Kembangkan Metaverse, WIR Group Jalin Kolaborasi dengan JakLingko Indonesia

Bagi JakLingko Indonesia, bergabung dengan mengintegrasikan platform metaverse merupakan bagian dari tantangan menjawab masa depan dunia digital.

Agung Pratnyawan
Rabu, 18 Mei 2022 | 18:22 WIB
Bersama WIR Group, JakLingko Indonesia akan Hadirkan Layanan Transportasi Publik Modern di Metaverse. (WIR Group)

Bersama WIR Group, JakLingko Indonesia akan Hadirkan Layanan Transportasi Publik Modern di Metaverse. (WIR Group)

Hitekno.com - WIR Group dan PT JakLingko Indonesia resmi menjadil kolaborasi dalam pengembangan Metaverse. Bagaimana dua pihak ini bisa saling berkolaborasi dalam pengembangan teknologi masa depan?

PT JakLingko Indonesia adalah perusahaan sistem pembayaran terintegrasi antarmoda di DKI Jakarta. Sedangkan WIR Group adalah perusahaan teknologi berbasis augmented reality (AR).

Kolaborasi keduanya bertujuan untuk menghadirkan layanan transportasi umum yang modern dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi.

Baca Juga: Sinopsis Ready Player One, Film Penggambaran Metaverse

Kerja sama ini memungkinkan pengguna transportasi umum di ibukota dan sekitarnya merasakan pengalaman baru dalam menggunakan moda transportasi terpadu.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung pada Selasa, 17 Mei 2022 oleh Muhamad Kamaluddin, Direktur Utama PT JakLingko Indonesia dan Daniel Surya, Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group di Jakarta.

"Platform metaverse akan menjadi terobosan inovatif bagi industri transportasi, melalui platform ini, para pengguna akan lebih merasakan pengalaman yang unik dan seru. Sesuai dengan tagline kami, menghubungkan kamu kemana saja, kami berharap platform ini sedianya akan memberikan kepuasan kepada pengguna transportasi publik, bukan hanya dari segi kenyamanan, efisiensi dan keterjangkauan, namun juga modern dan berteknologi tinggi," kata Kamal.

Baca Juga: Kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan WIR Group, Bakal Bangun Metaverse Jakarta

Kamal juga menambahkan  kerja sama ini merupakan langkah lanjut transformasi digital yang kami lakukan setelah sebelumnya mengadopsi aplikasi pembelian tiket secara online dan telah menerapkan sistem QRIS, serta pilihan e-wallet lainnya yang dapat memudahkan pelanggan melakukan tap-in tap-out dengan QR code, rekomendasi  rute tujuan tercepat maupun terhemat, dan mengetahui armada secara real time, integrasi denga armada First Mile - Last Mile (FMLM) seperti ojek/taksi online yang mengantar ke stasiun, halte terdekat, dan hal seru lainnya.

Bagi JakLingko Indonesia, bergabung dengan mengintegrasikan platform metaverse merupakan bagian dari tantangan menjawab masa depan dunia digital agar bisa menghadirkan layanan moda transportasi modern yang akan mensejajarkan Jakarta dengan kota-kota besar lain di dunia.

Terbangunnya moda transportasi publik modern yang kian terintegrasi serta tingginya percepatan masyarakat tentunya harus diiringi dengan layanan yang maksimal. 

Baca Juga: Berkolaborasi dengan WIR Group, Alfamart Masuk Metaverse

"Kami yakin hadirnya JakLingko di metaverse dapat memberikan excellent service kepada masyarakat pengguna moda transportasi serta menjadikan kami lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan dalam bidang transportasi Jakarta di masa depan. Kami berharap teknologi metaverse akan mendukung Jaklingko selalu adaptif dan tanggap terhadap setiap perubahan teknologi di era digital saat ini, serta terus melakukan penyempurnaan dalam memberikan layanan kepada masyarakat," ujar Kamal menambahkan.

Daniel Surya, Komisaris Utama dan Co-Founder WIR Group, mengatakan kerja sama dengan Jaklingko membuktikan bahwa platform metaverse merupakan wahana penting bagi seluruh lini sektor bisnis dan lembaga apapun yang ingin mengembangkan visinya di era digital.

"Metaverse memungkinkan berbagai pihak yang ingin melakukan lompatan dalam transformasi digital serta mendapatkan benefit dari penerapan teknologi tersebut," ujarnya.

Baca Juga: PINTU: Ini Pentingnya Edukasi NFT, Kripto, dan Metaverse

Melalui kerja sama ini, WIR Group  memandang JakLingko Indonesia sebagai perusahaan yang memiliki visi  kuat dan berusaha memberikan pelayanan terbaik melalui adopsi teknologi digital terkini, sehingga proses integrasi antar moda di DKI Jakarta ini memiliki keberlanjutan yang maksimal.

"Kami berharap kerja sama dengan Jaklingko akan menambah ragam sektor yang hadir dan memperkuat ekosistem meteverse yang tengah dibangun dan bisa disejajarkan dengan platform metaverse yang telah diterapkan negara-negara lain," ungkap Daniel.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak