6 Perusahaan Besar yang Terlibat Proyek Metaverse, Tak Hanya Facebook

Kenali apa itu metaverse dan siapa saja yang terlibat.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 17 Desember 2021 | 11:04 WIB
Bertemu anaknya kembali berkat Virtual Reality. (YouTube/MBCdocumentary)

Bertemu anaknya kembali berkat Virtual Reality. (YouTube/MBCdocumentary)

Hitekno.com - Metaverse tengah ramai digaungkan, namun sebenarnya apa teknologi ini dan siapa saja yang terlibat dalam pengembangannya. 

Sebagai diketahui, metaverse atau meta semesta adalah iterasi dari bagian Internet dari realitas virtual bersama, sering kali sebagai bentuk media sosial.

Metaverse dalam arti yang lebih luas mungkin tidak hanya merujuk pada lingkungan virtual yang dioperasikan oleh perusahaan media sosial tetapi seluruh spektrum realitas berimbuh.

Baca Juga: Kumpulkan Dana Triliunan, Niantic Siap Wujudkan "Metaverse"

Polemik seputar metaverse kembali menggeliat ketika perusahaan-perusahaan raksasa ikut terjun untuk menciptakan dunia digital ini. Lantas siapa saja yang membangun Metaverse?

Sejumlah perusahaan raksasa dunia akan segera membangun teknologi baru yang bernama metaverse, salah satunya Facebook atau yang sekarang telah berganti nama menjadi Meta. Tentu masih ada perusahaan lain selain Facebook yang ikut terjun menciptakan Metaverse.

Bertemu anaknya kembali berkat Virtual Reality. (YouTube/MBCdocumentary)
Bertemu anaknya kembali berkat Virtual Reality. (YouTube/MBCdocumentary)

Penasaran dengan siapa saja yang membangun Metaverse, simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: Selain Nama, Meta Facebook Disebut Mirip Logo Perusahaan Malaysia Ini

1. Facebook (Meta)

Dengan mengubah nama Facebook menjadi Meta, mereka telah siap untuk menjadi inisiator Metaverse. Facebook juga telah mengenalkan versi awalnya yakni Horizon World.

Kini Facebook menyiapkan berbagai teknologi yang dapat menunjang Metaverse seperti VR Messaging, Project Cambria dan Horizon Marketplace.

Baca Juga: Deretan Meme Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Auto Bikin Ngakak!

2. Google

Google akan memulai Metaverse dengan mengembangkan produk Google Glass beberapa waktu silam. Pada tahun 2021 ini, Google telah mengembangkan perangkat VR dan AR melalui project Starline.

3. Binance

Baca Juga: Mengenal Metaverse, Dunia Impian Mark Zuckerberg

Binance menjadi perusahaan yang dapat mendukung transaksi finansial dalam Metaverse seperti Binance NFT Marketplace yang berguna untuk memperdagangkan asset NFT dari berbagai blockchain.

4. Microsoft

Microsoft memulai langkahnya dalam Metaverse adalah dengan memperkenalkan Mesh for Teams yang dapat digunakan presentasi, rapat dan mengobrol melalui avatar tanpa harus bertemu secara langsung. Kemudian siapa saja yang membangun Metaverse berikutnya?

5. Epic Games

Epic Games merupakan salah satu perusahaan game yang bersiap untuk membangun Metaverse. Epic Games telah mengumumkan kepada publik bahwa akan mendanai sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14,3 triliun untuk membangun Metaverse.

Bahkan salah satu game milik Epic Games sudah mengusung tema Metaverse, yaitu Fortnite yang kini memiliki 350 juta pemain yang terdaftar. Epic Games mengembangkan konten VR, AR dan 3D agar lebih mudah diakses.

6. Tencent

Tencent memiliki platform yakni WeChat dan Tencent QQ yang akan mendukung terbangunnya Metaverse. Tencent QQ memiliki e-commerce, film, musik, voice chat dan gaming sementara itu WeChat memiliki sistem pembayaran melalui mobile.

Perlu kalian ketahui, Metaverse adalah dunia virtual yang menghubungkan dengan dunia nyata. Pengguna akan dapat berkumpul dalam Metaverse dengan bentuk seperti avatar dengan berinteraksi layaknya di dunia nyata secara real time.

Namun pembangunan Metaverse tentunya sangat sulit sehingga membutuhkan waktu yang lama. Kini dari berbagai pihak telah siap untuk membawa realitas dunia nyata menuju Metaverse.

Demikian adalah daftar siapa saja yang membangun Metaverse mulai dari Facebook, Google, Epic Games, hingga Tencent. Namun siapa yang akan sukses dengan teknologi baru ini? (Suara.com/ Muhammad Zuhdi Hidayat).

Berita Terkait
TERKINI

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB
Tampilkan lebih banyak