Internet

4 Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Penghasilan Tambahan Bahkan Pendatan Utama

Tak hanya penghasilan tambahan, blog bisa jadi pendapatan utama. Ini empat cara mendapatkan uang dari blog yang bisa kamu lakukan.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Blogging. (Pixabay)
Ilustrasi Blogging. (Pixabay)

Hitekno.com - Apakah bisa menghasilkan uang bermodal blog saja? Tentu bisa! Berikut ini tim HiTekno.com rangkum beberapa cara mendapatkan uang dari Blog yang bisa kamu coba.

Ternyata mudah sekali cara mendapat uang dari Blog bagi kamu yang suka menulis cerita atau sekedar berbagi informasi melalui tulisan.

Dalam dunia blogging memang tidak pernah surut meski saat ini banyak konten kreator yang mencari uang dengan cara menjadi Youtuber.

Jika kamu belum memiliki banyak waktu dan keseriusan maka cara termudah adalah dengan menjadi blogger, asal kamu serius juga bisa mendapatkan uang dari jutaan hingga ratusan juta.

Jika sebagai Youtube beberapa hal yang harus kamu persiapkan adalah kamera, komputer untuk editing dan juga waktu untuk shooting atau mengambil video.

Hal ini tentu harus kamu jalani secara serius agar bisa mendapatkan uang dengan cepat di Youtube, namun bagi kamu yang hanya memiliki komputer saja bisa memilih untuk menulis dengan blog.

Untuk mendapatkan uang dari blog pun kamu bisa memulai dengan menggunakan blog gratisan dengan blogspot atau wordpress.

Meskipun banyak platform menulis lainnya yang juga bisa memberikan penghasilan tambahan, namun kamu bisa pilih salah satu di blogger atau wordpress.

Berikutini ada empat cara mendapatkan uang dari Blog yang bisa kamu lakukan:

1. Google Adsense

Logo Google AdSense. (Google)
Logo Google AdSense. (Google)

Agar blog kamu menghasilkan cara paling mudah adalah dengan mendaftarkan blog kamu ke google adsense, namun tentunya beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi antara lain.

  • Siapkan blog
  • Atur tampilan yang simple namun user friendly
  • Maksimalkan kecepatan blog kamu, jangan terlalu banyak widget yang tidak penting
  • Lengkapi beberapa navigasi yang dibutuhkan seperti halaman, about us, contact dan privacy
  • Daftarkan di google adsense
  • Fokus pada satu niche / topik
  • Tulis konten yang berkualitas fokus pada manfaat bagi pembacanya
  • Jangan membuat blog AGC (Auto Generate Content) karena resiko di banned
  • Konsisten untuk update tulisan setiap hari

2. Membuat Blog Afiliasi

Ilustrasi blog. (blogger)
Ilustrasi blog. (blogger)

Cara menghasilkan uang dari blog lainnya dengan ikut program-program afiliasi yang disediakan oleh beberapa penyedia jasa atau produk.

Caranya cukup mudah untuk membuat blog afiliasi yaitu dengan cara membuat review-review produk atau jasa yang disediakan oleh beberapa perusahaan.

Namun pastikan kamu sudah bergabung dan terdaftar dalam program afiliasi, sebagai contoh beberapa tempat penyedia program Afiliasi adalah Amazone, Ebay, Shutterstock, niagahoster, ardetamedia, bukalapak dan masih banyak lagi lainnya.

  • Setelah bergabung dengan beberapa program affiliate
  • Silahkan mulai menulis dan masukan link referral yang sudah kamu dapatkan
  • Datangkan banyak traffic
  • Usahakan membuat tulisan yang mendorong orang tertarik untuk membeli produk / jasa melalui link referral kamu.
  • Maka kamu akan mendapatkan komisi dari penjualan

3. Content Placement

Ilustrasi website/Pixabay
Ilustrasi website/Pixabay

Jika blog kamu sudah ramai maka tidak sedikit beberapa perusahaan yang membutuhkan blog-blog dengan niche yang sesuai dengan produk mereka.

Kamu bisa menjual jasa content placement berupa artikel yang berisi review produk atau review dari website penyedia yang biasanya mereka meminta beberapa backlink di dalam website kamu.

Jika tulisan kamu baik dan berkualitas maka tidak sedikit yang akan meminta jasa penulisan di dalam blog yang sudah kami bangun.

4. Jual produk sendiri

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/200degrees)

Ada beberapa kategori produk yang sebenarnya masih sangat cocok jika dijual melalui blog, karena rata-rata pembelinya mencarinya melalui google.

Beberapa kategori jenis bisnis yang sangat cocok untuk dijual melalui blog kamu sendiri adalah properti, mobil bekas, jual beli tanah, bisnis jasa seperti sewa kamera, rental mobil, bimbingan belajar dan lainnya.

Maka bila kamu memiliki beberapa usaha dengan topik-topik diatas sebaiknya mulailah menjualnya melalui blog atau website mu sendiri.

Pastikan jual produk dengan keterangan yang lengkap agar setiap pengunjung yang mampir mendapatkan penawaran dan tertarik untuk membelinya.

Nah itu tadi empat cara mendapatkan uang dari blog sangat mudah bukan ? jadi mulai dari sekarang mulailah menulis dengan topik-topik yang unik dan bermanfaat.

Kontributor: Jeffry francisco

Berita Terkait