Internet

Penghulu Beri Kuis Sebelum Akad Nikah, Netizen: Serasa Ujian Skripsi

"Seperangkat alat salat isinya apa saja?"tanya penghulu kepada pengantin pria.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi pernikahan. (Pixabay)
Ilustrasi pernikahan. (Pixabay)

Hitekno.com - Viral di media sosial, video yang mengabadikan momen akad nikah yang tak biasa. Pasalnya penghulu dalam acara ini mengajukan pertanyaan bak kuis sebelumnya.

Momen akad nikah ini pun ramai mendapatkan atensi netizen hingga viral di media sosial.

Sebagai diketahui, akad nikah menjadi momen paling mendebarkan dari rentetan acara pernikahan lainnya. Momen yang menentukan sahnya sebuah pernikahan.

Salah satu pengguna TikTok @aurorahanafi mengunggah sebuah momen akad nikah yang bikin ketawa.

"Penghulunya kang lawak, kasihan tuh mental" tulis pengunggah dalam video ini seperti dikutip oleh HiTekno.com dari Beritahits.id.

Dalam video viral di media sosial tersebut, pengantin pria yang hendak mengucapkan ijab kabul ditahan oleh penguhulunya dengan sebuah pertanyaan.

"Seperangkat alat salat isinya apa saja?" tanya penghulu kepada pengantin pria.

"Isinya pakaian untuk salat," jawab pengantin pria.

"Lha iyo opo ae?" sahut penghulu.

"Mukena. Sajadah. Terus tasbih, Al Quran," ucap pengantin pria.

"Al Quran apa alat salat?" tanya penghulu sekali lagi.

"Salah ustaz, perlengkapan," celetuk pengantin pria.

"Ooooo ngarang ae," timpal penghulu.

Pengantin pria diberi pertanyaan bak kuis menjelang ijab kabul (tiktok)
Pengantin pria diberi pertanyaan bak kuis menjelang ijab kabul (tiktok)

Sontak pengantin wanita dan tamu undangan yang mendengar tertawa. Sang penghulu tak berhenti bertanya kepada pengantin pria ini.

"Apa saja? Peralatan," tanya ulang penghulu kepada pengantin pria.

"Sajadah, mukena, tasbih," sebut pengantin pria satu demi satu diikuti dengan penghulu.

"Selesai. Itu namanya alat salat. Kalau seperangkat alat salat itu masjid, jidor, tasbih, terus karpet, tempat wudhu lengkap. Kalau cuma mukena, tasbih, sajadah alat salat. Sudah siap anakku?" jelas sang penghulu.

Sepanjang penghulu itu menjelaskan pengantin pria tersenyum mendengarnya.

Pengantin pria diberi pertanyaan bak kuis menjelang ijab kabul (tiktok)
Pengantin pria diberi pertanyaan bak kuis menjelang ijab kabul (tiktok)

Video viral di media sosial yang ditonton sebanyak 1,4 juta ini menuai komentar dari netizen.

"Kayaknya asyik banget dah," komentar seorang netizen.

"Hahahaha lucu banget," tulis yang lain.

"Nggak jadi kawin nikah gue kalau kaya gini," imbuh netizen lain.

"Nikah serasa lagi ujian skripsi," komentar netizen lain.

Netizen ada yang memimpikan jika menikah esok ingin penghulu seperti bapak ini.

"Pengen punya penghulu kayak gitu," komentar netizen.

"Nama penghulunya dong," tulis netizen lain.

Itulah video viral di media sosial, momen jelang akad nikah malah penghulu mengajukan pertanyaan yang menarik perhatian netizen. (BeritaHits.id/ Haqia Alfariz Ramadhani).

Berita Terkait