Internet

6 Media Sosial Anak Gaul 2000-an, Bikin Kangen

Dari enam media sosial ini, mana yang pernah kamu pakai?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi media sosial. (Pexel)
Ilustrasi media sosial. (Pexel)

Hitekno.com - Media sosial anak gaul 2000-an tentu sangat membekas dan melegenda. Media sosial sudah eksis sejak tahun 2000-an. Meski angka penggunanya tak semasif seperti saat ini, minat remaja era 2000-an yang ingin terhubung dengan pengguna lainnya ini melahirkan berbagai platform media sosial.

Media sosial anak gaul 2000-an itu pasti membuat kamu ingin nostalgia. Sayangnya, sebagian besar platform-platform itu sudah tak eksis lagi, jadi mustahil diakses.

Penasaran media sosial anak gaul 2000-an? Apakah kamu termasuk anak gaul di masa itu juga?

Berikut media sosial anak gaul 2000-an yang HiTekno.com kutip dari laman resmi Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika @Kemenkominfo, Senin (20/6/2022).

1. Friendster

Di Friendster kamu bisa tahu siapa saja teman yang mengunjungi halaman profil. Selain itu, kamu juga bisa menggonta-ganti background sesuai keinginan dan juga menambahkan widget seperti music player dan tentu saja animasi glitter di tampilan profil-mu.

2. Mig33

Remaja di tahun 2000-an juga memiliki aplikasi chat menyerupai WhatsApp bernama Mig33. Mig33 merupakan aplikasi chat paling besar di dunia kala itu.

Media Sosial Anak Gaul 2000-an. (Kemenkominfo)
Media Sosial Anak Gaul 2000-an. (Kemenkominfo)

3. mIRC

Sebelum WhatsApp dan LINE sepopuler sekarang, jika ingin chatting bisa menggunakan mIRC. Yang unik dari mIRC ini adalah kamu sebagai pengguna wajib pakai username yang super random dan terkesan alay.

Tampilannya yang sederhana dan fungsinya untuk chatting dengan kolom alias room super banyak ini bisa bikin kamu yang dahulu jomblo pasti betah berlama-lama di depan komputer warnet.

Soalnya, kamu pasti bisa modusin banyak cewek atau cowok sekaligus tanpa pernah tahu bagaimana wajah sebenarnya orang yang kita ajak chatting.

4. Myspace

Myspace juga sempat populer sekitar tahun 2005 hingga 2008. Bisa dibilang, Myspace ini adalah versi lamanya Facebook. Soalnya, kamu bisa mengunggah apa saja di sana. Mulai dari tulisan ala blog, mengunggah foto hingga mengunggah musik dan video bisa kamu lakukan di Myspace.

Uniknya, dulu Myspace dipakai seniman untuk memamerkan karya-karyanya seperti demo lagu sampai foto-foto atau gambaran hasil karya tangannya.

Media Sosial Anak Gaul 2000-an. (Kemenkominfo)
Media Sosial Anak Gaul 2000-an. (Kemenkominfo)

5. Yahoo Messenger

Yahoo Messenger jadi satu-satunya layanan berkirim pesan alias chatting yang bisa menampilkan profile picture penggunanya dan sudah mendukung emoticon.

Selain itu, Yahoo Messenger juga menyediakan games mini yang bisa kamu mainkan jika bosan menunggu balasan dari teman chatting.

6. Foursquare

Sebelum Path se-booming, dahulu kalau mau dianggap eksis dengan check-in di tempat-tempat keren wajib memakai Foursquare. Media sosial satu ini dulu booming.

Sebelum peran travel blogger atau food blogger se-hits sekarang, kalau ingin mencari review tempat-tempat hits,  Foursquare tempatnya.

Media Sosial Anak Gaul 2000-an. (Kemenkominfo)
Media Sosial Anak Gaul 2000-an. (Kemenkominfo)

Itulah media sosial anak gaul 2000-an yang bikin kamu bernostalgia. Kamu pernah main yang mana?

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait