintah aja? Sunggu bertepuk sebelah tangan." balas netizen.

Itulah beberapa tanggapan netizen pada cuitan Sandiaga Uno atas pemblokiran yang dilakukan Kominfo terkait aturan PSE.

Berita Terkait