Lihat Iklan Jadul Pertandingan Bola 1956, Netizen Soroti Harga "Murahnya"

"Nonton ah tiketnya murah, mau ajak satu kampung," kata netizen.

Rezza Dwi Rachmanta
Kamis, 25 November 2021 | 09:00 WIB
Iklan jadul pertandingan sepak bola ini bikin netizen salfok. (Facebook Muhammad Pakde Riza via Indonesia Tempoe Doeloe)

Iklan jadul pertandingan sepak bola ini bikin netizen salfok. (Facebook Muhammad Pakde Riza via Indonesia Tempoe Doeloe)

Hitekno.com - Beberapa iklan jadul memiliki nilai sejarah tersendiri bagi generasi setelahnya. Sebuah pengumuman lawas mengenai pertandingan sepak bola Timnas Indonesia melawan Timnas Yugoslavia ini menarik perhatian netizen.

Sebuah unggahan menarik di forum Facebook Indonesia Tempoe Doeloe memperlihatkan harga karcis saat Indonesia menjadi tuan rumah pada laga persahabatan melawan Yugoslavia.

Postingan yang dibagikan oleh akun bernama Muhammad Pakde Riza menampakkan pengumuman harga karcis agar penonton bisa masuk ke Stadion Ikada. Iklan jadul ini masih menggunakan ejaan tempo dulu dengan desain pengumuman cukup sederhana.

Baca Juga: Guru Cantik di Kelas Bikin Rajin ke Sekolah, Netizen: Idaman Para Cowok

"Pertandingan Besar Sepak Bola. PSSI - Jugoslavia. Pada hari Minggu tg. 23 Desember 1956 bertempat di Stadion Ikada. Penjualan dimuka dari kartjis-kartjis bisa didapat mulai hari Kemis tg. 20 Desember 1956 di kas Stadion Ikada," bunyi pengumuman dalam iklan jadul.

Netizen menyoroti harga "murah" yang tercantum pada iklan lawas. Karcis untuk tribun tertutup dibanderol Rp 60, tribun terbuka Rp 40, dan berdiri Rp 20.

Iklan jadul pertandingan sepak bola ini bikin netizen salfok. (Facebook Muhammad Pakde Riza via Indonesia Tempoe Doeloe)
Iklan jadul pertandingan sepak bola ini bikin netizen salfok. (Facebook Muhammad Pakde Riza via Indonesia Tempoe Doeloe)

Sebagai informasi, Stadion Ikada (Ikatan Atletik Djkarta) merupakan stadion yang cukup mewah pada era 1950-an.

Baca Juga: Alasan Ibu-ibu Cantik Jadi Driver Taksi Online Bikin Netizen Terkesima

Dikutip dari Wikipedia, jauh sebelum Senayan dibangun, Lapangan Ikada sebelumnya dikenal sebagai Lapangan Gambir.

Sebelum Stadion Gelora Bung Karno selesai dibangun untuk menyambut Asian Games IV tahun 1962, Ikada merupakan tempat latihan dan pertandingan PSSI. Tempat ini sekarang sudah menjadi kawasan Monas.

Berdasarkan catatan sejarah, Timnas Indonesia pernah beberapa kali bertemu dengan Timnas Yugoslavia dalam laga persahabatan. Pertandingan tanggal 23 Desember 1956 berakhir untuk kemenangan Timnas Yugoslavia dengan skor 5 vs 1.

Baca Juga: Lihat Iklan Jadul Tahun 1956, Harga Motor Ini Bikin Netizen Tersenyum

Terdapat netizen yang menyeletuk bahwa harga karcis tersebut sangat murah karena dibanderol Rp 60. Jika dilihat sekarang, nominal itu memang termasuk sangat kecil.

Meski begitu, harga tersebut cukup normal di era 1950-an. Melalui iklan lawas yang pernah beredar di tahun 1950-an, harga tiket pertandingan sepak bola lokal sudah dihargai Rp 5 hingga Rp 10. Bahkan terdapat harga tribun khusus dan VIP dengan banderol Rp 30 hingga Rp 50.

Iklan jadul pertandingan sepak bola ini bikin netizen salfok. (Facebook Muhammad Pakde Riza via Indonesia Tempoe Doeloe)
Iklan jadul pertandingan sepak bola ini bikin netizen salfok. (Facebook Muhammad Pakde Riza via Indonesia Tempoe Doeloe)

Iklan jadul pertandingan sepak bola 1956 ini berhasil viral setelah dibagikan puluhan kali oleh netizen. Pengumuman lawas tersebut memancing beragam komentar dari netizen.

Baca Juga: Iklan Jadul Ini Bikin Nostalgia, Netizen: Minuman Legend

"Nonton ah tiketnya murah cuma Rp 60, mau ajak satu kampung," kata De**juna Pe**kind.

"Sebelum pecah, Yugoslavia salah satu tim terkuat pada zamannya," balas Aque**nova.

"Wah ada tiket berdiri juga," komentar R**i H**afi.

"Jangan-jangan Rp 60 sama dengan Rp 650 ribu kalau sekarang, jadi ya sama saja (emoticon tertawa)," pendapat I**wan M*.

Itulah tadi iklan jadul pertandingan sepak bola tahun 1956 yang viral di Facebook, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak