Internet

Cara Install Extension Chrome Terbaru, Mudah dan Aman

Mudah dan cepat, ini cara install extension chrome yang aman juga terpercaya.

Agung Pratnyawan

Google Chrome. (Pixabay)
Google Chrome. (Pixabay)

Hitekno.com - Sebagian besar dari kamu tentu sudah tidak asing dengan Google Chrome extension. Cara install extension Chrome perlu kamu ketahui untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Extension merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google Chrome untuk memudahkan para penggunanya.

Namun, masih banyak yang kebingungan bagaimana cara install Google Chrome extension yang tersedia. Cara install extension Chrome sangatlah mudah. Google menyediakan platform bagi developer untuk merilis ekstensi buatannya agar bisa digunakan oleh banyak pengguna. Platform tersebut adalah Chrome Webstore dan mayoritas ekstensi di sana tersedia gratis.

Berikut cara install extension Chrome yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Cara Install Extension Chrome dengan Mudah

  • Pertama, pastikan komputer yang kamu terkoneksi dengan internet, karena pemasangan sebuah ekstensi tentu saja membutuhkan koneksi internet. Jika sudah, buka browser Google Chrome di laptop atau PC.
  • Selanjutnya, klik ikon Customize and control Google Chrome atau ikon titik tiga yang terdapat pada pojok kanan atas. Pada pilihan yang muncul, silahkan pilih More tools > Extensions.
  • Pada tab Extensions, silahkan klik Main menu yang terdapat pada pojok kiri atas. Lalu akan muncul Open Chrome Web Store yang ada pada kiri bawah.
  • Selanjutnya cari ekstensi yang akan diinstall, kemudian klik Add to chrome pada ekstensi tersebut untuk memasangnya.
  • Extension Chrome sudah selesai terpasang.
Google Chrome. (Google)
Google Chrome. (Google)

Rekomendasi Extension Chrome untuk Meningkatkan Produktivitas

1. Todoist

Google Chrome extension ini cocok digunakan bagi kamu para pekerja kantoran yang sering kali lupa terhadap tugas yang diberikan. Todoist tools project management memungkinkan kamu untuk membuat daftar pekerjaan menjadi lebih terorganisir.

2. Grammarly

Grammarly merupakan semacam asisten menulis sehingga dapat membantu meminimalkan kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa saat kamu menulis. Ketika kamu sedang menulis email, dokumen, dan lain-lain kamu akan mendapatkan saran dari Grammarly terkait penulisan yang tepat. Grammarly juga akan menyarankan kata atau frase apa yang lebih baik untuk kamu gunakan dalam menyusun kalimat.

3. StayFocusd

Google Chrome extension yang satu ini sangat cocok digunakan bagi kamu yang sering mendapatkan distraksi dari situs web lain saat sedang fokus mengerjakan sesuatu. StayFocusd memungkinkan kamu untuk menetapkan batas waktu di situs web tertentu sehingga dapat menghilangkan distraksi saat kamu sedang bekerja dengan keras.

4. LastPass

LastPass merupakan pengelola password yang dapat menyimpan semua password yang kamu miliki ke dalam Google Chrome extension ini. Kamu tinggal mengingat satu password saja, yaitu password LastPass untuk masuk. Kemudian, nanti di dalamnya akan tertera semua akun yang telah kamu simpan di extension ini.

5. Pocket

Kamu dapat menyimpan artikel yang ingin kamu baca nanti dengan menggunakan Pocket. Kemudian, kamu dapat membaca artikel tersebut melalui smartphone ketika sedang ada waktu senggang. Ini memungkinkan kamu untuk meningkatkan produktivitas dengan menambah wawasan.

Itulah cara install extension Chrome untuk meningkatkan produktivitas kamu sehari-hari. Gunakan dengan sebaik mungkin fitur yang disediakan oleh Google Chrome tersebut. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait