Internet

Cara Membayar Tagihan Listrik Online Menggunakan Aplikasi Shopee, Mudah!

Mudah, ini cara membayar tagihan listrik online menggunakan aplikasi Shopee.

Agung Pratnyawan

Logo Shopee. (Shopee)
Logo Shopee. (Shopee)

Hitekno.com - Ternyata ada cara membayar tagihan listrik online menggunakan aplikasi Shopee. Kamu bisa membayar dengan mudah dan cepat.

Listrik di rumah kalian masih menggunakan metode tagihan? Sistem dari PLN akan menghitung jumlah listrik yang telah kalian gunakan dalam satu bulan sebelumnya. Untuk pembayarannya bisa kalian lakukan dari tanggal 1 hingga tanggal 20 pada setiap bulannya.

Tetapi kalian terhambat tidak bisa melakukan pembayaran di outlet PLN? Kalian bisa menggunakan cara membayar tagihan listrik online menggunakan aplikasi Shopee.

Rupanya di beberapa outlet PLN untuk jam kerjanya hanya sampai sore seperti PLN dan Kantor POS. Namun kalian juga bisa membayar listrik lewat minimarket seperti Alfamart maupun Indomaret namun kebanyakan minimarket hanya buka sampai jam 10 malam saja.

Dan terkadang jam kerja kalian hingga larut malam masih tidak sempat untuk membayarkan listrik tagihan pada jam tersebut.

Petugas PLN. (PLN)
Petugas PLN. (PLN)

Tak perlu khawatir kalian hanya cukup memanfaatkan aplikasi Shopee, berikut cara membayar tagihan listrik online menggunakan aplikasi Shopee:

  1. Pastikan kalian telah memiliki dan menginstal aplikasi Shopee di HP kalian
  2. Pastikan aplikasi Shopee tersebut telah terdaftar dengan akun pribadi kalian
  3. Kemudian di beranda utama kalian bisa memilih dan klik menu "Pulsa, Tagihan dan Hiburan"
  4. Lalu klik lah menu pilihan "Listrik PLN" dengan icon "lampu"
  5. Di halaman atas terdapat dua pilihan kalian klik tulisan "Tagihan Listrik"
  6. Lalu pada kolom "No. Meteran/No. Pelanggan" kalian bisa klik tepat di atas tulisan "Contoh: 1122334455" dan masukkan nomor meteran yang akan dibayarkan
  7. Setelah itu di bagian bawah halaman terdapat kolom berwarna orange dengan tulisan "Lihat Tagihan" kliklah kolom tersebut
  8. Tunggulah beberapa saat hingga muncul nana dari pemilik dastang listrik tersebut, kemudian akan muncul rincian tagihan listrik yang telah kalian gunakan 1 bulan sebelumnya
  9. Lalu pilihlah "Metode Pembayaran" yang akan kalian gunakan, kalian bisa membayar melalui Alfamart, Indomaret, M-banking, ATM, ShopeePay atau SPayLatter
  10. Kemudian setelah kalian selesai memilih metode pembayaran yang kalian sanggupi, kemudian kalian klik kolom orange yang ada di bawah bertuliskan "Konfirmasi"
  11. Setelah itu akan muncul tagihan yang harus segera kalian
  12. Lalu setelah kalian selesai membayar tagihan listrik tersebut kalian bisa merefresh aplikasi Shopee maka pembayaran tagihan listrik kalian terselesaikan

 

Selain itu pastikan transaksi pembayaran tagihan listrik jangan dilakukan pada jam 23.00 hingga 01.00 dini hari, karena PLN sedang melakukan pemeliharaan sistem maka secara otomatis kalian tidak bisa membayar tagihan listrik tersebut.

Namun disarankan sebaiknya kalian menggunakan M-banking atau mengisi ShopeePay sebagai metode pembayarannya agar bisa bertransaksi kapanpun dan dimanapun selama kalian masih memiliki koneksi internet.

Nah bagaimana nih menurut kalian dengan cara membayar tagihan listrik online menggunakan aplikasi Shopee yang bisa kalian gunakan sewaktu-waktu dan dimanapun kalian berada. Apakah kalian tertarik untuk mencoba membayar tagihan listrik menggunakan Shopee?

Kontributor: Sofia Ainun Nisa

Berita Terkait