1000 Startup Digital Kemenkominfo, Ungkap Potensi Indonesia Menjadi Digital Nation

Edukasi dan pembinaan mengenai website gencar dilakukan pada UMKM.

Rezza Dwi Rachmanta
Rabu, 25 Mei 2022 | 16:59 WIB
Ilustrasi era digital. (Niagahoster)

Ilustrasi era digital. (Niagahoster)

Hitekno.com - Perusahaan jasa layanan web hosting, Niagahoster, mengungkap kerja sama mereka dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo. Perwakilan Kemenkominfo menjelaskan bahwa program itu dapat menggali potensi Indonesia menjadi digital nation.

Niagahoster telah memiliki Niagahoster Course yang merupakan kursus online gratis mengenai berbagai topik seputar IT dan digital marketing dengan format video yang bisa diakses kapan saja.

Serta Niagahoster Event yang diadakan secara rutin untuk membahas topik terhangat dan insight terbaru dengan pembawaan menarik di berbagai platform online, klaim perusahaan.

Development Program Niagahoster membantu memastikan relevansi ilmu yang didapat di bangku pendidikan memiliki kesinambungan dengan kebutuhan di lapangan.

Sebagai akselerasi pengembangan talenta digital secara keseluruhan di Indonesia, Development Program Niagahoster pun berkolaborasi dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo untuk membuat kelas intensif.

Niagahoster jalin kerja sama dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo. (Niagahoster)
Niagahoster jalin kerja sama dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo. (Niagahoster)

1000 Startup Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak 2016, menjadi penggerak bagi ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, serta saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. 1000 Startup Digital juga secara aktif membina talenta digital dengan program Sekolah Beta.

Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster ini ditujukan bagi pemilik usaha rintisan atau startup dan UMKM yang ingin belajar mengenai dasar pengetahuan digital dan pentingnya go digital bagi usahanya,” kata Muhammad Faisal, Subkoordinator Pengembangan dan Kerjasama Startup Digital.

Kegiatan Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster yang diselenggarakan selama 5 hari pada 17-21 Mei 2022 merupakan pilot project yang ditujukan bagi usaha rintisan atau startup dan UMKM binaan 1000 Startup Digital asal daerah NTT/Kupang.

Kelas intensif ini memberikan bekal dan pembinaan bagi mereka, agar bisa langsung menuangkannya ke dalam praktik untuk membuat website bisnis atau company profile berbasis WordPress, serta mengoptimasi website menggunakan SEO,” ujar Faisal.

Niagahoster - membuat website. (Niagahoster)
Niagahoster - membuat website. (Niagahoster)

Selama 5 hari, peserta diberi pendalaman materi mengenai potensi Indonesia sebagai digital nation dan pentingnya skill dan pengetahuan digital, serta website sebagai aset digital. “Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi digital nation. Yang harus dilakukan adalah membina talenta-talenta digital dengan baik hingga ke seluruh penjuru negeri,” lanjutnya.

Dengan program kelas intensif kolaborasi ini, Niagahoster dan 1000 Startup Digital berharap peserta bisa memahami pentingnya aset digital dan menjadi talenta digital yang berkualitas.

Semoga pilot project ini bisa berlanjut dengan kolaborasi lain untuk daerah-daerah lain di Indonesia,” tutupnya. Hadirnya edukasi dan pembinaan kepada UMKM serta startup diharapkan mempercepat potensi Indonesia menjadi digital nation.

Berita Terkait
TERKINI

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB

Studi global terbaru dari Dell Technologiesmengungkap pentingnya inovasi bagi perusahaan....

internet | 15:57 WIB

Sepeda motor dengan Karburator masih diburu, terutama untuk modifikasi....

internet | 22:01 WIB

Gojek meluncurkan jaket dengan desain baru bagi mitra driver tepat di Hari Pahlawan, 10 November 2023....

internet | 22:43 WIB
Tampilkan lebih banyak