Internet

1000 Startup Digital Kemenkominfo, Ungkap Potensi Indonesia Menjadi Digital Nation

Edukasi dan pembinaan mengenai website gencar dilakukan pada UMKM.

Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi era digital. (Niagahoster)
Ilustrasi era digital. (Niagahoster)

Hitekno.com - Perusahaan jasa layanan web hosting, Niagahoster, mengungkap kerja sama mereka dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo. Perwakilan Kemenkominfo menjelaskan bahwa program itu dapat menggali potensi Indonesia menjadi digital nation.

Niagahoster telah memiliki Niagahoster Course yang merupakan kursus online gratis mengenai berbagai topik seputar IT dan digital marketing dengan format video yang bisa diakses kapan saja.

Serta Niagahoster Event yang diadakan secara rutin untuk membahas topik terhangat dan insight terbaru dengan pembawaan menarik di berbagai platform online, klaim perusahaan.

Development Program Niagahoster membantu memastikan relevansi ilmu yang didapat di bangku pendidikan memiliki kesinambungan dengan kebutuhan di lapangan.

Sebagai akselerasi pengembangan talenta digital secara keseluruhan di Indonesia, Development Program Niagahoster pun berkolaborasi dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo untuk membuat kelas intensif.

Niagahoster jalin kerja sama dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo. (Niagahoster)
Niagahoster jalin kerja sama dengan 1000 Startup Digital Kemenkominfo. (Niagahoster)

1000 Startup Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika sejak 2016, menjadi penggerak bagi ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, serta saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. 1000 Startup Digital juga secara aktif membina talenta digital dengan program Sekolah Beta.

Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster ini ditujukan bagi pemilik usaha rintisan atau startup dan UMKM yang ingin belajar mengenai dasar pengetahuan digital dan pentingnya go digital bagi usahanya,” kata Muhammad Faisal, Subkoordinator Pengembangan dan Kerjasama Startup Digital.

Kegiatan Program 1000 Startup Digital Sekolah Beta: Kelas Intensif X Niagahoster yang diselenggarakan selama 5 hari pada 17-21 Mei 2022 merupakan pilot project yang ditujukan bagi usaha rintisan atau startup dan UMKM binaan 1000 Startup Digital asal daerah NTT/Kupang.

Kelas intensif ini memberikan bekal dan pembinaan bagi mereka, agar bisa langsung menuangkannya ke dalam praktik untuk membuat website bisnis atau company profile berbasis WordPress, serta mengoptimasi website menggunakan SEO,” ujar Faisal.

Niagahoster - membuat website. (Niagahoster)
Niagahoster - membuat website. (Niagahoster)

Selama 5 hari, peserta diberi pendalaman materi mengenai potensi Indonesia sebagai digital nation dan pentingnya skill dan pengetahuan digital, serta website sebagai aset digital. “Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi digital nation. Yang harus dilakukan adalah membina talenta-talenta digital dengan baik hingga ke seluruh penjuru negeri,” lanjutnya.

Dengan program kelas intensif kolaborasi ini, Niagahoster dan 1000 Startup Digital berharap peserta bisa memahami pentingnya aset digital dan menjadi talenta digital yang berkualitas.

Semoga pilot project ini bisa berlanjut dengan kolaborasi lain untuk daerah-daerah lain di Indonesia,” tutupnya. Hadirnya edukasi dan pembinaan kepada UMKM serta startup diharapkan mempercepat potensi Indonesia menjadi digital nation.

Berita Terkait