Internet

Meski Ditawar Mahal, Driver Pertama Gojek Enggan Jual "Jaket 001" Miliknya

Pak Mul, driver pertama Gojek, enggan melelang jaket "001" karena banyak kenangan di dalamnya.

Rezza Dwi Rachmanta

Pak Mulyono, driver pertama Gojek. (TikTok/ @drivergojek001)
Pak Mulyono, driver pertama Gojek. (TikTok/ @drivergojek001)

Hitekno.com - Driver pertama Gojek, Mulyono, baru saja membagikan curhatan suka dan duka saat berjuang menjadi mitra dalam 12 tahun terakhir. Postingan mengenai curhatan Mulyono berhasil viral di salah satu platform video pendek.

Tak sedikit netizen yang merasa terinspirasi dan terenyuh dengan perjuangan Mulyono atau akrab dipanggil Pak Mul ini. "Bangga menjadi saksi awal sejarah perjalanan panjang hingga Gojek sebesar ini," tulis akun TikTok milik Mulyono (@drivergojek001).

Ia mengaku awalnya tak mudah untuk menjadi driver Gojek karena sempat ditolak oleh ojek pangkalan. Meski awalnya berat, namun Mulyono yakin bahwa perusahaan layanan ojek online itu akan bertumbuh besar.

"Awal mula Gojek dari tahun 2010. Berawal dari kantor di garasi mobil Jalan Kerinci lalu pindah Jalan Ciasem. Dulu pesan Gojek lewat telepon. Saya merasa bersyukur jadi driver pertamanya Gojek. Dulu saya ojek pangkalan, beranikan diri daftar Gojek di 2010. Ada harapan saat itu, Gojek bisa buat hidup kami lebih baik. Walau awal-awal berat karena banyak penolakan. Saya dan lainnya yakin bisa buat Gojek jadi besar. Alhamdulillah Gojek jadi besar seperti sekarang," kata Pak Mul mengawali ceritanya.

Ia turut bangga saat dirinya kebagian saham GoTo. Perlu diketahui, GoTo menyediakan dana sampai Rp 310 miliar untuk para mitra pengemudi di ekosistem mereka.

Mulyono bangga menjadi driver pertama Gojek. (TikTok/ @drivergojek001)
Mulyono bangga menjadi driver pertama Gojek. (TikTok/ @drivergojek001)

Untuk mitra pengemudi atau drivert Gojek yang telah terdaftar sebagai mitra sejak tahun 2010 hingga 2016 akan berkesempatan menerima 4.000 lembar saham seri A GoTo.

Sedangkan mitra pengemudi yang terdaftar sejak 2017 hingga bulan Februari 2022 berkesempatan untuk menerima 1.000 lembar saham seri A.

"12 tahun berlalu dan saya masih nge-bid cari orderan. Menjadi driver 001 saja sudah menjadi kebanggaan. Apalagi ini dapat saham GoTo. Saking bangganya dengan Gojek, saya sampai namain anak saya dengan nama pendiri Gojek, Dek Nadiem dan Dek Kevin. Papamu sekarang sudah jadi pemilik saham GoTo (emoticon terharu)," ungkap Pak Mul menambahkan.

Postingan video mengenai curhatan Pak Mul ini berhasil viral setelah ditonton 5 juta kali dan memperoleh 650 ribu tanda suka.

Salah seorang netizen bertanya apakah Pak Mul berniat menjual jaket pertamanya saat bekerja menjadi driver ojol atau tidak. "Jaket 001-nya dilelang bisa tembus miliaran itu pak," tanya salah seorang netizen.

Mulyono kebagian saham GoTo. (TikTok/ @drivergojek001)
Mulyono kebagian saham GoTo. (TikTok/ @drivergojek001)

Pak Mul menjawab dan mengaku tak akan menjual jaket miliknya meski ditawar mahal. "Hahaha, tapi Ini jaket kenangan, saya bakal ceritakan semua ini pas Nadiem dan Kevin besar nanti," jawab Pak Mul. Jawaban dari Pak Mul itu memancing beragam tanggapan dari netizen.

"Jangan dilelang pak, saya dukung," tulis @br**nbe.

"Dilelang saja pak, nanti duitnya dibelikan Paj*ro. Lebih enak kok pak cerita masa muda ke anak-anak di atas Paj*ro," pendapat @and**an**git.

"Pak Mul menginspirasi, pasti banyak kenangan dari jaket legendaris 001," balas @du**is. Itulah tadi postingan video viral mengenai curhatan driver pertama Gojek yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian? (Postingan video viral bisa dilihat melalui link ini).

Berita Terkait