Kisah Inspiratif Web Programmer dan Perjalanan Karir Mereka

Saat ini terhitung ada 1,92 miliar website dan terus meningkat jumlahnya seiring berjalannya waktu. Sehingga, pekerjaan sebagai web programmer menjadi sangat menjanjikan.

Agung Pratnyawan
Selasa, 31 Mei 2022 | 18:53 WIB
Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

Ilustrasi website toko online. (Pixabay/CyberRabbit)

Hitekno.com - Web programmer menjadi salah satu sosok penting dalam pembangunan dan pengembangan website. Bagaimana perannya sulit tergantikan dan menjadi kunci saat ini.

Dalam membuat website dibutuhkan beberapa orang dari latar belakang kemampuan yang berbeda. Mulai dari design, konten, sistem, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga web programmer menjadi salah satu yang memegang peranan penting dalam pengembangan suatu website.

Baca Juga: Bantu UMKM, Niagahoster Jalin Kerja Sama dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo

Saat ini terhitung ada 1,92 miliar website di seluruh dunia dan terus meningkat jumlahnya seiring berjalannya waktu. Sehingga, pekerjaan sebagai web programmer atau webpro tentunya menjadi sangat menjanjikan di tengah perkembangan teknologi yang amat pesat seperti saat ini.

Perjalanan karir seorang web programmer tentunya tidak lepas dari kemauan mereka untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi yang bergerak semakin cepat. Mereka pun tidak segan untuk berguru pada sesama webpro yang lebih berpengalaman dan bergabung dalam komunitas demi mendukung perjalanan karir mereka.

Salah satu webpro yang konsisten membagikan ilmu pembelajaran web programming, Sandhika Galih, mengaku banyak hal yang membuatnya masih terus semangat untuk berbagi materi web programming. Terutama karena antusiasme sesama web programmer untuk terus belajar.

Baca Juga: Niagahoster: Pentingnya Membina Talenta Digital di Era Industri 4.0

Mengapresiasi Sosok Inspiratif Web Programming

Kisah Inspiratif Web Programmer - Sandhika Galih. (Niagahoster)
Kisah Inspiratif Web Programmer - Sandhika Galih. (Niagahoster)

Sebagai seseorang yang aktif membagikan ilmu web programming, Sandhika Galih juga terus belajar dari orang-orang hebat yang menjadi sosok inspirasi baginya dalam membuat konten pembelajaran hingga sekarang.

"Dosen saya saat S2, Pak Rahard, menjadi idola saya sejak pertemuan pertama kuliah dan sampai sekarang juga masih konsisten berbagai ilmu lewat tulisan dan channel Youtube. Selain itu, ada Prof David J. Malan, dosen Ilmu Komputer di Harvard University dan Prof Daniel Shiffman menjadi sosok yang menginspirasi saya untuk terus bersemangat mengajar," ujarnya.

Baca Juga: Niagahoster: Menarik Perhatian Pelanggan dengan Website Mobile-Friendly

Selain mereka, Sandhika melanjutkan, ia juga mengapresiasi website dan layanan yang selalu memberikan konten yang edukatif tentang website.

"Contohnya adalah Niagahoster, yang bukan hanya sebagai penyedia layanan web hosting, tapi juga memberikan informasi dan tutorial seputar programming di websitenya," lanjutnya.

Hal tersebut diamini oleh Youtuber, Yoko Bomb, yang mengawali belajar membuat website karena terpaksa untuk launching produk. Namun, lama-kelamaan ia malah ketagihan hingga akhirnya membuat website menjadi bisnis dan pekerjaan utamanya.

Baca Juga: Niagahoster Sukses Gelar WebSight 2022, Beri Insight Dunia IT dan Website

"Ketika mau belajar sesuatu yang baru, aku bakal mulai dari searching artikel di blog dulu, salah satunya di blog Niagahoster. Kalau sudah ketemu keywordnya, untuk lebih detail aku bakal cari video lengkapnya di Youtube," katanya.

Niagahoster Mendampingi Perjalanan Karir WebPro

Kisah Inspiratif Web Programmer - Yoko Bomb. (Niagahoster)
Kisah Inspiratif Web Programmer - Yoko Bomb. (Niagahoster)

Sandhika Galih dan Yoko Bomb adalah dua di antara web programmer lain yang membagikan kisah sosok inspiratifnya dengan hashtag #webprosupportwebpro di media sosial. Dengan saling menginspirasi dan terkoneksi, web programmer Indonesia diharapkan akan semakin baik dan dapat terus mengikuti perkembangan website dan teknologi.

Salah satu perkembangan teknologi yang amat memudahkan web programmer saat ini adalah adanya tools No-Code yang memudahkan non-programmer untuk membuat website sendiri. "Kita hanya tinggal memilih layanan web hosting seperti Niagahoster untuk membeli hosting dan domain, kemudian install tools No-Code, dan website bisa langsung jadi," kata Yoko Bomb.

Keberadaan layanan web hosting yang mendampingi perjalanan karir web programmer, seperti Niagahoster, juga memegang peranan penting. Dengan berbagai produk dan layanan yang bisa digunakan oleh entry level hingga advance, serta tutorial lengkap, Niagahoster menemani web programmer dalam mengembangkan karir mereka.

Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Team Niagahoster, mengatakan, Customer Success Specialist Niagahoster juga siap sedia 24/7 untuk menemani para developer mencari tahu secara detail tentang produk yang mereka butuhkan.

"Sejak awal didirikan pada 2013, Niagahoster setia mendampingi website programmer dan developer di sepanjang perjalanan karir mereka, dari awal memulai dan belajar membuat website hingga meniti karir menjadi seorang expert di bidangnya," tuturnya.

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak