Internet

Jangan Sampai Salah, Ini Ukuran Thumbnail YouTube

Jelas dan lengkap, ini ukuran thumbnail YouTube.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi YouTube. (Pixabay)
Ilustrasi YouTube. (Pixabay)

Hitekno.com - Cari tahu berapa ukuran thumbnail YouTube yang tepat, agar langsung bisa dipasang usai upload video? Berikut ini tim HiTekno.com rangkum tutorial YouTube terkait ukuran thumbnail video.

Sebagai sebuah situs web berbagi video yang digunakan untuk mengunggah maupun menonton video, aplikasi YouTube memiliki Pedoman Komunitas YouTube tersendiri yang juga berfungsi untuk mengatur tentang thumbnail.

Ukuran thumbnail YouTube yang ideal dan sesuai dengan Pedoman Komunitas YouTube tersebut yaitu memiliki resolusi sebesar 1280x720 dengan lebar minimum 640 piksel dan rasio lebar tinggi 16:9 yang diupload dalam format gambar seperti JPG, GIF, atau PNG dan tidak melebihi batas ukuran 2 MB.

Jadi sebelum kamu mengupload video YouTube buatan kamu maka kamu harus terlebih dahulu mentaati aturan-aturan tersebut agar thumbnail YouTube yang kamu buat tidak ditolak atau dihapus oleh pihak YouTube.

Thumbnail YouTube merupakan salah satu jenis file gambar atau foto berukuran kecil yang muncul sebagai cover dari video YouTube yang kamu buat dan digunakan untuk menampilkan preview video.

Dengan adanya thumbnail tersebut maka para penonton bisa dengan mudah melihat ringkasan video yang kamu buat, pada saat mereka sedang melihat-lihat video di aplikasi YouTube.

Oleh sebab itu tidak heran apabila thumbnail YouTube memiliki peran yang sangat penting karena bisa mengundang banyak penonton untuk menonton video YouTube yang telah kamu buat.

Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)
Ilustrasi YouTuber. (Unsplash/ NordWood Themes)

Pada saat kamu mengupload sebuah video di YouTube, maka secara otomatis pihak YouTube akan memberikan tiga pilihan gambar dari salah satu klip di video kamu yang bisa kamu pilih sebagai thumbnail video dengan ukuran thumbnail YouTube yang sudah mengikuti standarnya.

Namun kamu juga bisa membuat sendiri thumbnail video YouTube sesuai dengan keinginan kamu dengan menggunakan fitur custom thumbnail video.

Tapi perlu diingat ya! Buatlah thumbnail YouTube yang tidak menyinggung SARA, tidak mengandung konten seksualitas atau kekerasan, atau hal-hal lain yang berbahaya dan merugikan orang lain.

Itulah sedikit ulasan mengenai ukuran thumbnail YouTube yang harus kamu ketahui agar thumbnail yang akan kamu buat untuk video YouTube kamu sesuai dengan ketentuan.

Jadi sebelum kamu mengupload video YouTube buatan kamu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan ukuran thumbnailnya ya agar sesuai dengan standar YouTube.

Gunakan ukuran thumbnail YouTube di atas untuk tampilan lebih baik. Selamat mencoba tutorial YouTube tersebut.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait