Mengenal Apa itu Akun Bot, Diduga Jadi Alasan Elon Musk Tunda Akuisisi Twitter

Gegara Twitter banyak akun bot, Elon Musk tunda pembelian Twitter?

Agung Pratnyawan
Rabu, 18 Mei 2022 | 19:14 WIB
Ilustrasi Twitter. (Pixabay/geralt)

Ilustrasi Twitter. (Pixabay/geralt)

Hitekno.com - Pembelian Twitter oleh Elon Musk memasuki babak baru, sayangnya bos Tesla ini menunda proses akuisisi. Apa gerangan ia menunda untuk membeli Twitter?

Beberapa waktu lalu, Elon menyatakan akan menunda pembelian Twitter, yang nilainya mencapai 44 miliar dollar AS atau sekitar Rp635 triliun.

Antiklimaks itu terjadi akibat Elon Musk menemukan adanya banyak akun bot atau akun palsu di Twitter. Akun palsu tersebut disebut berjumlah lima persen dari keseluruhan akun Twitter yang menampilkan iklan.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Ini, Elon Musk Mengaku Tak Apa-apa Masuk Neraka

Namun Elon Musk meragukan angka tersebut. ia memperkirakan jumlah akun bot di media sosial tersebut jumlahnya bisa lebih besar.

Lantas apa itu akun bot? apa pula akun bot yang membuat Elon Musk urung membeli Twitter? Apakah akun bot adalah akun palsu?

Bot adalah kependekan dari "robot". Dalam dunia internet, bot dapat diartikan sebagai sistem buatan manusia yang bekerja secara otomatis namun bisa bekerja layaknya manusia.

Baca Juga: Elon Musk Tuding Twitter Telah Menanipulasi Pengguna, Sarankan untuk Ubah Hal Ini

Karena bisa bekerja seperti manusia, bot seringkali mengecohkan pengguna media sosial sungguhan dan jarang sekali menimbulkan kecurigaan.

Elon Musk. (YouTube/ The Boring Company)
Elon Musk. (YouTube/ The Boring Company)

Bot yang "menyamar" sebagai pengguna media sosial kerap disebut dengan akun bot. Akun ini berjalan otomatis di sejumlah platform media sosial, seperti Facebook, YouTube, Instagram dan Twitter.

Salah satu tujuan dari penggunaan akun bot ini adalah untuk meningkatkan aktivitas di media sosial tersebut, sehingga mudah mendapatkan adsense.

Baca Juga: Presiden Jokowi Bertemu Elon Musk di SpaceX, Ini yang Dibahas

Misanya di YouTube. Akun bot bisa meningkatkan jumlah subscribe dan view pada sebuah channel, sehingga pemilik channel tersebut bisa melakukan monetisasi iklan lebih cepat dan lebih banyak.  

Akun bot bisa berjalan sepanjang waktu dengan sendirinya, tanpa harus dikendalikan secara manual oleh manusia.

Karena bisa mengarah pada aksi penipuan, sejumlah platform media sosial menggunakan pengamanan berlapis agar tida bisa ditembus oleh akun robot.

Baca Juga: Cek Berapa Harga Kaos Asli Elon Musk saat Temui Jokowi

Di antaranya adalah penggunaan pengamanan seperti CAPTCHA, yangs sering kita temukan ketika hendak ingin masuk ke halaman akun tertentu.

Kekinian, banyak ditemukan akun bot di Twitter. Para pengguna memanfaatkan akun bot tersebut biasanya untuk mengirimkan menfess atau cuitan secara otomatis di Twitter.

Ilustrasi Twitter. (Twitter)
Ilustrasi Twitter. (Twitter)

Manfaat bot

Namun keberadaan bot ini tak selamanya merugikan. Ia juga bisa memberikan manfaat karena dianggap bisa meringankan beban kerja manusia.

Dan hal ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan untuk menghemat biaya produksi. Dan berikut adalah sejumlah manfaat dari bot.

  • Bot dapat bekerja selama 24 jam penuh.
  • Dapat mengurangi beban kerja manusia.
  • Bot dapat mengurangi pengeluaran perusahaan.
  • Dapat meningkatkan kualitas layanan.
  • Bot dapat diintegrasikan untuk beberapa platform.
  • Dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan.

Tak sedikit pula perusahaan raksasa yang menggunakan "jasa" bot ini untuk mendukung kegiatan operasinya sehari-hari. Salah satunya adalah Google yang menggunakan bot Web Crawler pada mensin pencarinya.

Ada juga perusahaan yang menggunakan bot Chat Bot, untuk berinteraksi dengan pengguna atau masyarakat pada umumnya, secara langsung melalui suara atau tulisan. Bot ini bisa menggantikan fungsi kerja customer service pada suatu perusahaan.

Itulah penjelasan apa itu akun bot, yang diduga jadi penyebab Elon Musk menunda akuisisi Twitter. (Suara.com/ Damayanti Kahyangan).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak