Dorong Industri Pariwisata, WIR Group Bangun Platform Metaverse 22 Negara Mediterania

WIR Group danMediterranean Tourism Forum telah menandatangi note kesepakatan pembangunan platform metaverse.

Agung Pratnyawan
Senin, 20 Juni 2022 | 18:34 WIB
Ilustrasi metaverse. (WIR Group)

Ilustrasi metaverse. (WIR Group)

Hitekno.com - PT WIR Asia Tbk (WIR Group) mencapai kesepakatan kerja samadengan Mediterranean Tourism Forum untu membangung platform metaverse 22 negara Mediterania.

Dengan tagline "Metaverse for Mediterranean Countries", WIR Group dan Mediterranean Tourism Forum telah menandatangi note kesepakatan pembangunan platform metaverse.

Nota Kesepahaman untuk kerja sama ini ditandatangani bersama oleh Andrew Agius Muscat, Secretary General Mediterranean Tourism Forum dan Yasha Yasrin Chatab, Overseas Business Director and Government Relations WIR Group di Malta, dengan disaksikan oleh Daniel Surya, Komisaris Utama & Co-Founder WIR Group pada hari Selasa, 14 Juni 2022 di Malta.

Baca Juga: Sandiaga Uno Batal Beli Tas Gucci di Metaverse, Ternyata Ini Alasannya

Mediterranean Tourism Forum merupakan lembaga nirlaba dan nonpemerintah yang didirikan berdasarkan hukum yang berlaku di wilayah Malta. Lembaga ini secara konsisten memberikan perhatian kepada pengembangan pariwisata di kawasan Mediterania.

Ditunjuknya WIR Group oleh MTF untuk mengembangkan metaverse di kawasan Mediterania, menunjukkan pengakuan global akan kemampuan dan keahlian WIR Group yang terus bekerja keras melakukan inovasi dan upaya pengembangan teknologi yang sejalan dengan tujuan WIR Group, yakni providing a liveable world of metaverse for everyone.

Selama ini kawasan Mediterania dikenal sebagai salah satu ikon pariwisata global yang memegang peranan kunci dalam menggerakkan perekonomian Uni Eropa,  dengan pangsa sebesar 30% dari pasar pariwisata global dan kontribusi sebesar 23% pendapatan global dari sektor pariwisata.

Baca Juga: Kembangkan Metaverse, WIR Group Jalin Kolaborasi dengan JakLingko Indonesia

Menurut artikel Over 60 Millennial Travel Statistics (2022), ketika melakukan perjalanan wisata, Gen Z dan generasi Milenial - yang sangat familiar dengan penggunaan teknologi digital - memiliki kecenderungan untuk fokus pada pengalaman yang terasa otentik dan kental akan nilai warisan budaya. 

Masih menurut artikel tersebut, teknologi digunakan untuk memesan jasa atau produk travel, di mana sebanyak 66 persen Milenial memanfaatkan teknologi digital melalui smartphone.

Sementara data hasil penelitian lain yang dilakukan Advisia juga mengungkap bahwa 69,35% Gen Z yang disurvei menunjukkan sikap positif terhadap metaverse, dan sebanyak 65,81% bersedia mengeluarkan uang untuk metaverse.

Baca Juga: Sinopsis Ready Player One, Film Penggambaran Metaverse

"Dari data-data itu kami melihat pengembangan pariwisata melalui teknologi metaverse di negara-negara kawasan Mediterania ini dapat menjadi terobosan dan alat dalam menentukan strategi yang tepat untuk menyasar para wisatawan masa depan (NextGen tourist)," ujar Yasha Chatab.

Sebelumnya WIR Group mendapat kehormatan dengan menerima penghargaan dari Mediterranean Tourism Forum atas inovasi dan komitmennya dalam mendukung pengembangan industri pariwisata di Malta melalui pengembangan teknologi dan program edukasi yang mendorong hadirnya teknologi Augmented Reality dalam industri pariwisata di negara itu.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Malta George Vella kepada Daniel Surya, Komisaris Utama & Co-Founder WIR Group dalam acara Gala Dinner yang diselenggarakan hari Senin, 13 Juni 2022 di Mediterranean Conference Centre – Valetta, Malta.

Baca Juga: Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan WIR Group, Bakal Bangun Metaverse Jakarta

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak