2022 Jadi Awal Dimulainya Metaverse, Siapa Saja yang Mengembangkan?

Perusahaan induk Facebook boleh saja mempopulerkan, namun banyak perusahaan teknologi lain yang mengembangkan metaverse.

Agung Pratnyawan
Senin, 03 Januari 2022 | 20:10 WIB
Ilustrasi sebidang tanah di Metaverse. (Sandbox)

Ilustrasi sebidang tanah di Metaverse. (Sandbox)

Hitekno.com - 2022 ini disebut-sebut menjadi tahun terpenting dalam perkembangan multiverse. Terlebih makin populernya teknologi metaverse dikembangkan.

Hal ini karena banyak pihak termasuk perusahaan teknologi besar ikut mengembangkan produk hardware dan software yang mendukung metaverse.

Adapun perusahaan teknologi yang fokus membangun metaverse mulai dari Meta (induk Facebook), Apple, Baidu, Microsoft, hingga Google, sebagaimana dirangkum dari CNBC, Senin (3/1/2022).

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Kamu Ketahui tentang Pemakaman Virtual di Metaverse

Metaverse sendiri adalah dunia virtual yang memungkinkan pengguna untuk bermain atau bekerja di ruang tiga dimensi seolah berada di dunia nyata. Metaverse bisa diakses melalui perangkat headset virtual reality (VR).

Perusahaan teknologi memprediksi gawai untuk metaverse akan menjadi bisnis besar. Jika metaverse sukses, maka banyak orang nantinya akan memiliki kacamata atau headset VR seperti halnya yang terjadi pada smartphone saat ini.

"Platform teknologi besar yang diuntungkan dengan melesatnya aplikasi komputasi mobile sekarang melihat AR sebagai pergeseran platform komputasi masa depan," kata analis Goldman Sachs, Eric Sheridan.

Baca Juga: Apakah Membeli Tanah di Metaverse Bisa Jadi Investasi Menguntungkan?

Berikut daftar perusahaan teknologi yang bersiap mengembangkan produk untuk metaverse:

Metaverse Decentraland. (Decentraland)
Metaverse Decentraland. (Decentraland)

1. Meta

Facebook bisa disebut sebagai paling ambisius dalam menyiapkan metaverse. Bahkan mereka mengganti nama perusahaan dari Facebook menjadi Meta pada 2021 kemarin.

Baca Juga: Apa itu Metaverse, Dunia Virtual yang Ramai Diperbincangkan

Meta berencana untuk merilis headset VR yang disebut Project Cambria tahun 2022. Perangkat ini akan memakai kamera di luar headset untuk menyalurkan dunia nyata ke pengguna.

Meta mengatakan perangkat itu juga mencakup sensor pelacak wajah dan mata, yang membuatnya menjadi lebih responsif terhadap perintah pengguna.

2. Apple

Baca Juga: Cara Membeli Tanah di Metaverse, Gampang-gampang Susah

Tidak seperti Meta, Apple tidak akan membahas produk hardware baru sampai mereka siap untuk diluncurkan. Saat Apple merilis headset VR, maka perusahaan bisa saja membuat heboh pesaing sebagaimana yang mereka lakukan lewat iPhone atau Apple Watch.

Headset VR Apple dikabarkan akan diluncurkan pada 2022 nanti.

3. Google

Google pertama kali memperkenalkan Google Glass pada 2013. Namun perangkat ini disebut tidak mendapatkan antusias konsumen.

Namun ada tanda-tanda Google mulai serius menggarap headset atau kacamata VR. Tahun 2020, Google mengakuisisi North untuk mengerjakan kacamata pintar yang menjadi penerus Google Glass.

4. Microsoft

Microsoft pertama kali memperkenalkan headset AR bernama HoloLens pada 2016. Namun perangkat ini masih jauh dari jangkauan konsumen dan lebih difokuskan untuk perusahaan karena harganya 3.500 dolar AS atau Rp 49,9 jutaan.

Maret 2021, Microsoft memperkenalkan Mesh. Ini adalah platform mixed reality yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman virtual yang sama dalam satu tempat.

Kemudian di tahun 2022, Microsoft kemungkinan meluncurkan software metaverse. Namun belum diketahui apakah headset AR HoloLens bisa diperbarui Microsoft untuk mendukung aplikasinya.

Itulah sejumlah rencana perusahaan teknologi besar dalam mendukung perkembangan metaverse, bahkan menyediakan produk hardware dan software untuk menjalankan metaverse. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak