Internet

Kembangkan Metaverse, WIR Group Jalin Kolaborasi dengan JakLingko Indonesia

Bagi JakLingko Indonesia, bergabung dengan mengintegrasikan platform metaverse merupakan bagian dari tantangan menjawab masa depan dunia digital.

Agung Pratnyawan

Bersama WIR Group, JakLingko Indonesia akan Hadirkan Layanan Transportasi Publik Modern di Metaverse. (WIR Group)
Bersama WIR Group, JakLingko Indonesia akan Hadirkan Layanan Transportasi Publik Modern di Metaverse. (WIR Group)

Hitekno.com - WIR Group dan PT JakLingko Indonesia resmi menjadil kolaborasi dalam pengembangan Metaverse. Bagaimana dua pihak ini bisa saling berkolaborasi dalam pengembangan teknologi masa depan?

PT JakLingko Indonesia adalah perusahaan sistem pembayaran terintegrasi antarmoda di DKI Jakarta. Sedangkan WIR Group adalah perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR).

Kolaborasi keduanya bertujuan untuk menghadirkan layanan transportasi umum yang modern dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi.

Kerja sama ini memungkinkan pengguna transportasi umum di ibukota dan sekitarnya merasakan pengalaman baru dalam menggunakan moda transportasi terpadu.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung pada Selasa, 17 Mei 2022 oleh Muhamad Kamaluddin, Direktur Utama PT JakLingko Indonesia dan Daniel Surya, Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group di Jakarta.

"Platform metaverse akan menjadi terobosan inovatif bagi industri transportasi, melalui platform ini, para pengguna akan lebih merasakan pengalaman yang unik dan seru. Sesuai dengan tagline kami, menghubungkan kamu kemana saja, kami berharap platform ini sedianya akan memberikan kepuasan kepada pengguna transportasi publik, bukan hanya dari segi kenyamanan, efisiensi dan keterjangkauan, namun juga modern dan berteknologi tinggi," kata Kamal.

Kamal juga menambahkan  kerja sama ini merupakan langkah lanjut transformasi digital yang kami lakukan setelah sebelumnya mengadopsi aplikasi pembelian tiket secara online dan telah menerapkan sistem QRIS, serta pilihan e-wallet lainnya yang dapat memudahkan pelanggan melakukan tap-in tap-out dengan QR code, rekomendasi  rute tujuan tercepat maupun terhemat, dan mengetahui armada secara real time, integrasi denga armada First Mile - Last Mile (FMLM) seperti ojek/taksi online yang mengantar ke stasiun, halte terdekat, dan hal seru lainnya.

Bagi JakLingko Indonesia, bergabung dengan mengintegrasikan platform metaverse merupakan bagian dari tantangan menjawab masa depan dunia digital agar bisa menghadirkan layanan moda transportasi modern yang akan mensejajarkan Jakarta dengan kota-kota besar lain di dunia.

Terbangunnya moda transportasi publik modern yang kian terintegrasi serta tingginya percepatan masyarakat tentunya harus diiringi dengan layanan yang maksimal. 

"Kami yakin hadirnya JakLingko di metaverse dapat memberikan excellent service kepada masyarakat pengguna moda transportasi serta menjadikan kami lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dalam bidang transportasi Jakarta di masa depan. Kami berharap teknologi metaverse akan mendukung Jaklingko selalu adaptif dan tanggap terhadap setiap perubahan teknologi di era digital saat ini, serta terus melakukan penyempurnaan dalam memberikan layanan kepada masyarakat," ujar Kamal menambahkan.

Daniel Surya, Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group, mengatakan kerja sama dengan Jaklingko membuktikan bahwa platform metaverse merupakan wahana penting bagi seluruh lini sektor bisnis dan lembaga apapun yang ingin mengembangkan visinya di era digital.

"Metaverse memungkinkan berbagai pihak yang ingin melakukan lompatan dalam transformasi digital serta mendapatkan benefit dari penerapan teknologi tersebut," ujarnya.

Melalui kerja sama ini, WIR Group  memandang JakLingko Indonesia sebagai perusahaan yang memiliki visi  kuat dan berusaha memberikan pelayanan terbaik melalui adopsi teknologi digital terkini, sehingga proses integrasi antar moda di DKI Jakarta ini memiliki keberlanjutan yang maksimal.

"Kami berharap kerja sama dengan Jaklingko akan menambah ragam sektor yang hadir dan memperkuat ekosistem meteverse yang tengah dibangun dan bisa disejajarkan dengan platform metaverse yang telah diterapkan negara-negara lain," ungkap Daniel.

Berita Terkait